UNTUK INDONESIA
Karpet Merah untuk Prabowo Subianto
Karpet merah membentang di halaman kantor di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta, menyambut pemimpin baru, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan dengan pejabat lama Ryamizard Ryacudu usai acara serah terima jabatan di gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Jakarta - Karpet merah membentang di halaman kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis pagi, 24 Oktober 2019. Karpet merah untuk menyambut pemimpin baru, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Jalan hidup manusia sungguh tidak ada yang tahu. Dan sungguh benar Tuhan Maha pembolak-balik hati.

Siapa menyangka. Prabowo yang membuka jalan bagi Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Prabowo yang kemudian harus berhadap-hadapan dengan Jokowi sebagai lawan dalam pemilihan presiden 2014 dan 2019. Prabowo yang kemudian dirangkul Jokowi untuk menjadi Menteri Pertahanan untuk bersama membangun Indonesia 2019-2024.

Tak mudah melupakan betapa sengit persaingan mereka dalam kontestasi pemilihan presiden. Masing-masing memiliki pendukung militan. Antarpendukung tak lelah siang malam 'berantem' di media sosial demi membela jagoan masing-masing. Dua kubu terpolarisasi secara tajam.

Kini keadaan berubah 180 derajat. Jokowi menawarkan pelukan, Prabowo menyambut hangat. Tak ada lagi pendukung Jokowi versus pendukung Prabowo. Yang ada adalah Indonesia. Situasi yang bersatu. Yang damai.

Pak Prabowo, kita senang. Pak Ryamizard, kita senang.

Setijab Menteri PertahananPersiapan pasukan menuju tempat upacara penyambutan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan, Jakarta pada Kamis, 24 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Deddy Hutapea)

***

Kamis pagi itu langit cerah cenderung panas di Jakarta. Namun suasana damai terasa di lingkungan kantor Kementerian Pertahanan.

Pasukan penyambut berjejer rapi di sisi karpet merah, menebar aura semangat. Para karyawan siap menyambut pemimpin yang baru.

"Semoga ke depan semakin aman dan damai," tutur Wahyudi seorang prajurit TNI, pegawai Kementerian Pertahanan kepada Tagar.

Ia mengatakan hal tersebut saat ditanya harapan ke depan dengan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.

Karyawan lain bernama Dewi, mengaku senang siapa pun yang dipercaya presiden untuk memimpin kementerian pertahanan.

"Senang banget siapa pun pemimpinnya. Pak Prabowo, kita senang. Pak Ryamizard, kita senang," kata Dewi.

Jenderal Ryamizard Ryacudu adalah Menteri Pertahanan 2014-2019. Rencananya Kamis pagi itu akan dilakukan serah terima jabatan dari Ryamizard kepada Prabowo. Tapi serah terima jabatan diundur karena jam 10 pagi Prabowo menghadiri rapat kabinet paripurna bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

"Pak Ryamizard menitip pesan kita jangan bolos, kerja yang baik, jujur, dan bertanggung jawab," ujar Dewi.

Selamat jalan, Pak Ryamizard. Saya yakin semangat beliau untuk Merah Putih.

Sertijab Menteri PertahananKarangan bunga ucapan selamat atas sertijab Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (Foto: Tagar/Deddy Hutapea)

***

Persiapan upacara penyambutan dilakukan sejak pagi di halaman Kementerian Pertahanan. Pasukan TNI terdiri dari tiga matra melakukan persiapan terakhir dengan latihan baris-berbaris dan memantapkan formasi.

Pasukan drum band sesekali menabuh drum dan meniup terompet untuk memastikan tidak ada kesalahan nantinya.

Prosesi upacara penyambutan akan dilakukan sebelum momen serah terima jabatan.

Karangan bunga berjejer di sepanjang pelataran Kementerian Pertahanan. Karangan bunga ucapan selamat atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan. Di antaranya karangan bunga merupakan kiriman Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Jelang pukul 12.30, para pasukan bergerak menuju lapangan upacara. Dari sikap istirahat, para pasukan disiagakan untuk menyambut Menteri Pertahanan yang baru.

Rahasia saya semua beliau tahu. Jadi jangan banyak dibuka, Pak.

Sertijab Menteri PertahananMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika memeriksa pasukan saat upacara penyambutannya di Kementerian Pertahanan, Jakarta pada Kamis, 24 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Deddy Hutapea)

***

Menjelang pukul 14.00, satu persatu pejabat negara hadir di lingkungan Kementerian Pertahanan. Yaitu Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo. Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Gerindra, Ahmad Murzani. Wakil Ketua DPR RI yang juga petinggi Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Para pejabat eselon di Kementerian Pertahanan juga berkumpul di lapangan upacara dalam barisan khusus.

Tepat pukul 14.00 yang ditunggu-tunggu itu datang. Prabowo Subianto memasuki kantor Kementerian Pertahanan melalui pintu utama. Ia memakai setelan jas formal dan peci.

Prabowo mengawali langkah dengan memberi hormat kepada prajurit yang berjaga di pintu depan. Ia tampak bahagia sekaligus tegang. Ini hari bersejarah untuknya. Pengalaman pertama menjadi Menteri Pertahanan. Prabowo naik ke mimbar, tempat khusus untuk Menteri Pertahanan.

Pemimpin upacara memberikan perintah untuk memberi hormat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Nomenklatur sebagai Menteri Pertahanan secara resmi disuarakan untuk pertama kalinya. Semua menyambut Prabowo dengan hormat. Prabowo membalas dengan gerakan serupa.

Dengan iringan lagu nasional Maju Tak Gentar, Prabowo berjalan di atas karpet merah, menyusuri peserta upacara, memeriksa kesiapan pasukan.

Kami dulu di taruna sama-sama, kompi yang sama.

Sertijab MenhanProsesi serah terima jabatan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu kepada Prabowo Subianto di Aula Serba Guna Gedung Abdul Haris Nasution Kementerian Pertahanan Jakarta pada Kamis, 24 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Deddy Hutapea)

***

Seusai upacara, Prabowo bergegas menuju Aula Serbaguna di Gedung Jenderal Besar Abdul Harris Nasution untuk melaksanakan seremoni serah terima jabatan dengan Ryamizard Ryacudu.

Aula berada di lantai 16 gedung tersebut. Di dalam ruangan sudah menunggu para tokoh. Di antaranya Menteri Pertahanan Petahana Ryamizard Ryacudu, Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, KSAD Andika Perkasa, KASAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan KASAU Yuyu Sutisna. Juga hadir Hashim Djojohadikusumo, adik Prabowo Subianto.

Dalam prosesi serah terima jabatan, Prabowo dan Ryamizard menandatangani dokumen tanda penyerahterimaan jabatan sebagai orang nomor satu di lingkungan Kementerian Pertahanan.

Usai prosesi serah terima jabatan, Ryamizard berjalan didampingi istri, Nora Tristyana. Sementara Prabowo didampingi Hashim. Mereka menyalami para pejabat di lingkungan kantor tersebut. Kemudian semuanya bergegas menuju aula yang lain untuk melakukan ramah tamah dan makan bersama.

Seusai bersilaturahmi, Mahfud MD bergegas pergi meninggalkan gedung Kementerian Pertahanan. Demikian pula Hashim Djojohadikusumo. Juga Hadi Tjahjanto.

Dari zaman diplonco sampai jungkir balik sama-sama, sekarang sama-sama lagi.

Prabowo SubiantoPrabowo Subianto (kiri) saat temu media usai serah terma jabatan Menteri Pertahanan di Gedung Kemenhan, Jakarta, 24 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Deddy Hutapea)

***

Pukul 16.30 Prabowo dan Ryamizard didampingi Sekretaris Kementerian Pertahanan Agus Setiadji menuju ruang konferensi pers untuk memberikan keterangan kepada wartawan.

Prabowo menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas sambutan dan acara serah terima jabatan yang berlangsung baik. Ia juga membagi cerita kebersamaannya dengan Ryamizard ketika sama-sama menimba ilmu di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

"Kawan saya lama, kami dulu di taruna sama-sama, kompi yang sama, baraknya pun sama. Jadi rahasia saya semua beliau tahu. Jadi jangan banyak dibuka, Pak," ujar Prabowo dengan tawa berderai.

Prabowo menatap sekilas hangat kepada Ryamizard. "Terima kasih Pak Ryamizard, terima kasih seluruh jajaran Kemhan, saya akan meneruskan langkah-langkah yang beliau rintis. Saya akan berbuat sebaik mungkin."

"Saya tadi diingatkan soal beratnya tugas Kemhan untuk membantu Presiden menjaga pertahanan, kedaulatan, keutuhan wilayah, dan menjaga keamanan," tutur Prabowo.

Ia juga mengatakan selamat jalan kepada Ryamizard, dan yakin Jenderal Bintang Empat tersebut akan tetap mengabdi kepada bangsa dan negara meskipun sudah tidak lagi mengisi pos sebagai menteri.

"Selamat jalan, Pak Ryamizard. Saya yakin semangat beliau untuk Merah Putih. Beliau akan mengabdikan sisa hidup untuk bangsa dan negara," kata Prabowo.

Khilafah jadi fokus utama. ISIS harus dihancurkan.

Sertijab MenhanMantan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kanan belakang) dan istri ketika meninggalkan Kementerian Pertahanan pada Kamis, 24 Oktober 2019 sore. (Foto: Tagar/Deddy Hutapea)

***

Ryamizard menyampaikan terima kasih kepada Prabowo yang akan melanjutkan tugas sebagai Menteri Pertahanan. Dan ia memastikan akan tetap mengabdi kepada bangsa dan negara. Ryamizard bahkan mengatakan mewakafkan dirinya untuk bangsa dan negara.

"Saya menyerahkan tugas dan tanggung jawab ini kepada saudara saya, Prabowo. Dari zaman diplonco sampai jungkir balik sama-sama, sekarang sama-sama lagi," ujar Ryamizard.

"Beliau adalah prajurit. Dan saya setelah ini tidak akan diam-diam saja. Kalau orang mewakafkan tanah untuk membangun masjid dan rumah sakit, saya mewakafkan diri untuk bangsa dan negara," lanjutnya.

Prabowo, mengenai apa yang akan dilakukan berkaitan tugas dan tanggung jawab, mengatakan masih akan mempelajari segalanya, termasuk isu pesawat tempur IFX/KFX, termasuk konsep pertahanan yang ia tawarkan kepada Jokowi.

"Saya akan pelajari semua hal berkaitan tugas saya bersama para staf. Untuk soal konsep pertahanan itu rahasia. Tidak mungkin terlalu publik," kata Prabowo.

Ryamizard mengatakan tugas utama Kementerian Pertahanan adalah memberangus praktik khilafah yang saat ini sedang mendera Bangsa Indonesia.

Ia mengatakan negara harus menghancurkan khilafah hingga tuntas. Ia juga memberikan bocoran terkait rencananya usai tidak lagi menjadi Menteri Pertahanan.

"Khilafah jadi fokus utama. ISIS harus dihancurkan. Saya akan tetap keliling, saya akan berada di mana-mana," kata Ryamizard.

Hari semakin sore, Prabowo melepas kepergian Ryamizard Ryacudu. Para karyawan sebagian mengucapkan selamat jalan kepada Ryamizard, sebagian diam dengan wajah datar.

Setelah Ryamizard berlalu, Prabowo bergegas menuju gedung yang menjadi kantornya yang baru sebagai menteri. Prabowo disambut sorak-sorai para pegawai. Ia tidak mengizinkan wartawan melihat momen pertamanya menginjakkan kaki di ruang kerja. []

Baca juga: Prabowo Belum Bisa Jawab Pertanyaan Soal Alutsista

Lihat FotoGaya Prabowo Subianto Saat Dilantik Jadi Menhan

Berita terkait
Prabowo Belum Bisa Jawab Pertanyaan Soal Alutsista
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku belum bisa memberikan komentar terkait nasib proyek alutsista pesawat tempur jenis KFX/IFX.
Prabowo dan Jokowi Seperti Hillary dan Obama
Prabowo Subianto calon presiden yang kalah, tidak jadi oposisi, malah jadi Menteri Pertahanan Jokowi. Tidakkah jatuh martabatnya?
Prabowo Subianto Jadi Menteri, Rusuh Medsos Menurun
Pemberitaan soal Prabowo Subianto masuk kabinet Jokowi-Maruf Amin membuat riuh di media sosial berkurang.
0
Warga Kota Tangsel Miliki Zat Radioaktif Ilegal
Temuan zat radioaktif di rumah pegawai diserahkan pihak BATAN ke polisi, proses clean up berlangsung terus sampai sekarang hari ke-13