UNTUK INDONESIA
Wagub Sumbar Komentari Kalista Iskandar Tak Hafal Pancasila
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengomentari Kalista Iskandar, finalis Putri Indonesia asal Sumbar yang tidak hafal Pancasila.
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit (NA). (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Finalis Putri Indonesia asal Sumatera Barat (Sumbar), Kalista Iskandar, mendadak viral di media sosial (medsos). Penyebabnya karena dia salah membacakan pancasila saat tampil di malam grand final Putri Indonesia 2020 yang disiarkan langsung sebuah televisi swasta nasional, Jumat, 6 Maret 2020 malam.

Harusnya wakil dari Sumbar juga dibekali pengatahuan adat istiadat juga, agar tidak melakukan kesalahan fatal seperti ini lagi.

Selain netizen, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit pun ikut berkomentar terkait kesalahan Kalista mengucapkan pancasila. "Sangat disayangkan. Ini pelajaran penting bagi kita semua," katanya kepada Tagar, Sabtu, 7 Maret 2020.

Menurut Nasrul, setiap pelatih, organisasi atau yayasan yang mengutus wakil di ajang-ajang kompetisi, meski mengirimkan wakil-wakil yang betul-betul sesuai kriteria. Apalagi, ini menyangkut dasar negara.

"Ini ajang nasional, mempertaruhkan nama baik Sumbar. Ke depan, yang akan mewakili daerah ini harus paham semua tentang pengetahuan dasar," katanya.

Nasrul mengatakan kesalahan dalam mengucapkan pancasila tidak bisa dipandang enteng. Apalagi seorang mahasiswa, wajib belajar dan mengetahui pengetahuan dasar negara seperti itu.

"Harusnya wakil dari Sumbar juga dibekali pengatahuan adat istiadat juga, agar tidak melakukan kesalahan fatal seperti ini lagi," tuturnya.

Seperti diketahui, momen memalukan bagi gadis kelahiran Kota Bukittinggi, 15 Juli 1998 itu terjadi ketika dia mendapatkan pertanyaan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Politisi Golkar itu meminta Kalista membacakan satu persatu sila yang terkandung dalam pancasila.

"Apakah Kalista hafal lima sila yang terkandung dalam pancasila, silahkan," katanya.

Kalista diberi waktu 30 detik oleh Bambang untuk menyampaikan pancasila. Dia berhasil menyebut sila pertama hingga sila ketiga dengan benar. Namun, lidahnya mulai terbata melanjutkan sila ke empat.

"Kemasyarakatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan," katanya.

Begitu juga dengan sila kelima, lagi-lagi Kalista salah membacakannya. "Kemanusian sosial yang adil dan beradap," tuturnya.

Kesalahan Kalista membacakan pancasila disayangkan oleh banyak netizen. Bahkan, sejumlah postingan Kalista di Instagram pribadinya diwarnai ragam komentar. Ada yang mendukung, ada pula yang mengejek dan menyayangkan.

"Kalista pernah ke Sumbar? Pernah tapi pas ikut ajang aja. Ditanya pancasila aja kek gini, apalagi ditanya soal Sumbar ya?? komentar @mellarahmayeni.

"Emang kalau ngomong bahasa inggri kelihatan pintar yah? wkwkkkwkw, tulis @awan20.

"Tetap semangat! Abaikan dan jangan gubris yang nyiyir. Gw salut sama speech lo semalam," tulis @mariocheistianto. []


Berita terkait
Viral Finalis Putri Indonesia Asal Sumbar Tak Hafal Pancasila
Seorang Finalis Putri Indonesia 2020, Kalista Iskandar asal Sumatera Barat, tidak hafal pancasila.
Kejati Tangani Kasus Tilap Uang Masjid Raya Sumbar
Kasus dugaan penilapan uang infak Masjid Raya Sumatera Barat ditangani Kejati Sumbar.
BPBD Sumbar Butuh Rp 32 Miliar Benahi 4 Titik Abrasi
BPBD Sumatera Barat mengusulan anggaran Rp 32 miliar ke BPNB untuk memperbaiki empat titik lokasi wisata yang terdampak abrasi pantai.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya