UNTUK INDONESIA
Viral Finalis Putri Indonesia Asal Sumbar Tak Hafal Pancasila
Seorang Finalis Putri Indonesia 2020, Kalista Iskandar asal Sumatera Barat, tidak hafal pancasila.
Kalista Iskandar, finalis Putri Indonesia asal Sumatera Barat yang tak hafal pancasila. (Foto: Tagar/Instagram @kalistaputri)

Padang - Malam grand final Putri Indonesia 2020 yang disiarkan langsung sebuah televisi swasta nasional, Jumat, 6 Maret, 2020 malam, meninggalkan cerita miris.

Seorang finalis Putri Indonesia bernama Kalista Iskandar asal Sumatera Barat, tidak lancar mengucapkan pancasila. Video tersebut pun viral di media sosial.

Kemasyarakatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.

Momen memalukan bagi gadis kelahiran Kota Bukittinggi, 15 Juli 1998 itu terjadi ketika dia mendapatkan pertanyaan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Politisi Golkar itu meminta Kalista membacakan satu persatu sila yang terkandung dalam pancasila.

"Apakah Kalista hafal lima sila yang terkandung dalam pancasila, silahkan," katanya.

Kalista diberi waktu 30 detik oleh Bambang untuk menyampaikan pancasila. Dia berhasil menyebut sila pertama hingga sila ketiga dengan benar. Namun, lidahnya mulai terbata melanjutkan sila ke empat.

"Kemasyarakatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan," katanya.

Begitu juga dengan sila kelima, lagi-lagi Kalista salah membacakannya. "Kemanusian sosial yang adil dan beradap," tuturnya.

Kesalahan Kalista membacakan pancasila disayangkan oleh banyak netizen. Bahkan, sejumlah postingan Kalista di Instagram pribadinya diwarnai ragam komentar. Ada yang mendukung, ada pula yang mengejek dan menyayangkan.

"Kalista pernah ke Sumbar? Pernah tapi pas ikut ajang aja. Ditanya pancasila aja kek gini, apalagi ditanya soal Sumbar ya?? komentar @mellarahmayeni.

"Emang kalau ngomong bahasa inggris kelihatan pintar yah? wkwkkkwkw, tulis @awan20.

"Tetap semangat! Abaikan dan jangan gubris yang nyiyir. Gw salut sama speech lo semalam," tulis @mariocheistianto.

Sebelum menjadi finalis Putri Indonesia 2020, Kalista pernah masuk lima besar dalam ajang Putri Batik Nusantara dari perwakilan DKI Jakarta. Dia juga menjadi pemenang Putri Sumatera Barat 2020. []



Berita terkait
Penumpang KA Padang Wajib Cuci Tangan dan Masker
Penumpang Kereta Api (KA) di Kota Padang, Sumatera Barat, diwajibkan menggunakan pencuci tangan (hand sanitizer) di setiap keberangkatan.
Panti Asuhan Anak Mentawai di Padang Terbakar
Kebakaran di Kota Padang, Sumatera Barat, menghanguskan asrama Panti Asuhan khusus anak Mentawai.
Ngebut, Mobil Damkar di Padang Masuk Parit
Mobil Pemadam Kebakaran di Kota Padang masuk ke dalam parit saat berjuang memadamkan api.
0
IPB Jelaskan Gejala Hewan Terinfeksi Virus Corona
Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana menjelaskan gejala hewan yang terinfeksi virus corona (Covid-19).