UNTUK INDONESIA
Kalista Iskandar, Finalis Putri Indonesia Asal Sumbar
Finalis Putri Indonesia yang salah membaca pancasila anak dari ayah berketurunan Tionghoa-Indonesia yang juga memiliki keturunan Minangkabau.
Kalista Iskandar, finalis Putri Indonesia yang tidak hafal pancasila. (Foto: Tagar/Instagram @kalistaiskandar)

Padang - Finalis Putri Indonesia asal Sumatera Barat (Sumbar), Kalista Iskandar, mendadak viral di media sosial (medsos). Penyebabnya karena dia salah membacakan pancasila saat tampil di malam grand final Putri Indonesia 2020 yang disiarkan langsung sebuah televisi swasta nasional, Jumat, 6 Maret 2020 malam.

Ini ajang nasional, mempertaruhkan nama baik Sumbar. Ke depan, yang akan mewakili daerah ini harus paham semua tentang pengetahuan dasar.

Dilansir dari wikipedia, gadis itu bernama asli Louise Kalista Wilson Iskandar yang akrab disapa Kalista Iskandar. Dia lahir di Kota Bukittinggi pada 15 Juli 1998.

Kalista merupakan anak dari Egbert D. Iskandar Lam, lelaki berketurunan Tionghoa-Indonesia yang juga memiliki keturunan Minangkabau. Sedangkan ibunya Deborah Escarani Wilson, perempuan berketurunan Amerika Serikat.

Kalista merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Dia menamatkan pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Pelita Harapan Jakarta. Setelah itu, melanjutkan pendidikan magister bidang komunikasi manajemen di Universitas Trisakti Jakarta. Selain berbahasa Indonesia, Kalista juga lancar berbahasa Inggris dan Mandarin.

KalistaKalista Iskandar berfoto dengan istri Gubernur Sumbar, Ny Nevi Zuraina Irwan Prayitno. (Foto: Tagar/Instagram @kalistaiskandar)

Sebelum menjadi finalis Putri Indonesia 2020, Kalista pernah masuk lima besar dalam ajang Putri Batik Nusantara dari perwakilan DKI Jakarta. Dia juga menjadi pemenang Putri Sumatera Barat 2020.

Laman media sosial (medsos) Istagram pribadinya @kalistaiskandar dipenuhi ragam kegiatan yang pernah diikutinya. Selain itu, juga tampak Kalista menikmati hari bersama keluarga tercinta. Dia juga pernah berfoto dengan Istri Gubernur Sumbar Ny Nevi Zuraina yang kini menjadi anggota DPR RI. Ada juga foto bersama istri Wali Kota Padang, Ny Asneli Bahar Mahyeldi.

Kalista IskandarKalista Iskandar berfoto dengan istri Wali Kota Padang, Ny Asneli Bahar Mahyeldi. (Foto: Tagar/Instagram @kalistaiskandar)

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit pun ikut berkomentar terkait kesalahan Kalista mengucapkan pancasila. "Sangat disayangkan. Ini pelajaran penting bagi kita semua," katanya kepada Tagar, Sabtu, 7 Maret 2020.

Menurut Nasrul, setiap pelatih, organisasi atau yayasan yang mengutus wakil di ajang-ajang kompetisi, meski mengirimkan wakil-wakil yang betul-betul sesuai kriteria. Apalagi, ini menyangkut dasar negara.

"Ini ajang nasional, mempertaruhkan nama baik Sumbar. Ke depan, yang akan mewakili daerah ini harus paham semua tentang pengetahuan dasar," katanya.

Nasrul mengatakan kesalahan dalam mengucapkan pancasila tidak bisa dipandang enteng. Apalagi seorang mahasiswa, wajib belajar dan mengetahui pengetahuan dasar negara seperti itu.

"Harusnya wakil dari Sumbar juga dibekali pengatahuan adat istiadat, agar tidak melakukan kesalahan fatal seperti ini lagi," tuturnya. []

Berita terkait
Wagub Sumbar Komentari Kalista Iskandar Tak Hafal Pancasila
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengomentari Kalista Iskandar, finalis Putri Indonesia asal Sumbar yang tidak hafal Pancasila.
Viral Finalis Putri Indonesia Asal Sumbar Tak Hafal Pancasila
Seorang Finalis Putri Indonesia 2020, Kalista Iskandar asal Sumatera Barat, tidak hafal pancasila.
Kejati Tangani Kasus Tilap Uang Masjid Raya Sumbar
Kasus dugaan penilapan uang infak Masjid Raya Sumatera Barat ditangani Kejati Sumbar.
0
IPB Jelaskan Gejala Hewan Terinfeksi Virus Corona
Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana menjelaskan gejala hewan yang terinfeksi virus corona (Covid-19).