Tahun 2020, Anies Baswedan Gubernur Paling Berisik di Medsos

Dari daftar 10 kepala daerah yang diperbicangkan, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menjadi gubernur paling berisik di medsos.
Gubernur DKI Anies Baswedan dengan sederet piagam penghargaan. (Foto: Tagar/Istimewa).

Jakarta - Indonesia Indicator (I2) dalam salah satu risetnya merilis daftar gubernur yang ramai jadi perbincangan netizen di media sosial sepanjang tahun 2020. Dari daftar 10 kepala daerah yang diperbicangkan, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menjadi gubernur paling berisik di medsos.

Riset ini difokuskan terkait kebijakan dan kinerja kepala daerah dalam penanganan Covid-19 dalam sorotan media dan media sosial. Salah satu temuan riset ini menyebut gubernur tervokal dalam isu Covid-19 ditempati Anies Baswedan dengan 221.515 pernyataan.

Selanjutnya, Ridwan Kamil 182.711 pernyataan, dan Khofifah Indar Parawansa 11.267 pernyataan. Kemudian, Ganjar Pranowo 103.827 pernyataan, posisi kelima ada nama Wagub DKI Ahmad Riza Patria dengan 36.411 pernyataan. 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berada di urutan keenam dengan 33.609 pernyataan, diikuti Gubernur Riau Syamsuar 27.309 pernyataan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi 26.484 pernyataan, Gubernur Bali I Wayan Koster 19.707 pernyataan, dan Nurdin Abdullah 10.866 pernyataan.

Riset ini menunjukkan bagaimana sulitnya strategi komunikasi di kalangan pemerintah daerah dalam menyosialisasikan kebijakan.

Terutama, pada awal pandemi masuk Indonesia, pro-kontra terkait kebijakan pemerintah cukup kentara. Baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, maupun pemerintah daerah dengan masyarakatnya.

Satu hal yang diperoleh dari riset ini adalah ketegasan dalam aturan menjadi satu kata kunci di tengah informasi yang berkeliaran di tengah masyarakat. 

Seringkali, para gubernur tersebut memosting kebijakannya langsung di akun Twitternya, hal ini membuat percakapan menjadi lebih dinamis. Sepertinya, para gubernur tersebut tahu dan mampu memanfaatkan media sosialnya sebagai salah satu media untuk menyampaikan kebijakan, termasuk “keluhannya” secara personal.

Di Twitter, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tercatat sebagai kepala daerah yang paling banyak diperbincangkan netizen. Total pembicaraan netizen di Twitter mencapai 320.758 dalam bentuk tweet, retweet, quotes, dan reply. 

Anies juga termasuk figur yang cukup aktif memposting berbagai kebijakannya melalui akun twitternya @aniesbaswedan.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, Kamis, 31 Desember 2020."Anies termasuk media darling di Twitter. Berbagai pernyataannya seringkali memicu perdebatan di medsos, baik antara mereka yang mendukung penuh seluruh kebijakan Anies, dengan mereka yang mengkritik,” terang Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, Kamis, 31 Desember 2020.

Rustika menjelaskan salah satu isu yang menjadi penggerak percakapan adalah soal kebijakan yang seringkali dianggap tidak sejalur dengan kebijakan pemerintah pusat, seperti masalah PSBB total yang tidak maksimal, atau masalah ketidaktegasan terhadap aturan.

"Isu kerumunan juga salah satu pemicu kontroversi di Twitter," katanya.

Kemudian, ada Ridwan Kamil yang paling dibincangkan netizen dengan 44.263 perbincangan. Perseteruan dengan Mahfud MD menjadi salah satu isu yang ramai dikomentari. 

Sementara itu Gubernur Jatim, Khofifah bertengger di urutan ketiga dengan total pembicaraan mencapai 25.282. Salah satu isu yang menarik perhatian netizen adalah konflik Khofifah dengan Risma terkait fasilitas kesehatan.

“Twitter seringkali lebih politis dalam memandang berbagai isu. Hal-hal yang kontroversial, perdebatan, atau perbedaan pandangan antar tokoh seringkali lebih banyak di-retweet atau dikomentari. Demikian juga dengan isu penanganan Covid-19,” tambah Rustika.

Netizen juga seringkali merujuk atau me-mention kepada akun-akun pemerintah daerah. Hal ini mengindikasikan bahwa netizen sangat peduli pada persoalan tersebut, dan berharap agar tokoh yang di-mention memerhatikan isu yang disampaikan netizen.[]

Berita terkait
Anies Baswedan Tepati Janjinya untuk Persija Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menepati janjinya untuk klub sepak bola Persija Jakarta.
Anies Baswedan Tak Kunjung Sembuh Covid-19, Wagub DKI: Doakan Saja
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengharapkan Gubernur Anies Baswedan segera negatif Covid-19. Dia pun meminta doa kepada publik.
Survei Terbaru SMRC, Ganjar Pranowo Kandidat Presiden 2024
Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menjadikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tokoh paling diminati sebagai kandidat Presiden 2024.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.