UNTUK INDONESIA

Deretan 10 Gubernur Terpopuler di Media Online Selama 2020

Anies Baswedan menduduki posisi pertama sebagai gubernur paling banyak masuk berita media online sepanjang tahun 2020. Kedua, Ridwan Kamil.
Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Anies Baswedan meninjau peluncuran MRT di Jakarta, tahun 2019 silam. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Anies Baswedan menduduki posisi pertama sebagai gubernur paling banyak masuk berita media online sepanjang tahun 2020. Hal itu disampaikan Indonesia Indicator (I2) dalam riset kebijakan dan kinerja kepala daerah dalam penanganan Covid-19 dalam sorotan media dan media sosial.

"Anies Baswedan muncul sebagai top person dan top influencer dalam isu Covid-19, baik di media massa maupun media sosial," ujar Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang, Kamis, 31 Desember 2020.

Menurutnya, sepanjang 1 Januari-15 Desember 2020, total pemberitaan terkait isu Covid-19 mencapai 5.465.266 berita dari 4.419 media online di Tanah Air.

Dari jumlah itu, total pemberitaan Anies mencapai 81.896 berita. Ia banyak disorot mengenai kebijakan PSBB DKI Jakarta, kebijakan denda, hingga wacana rem darurat.

Di posisi kedua ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan total pemberitaan 48.397. Media memberitakan Jabar sebagai provinsi pertama yang mendeklarasikan Siaga 1 Pandemi Covid-19 sejak Januari, selain mempopulerkan istilah adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Atensi Ridwan Kamil juga ditujukan saat memutuskan untuk membeli PCR di Korea Selatan ketika PCR masih testing di Jakarta, selain juga membuat kebijakan soal Zonasi.

Dua nama gubernur ini tidak bisa dilepaskan dari isu politik mengenai kepulangan Muhammad Rizieq Shihab ke Jakarta dan melakukan acara pernikahan di Petamburan, kemudian pengajian di Megamendung, Bogor. Kedua kepala daerah ini diperiksa kepolisian terkait kasus ini.

Ridwan Kamil bahkan sempat di-framing media berseteru dengan Menko Polhukam Mahfud MD. Isu ini turut menyumbangkan pemberitaan yang cukup tinggi mengenai keduanya.

Posisi ketiga ditempati Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 34.848 berita. Menurut Rustika, Khofifah disorot media dalam inisiasi Kampung Tangguh hingga perseteruan dengan Risma mengenai penanganan Covid-19 di Kota Surabaya.

Posisi keempat ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 27.319 berita. Sementara, Gubernur Riau Syamsuar menduduki posisi kelima dengan 13.684 berita.

Posisi keenam hingga ke-10 diduduki Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah 13.033 berita, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria dengan 12.979. Lalu, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi dengan 11.521 berita, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dengan 9.769 berita dan Gubernur Banten Wahidin Halim dengan 7.859 berita.[]

Berita terkait
Survei Terbaru SMRC, Ganjar Pranowo Kandidat Presiden 2024
Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menjadikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tokoh paling diminati sebagai kandidat Presiden 2024.
Tahun 2020, Anies Baswedan Gubernur Paling Berisik di Medsos
Dari daftar 10 kepala daerah yang diperbicangkan, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menjadi gubernur paling berisik di medsos.
Presiden Jokowi Pecat Irwandi Yusuf dari Gubernur Aceh
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memecat Irwandi Yusuf dari jabatannya sebagai Gubernur Aceh.
0
Deretan 10 Gubernur Terpopuler di Media Online Selama 2020
Anies Baswedan menduduki posisi pertama sebagai gubernur paling banyak masuk berita media online sepanjang tahun 2020. Kedua, Ridwan Kamil.