Jakarta - Persija mengalami kekalahan dari Bali United di laga pertama babak perempat final Piala Indonesia. Dalam duel di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat, 26 April 2019, Persija dipaksa menyerah 1-2 oleh Bali United. 

Di laga itu, dua gol kemenangan Bali United diborong Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi ini sesungguhnya bisa mencetak tiga gol. Sayangnya, eksekusi penalti Lilipaly  bisa diblok oleh kiper Shahar Ginanjar. Sedangkan gol yang memperkecil kekalahan Persija dicetak striker veteran Bambang Pamungkas.

Meski hanya mencetak satu gol, namun itu sangat berarti bagi Persija. Pasalnya, itu menjadi modal penting Macan Kemayoran saat melakoni laga kedua di kandang sendiri, Sabtu, 4 Mei 2019. 

Bila kalah 0-2, Persija bakal bekerja keras mengejar defisit gol. Sebaliknya, kekalahan 1-2 di kandang Bali United menjadikan Persija hanya membutuhkan kemenangan 1-0 untuk lolos ke semifinal. 

Di laga itu, Bali United memang lebih mendominasi. Bermain di hadapan pendukungnya, mereka menekan lawan. Namun serangan tuan rumah selalu kandas.

Bali United akhirnya mendapat peluang mencetak gol saat wasit menghadiahkan penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Ramdani Lestaluhu dengan menyentuh bola di kotak terlarang. Hanya, eksekusi penalti Lilipaly gagal. 

Lilipaly membayar kegagalan dengan gol yang diciptakannya di menit 54. Dirinya menyelesaikan umpan dari Irfan Bachdim. Gol itu menaikkan semangat pemain Bali United. Mereka kembali memberi tekanan yang membuat Persija tak bisa mengembangkan permainan terbaiknya. 

Bahkan Lilipaly mampu memperbesar keunggulan Bali United di menit 80. Gol tercipta lewat serangan balik yang cepat dari Serdadu Tridatu. Skor berubah menjadi 2-0.

Namun hanya berselang lima menit, Persija memperkecil kekalahannya. Bambang menuntaskan umpan dari Riko Simanjuntak sehingga laga berakhir dengan skor 2-1.

Meski kalah, pelatih Persija Ivan Kolev tetap puas dengan hasil tersebut. Menurutnya tim sudah melakukan yang terbaik tanpa sebagian pemain pilar. Di laga itu, Kolev tidak menurunkan kiper Andritany Ardhiyasa dan bek Ismed Sofyan. 

"Tanpa pemain pilar memang mempengaruhi tim. Namun kami masih punya peluang lolos ke semifinal. Bermain di kandang, kami akan bermain menyerang. Hanya, kami memang kembali menjalani laga dengan jadwal pertandingan yang padat," kata Kolev.

Sementara, pelatih Bali United Stefano 'Teco' Cugurra mengungkapkan kerja keras pemain membuat timnya mampu meraih kemenangan. 

"Kami bisa menguasai permainan dan menciptakan banyak peluang, Namun kami akhirnya bisa mencetak gol di babak kedua. Ini karena kami tampil lebih percaya diri. Saya apresiasi pemain yang sudah bekerja keras karena menghadapi Persija memang bukan hal yang mudah," ujar Teco yang musim lalu mengantarkan Persija menjadi juara liga. []

Baca juga: 

Asing Penyuka Jengkol ini Target Persija Menang

Ini Yang Dibutuhkan Persija Saat Lawan Ceres

Persija Juara, Ada Peran Besar Anak Siantar di Dalamnya

Persija Juara, Juga Raih Pemain dan Pelatih Terbaik Liga 1