Kaleidoskop Indonesia 2020, Ini Peristiwa Besar di Tanah Air

Sepanjang tahun 2020 beragam peristiwa terjadi di tanah air. Mulai dari kasus cabul Reynhard Sinaga di Inggris, korupsi menteri Jokowi, hingga FPI.
Ilustrasi selamat tahun baru. Sepanjang tahun 2020 beragam peristiwa menghebohkan publik tanah air.(Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Sepanjang tahun 2020 beragam peristiwa menghebohkan publik tanah air. Kasus-kasus yang menimpa sejumlah orang, beserta bencana alam di Indonesia masih mendapat perhatian khalayak cukup signifikan. Berikut sejumlah kasus dan kejadian di Indonesia dirangkum Tagar:

1. Banjir Jabodetabek Telan Korban Jiwa

Banjir kembali merendam sejumlah wilayah di Indonesia pada awal Januari 2020 lalu. Genangan air di Jakarta dan sekitarnya dilaporkan menyebabkan korban jiwa.

Berdasarkan data dari BNPB, tercatat ketinggian air maksimal pada bencana banjir awal tahun ini mencapai 6 meter, yaitu di wilayah Kota Bekasi.

Hujan lebat yang mengguyur pada puncak perayaan tahun baru disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya banjir di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten itu. Tidak hanya banjir, bencana longsor juga dilaporkan terjadi di wilayah Bogor, Jawa Barat dan Lebak, Banten.

2. Kasus Reynhard Sinaga: Pemerkosa Ratusan Pria di Inggris

Nama Reynhard Sinaga tiba-tiba menjadi perbincangan publik setelah Pengadilan Manchester menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup atas kasus pemerkosaan. Reynhard tercatat melecehkan setidaknya 195 orang selama dua setengah tahun.

Kasus Reynhard pun disebut sebagai sejarah besar bagi Inggris. Aksi Reynhard yang tak bisa diampuni itu pun membuat hakim menjatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Hakim Goddard menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadap Reynhard untuk sidang tahap satu dan tahap dua. Namun vonis baru dapat diberitakan oleh media setelah putusan dibacakan untuk sidang tahap ketiga dan keempat.

Pihak kepolisian menyebut setidaknya ada 250 video dan juga ratusan ribu foto yang menunjukkan aksi pelaku. Hakim ketua juga menyebut jika pelaku mencari korban anak-anak muda yang mabuk atau setengah sadar di larut malam.

3. Kasus Korupsi Menpora Imam Nahrawi 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terbukti bersalah menerima suap pencairan dana hibah dari Kemenpora ke Komite Olahraga Nasional Indonesia, serta kasus gratifikasi selama menjabat. Kasus ini menyita perhatian publik tanah air sepanjang April-Juni 2020.

Imam Nahrawi divonis hukuman 7 tahun penjara karena terbukti menerima suap senilai Rp 11,5 miliar untuk pencarian dana hibah dari Kemenpora ke Komite Olahraga Nasional Indonesia. Imam Nahrawi menerima uang suap itu melalui asisten pribadinya, Miftahul Ulum.

Selaku operator lapangan, Ulum dituntut 9 tahun penjara. Suap diberikan untuk mempercepat proses persetujuan dan pencairan bantuan dana hibah yang diajukan oleh KONI Pusat kepada Kemenpora tahun anggaran 2018.

4. Kasus Ekspor Benih Lobster, Penangkapan Edhy Prabowo 

Pada November 2020, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Ia diduga menerima hadiah atau janji terkait perizinan tambak, usaha, atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya.

Bersama Edhy, KPK juga menetapkan enam tersangka lainnya, yakni staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Safri, staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Andreau Pribadi Misata, staf istri Menteri Kelautan dan Perikanan Ainul Faqih, serta seorang bernama Amiril Mukminin.

KPK menangkap Edhy Prabowo dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu, 25 November 2020. 

5. Kasus Rizieq Shihab dan Kerumunan Massa FPI

Pada Desember 2020 Polda Metro Jaya menahan Rizieq Shihab terkait kasus kerumunan yang melanggar protokol kesehatan pada 10 November 2020. Rizieq Shihab sempat membuat buncah setelah kembali ke tanah air,  beberapa hari berselang ia pun menikahkan putri keempatnya Syarifah Najwa Shihab.

Kepulangan Rizieq disambut oleh banyak pendukungnya, hingga menyebabkan kemacetan di sekitar Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Tidak berhenti sampai di situ, kerumunan pendukung Rizieq dan simpatisan FPI masih terjadi beberapa hari kemudian dalam berbagai acara yang dihadiri oleh Rizieq.

6. Kasus Korupsi Dana Bansos Juliari Batubara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap kasus dugaan suap bansos penanganan pandemi Covid-19 untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sejak Juli 2020.

Pada Desember 2020, Menteri Sosial Juliari P Batubara menjadi salah satu tersangka dalam kasus tersebut. Penetapan tersangka bagi Juliari merupakan tindaklanjut dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK terhadap sejumlah orang pada Sabtu, 5 Desember 2020.

Juliari diduga menerima uang suap sebesar Rp 17 miliar dari perusahaan rekanan yang menggarap proyek pengadaan dan penyaluran bansos Covid-19.(Dimas Muhammad Gustyo). []

Berita terkait
Prakiraan Cuaca Jakarta, Jumat 1 Januari 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca potensi hujan yang akan turun di sebagian wilayah DKI Jakarta pada Jumat, 1 Januari 2021.
Deretan 10 Gubernur Terpopuler di Media Online Selama 2020
Anies Baswedan menduduki posisi pertama sebagai gubernur paling banyak masuk berita media online sepanjang tahun 2020. Kedua, Ridwan Kamil.
Tahun 2020, Anies Baswedan Gubernur Paling Berisik di Medsos
Dari daftar 10 kepala daerah yang diperbicangkan, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menjadi gubernur paling berisik di medsos.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.