UNTUK INDONESIA
Kabut Asap Penuhi Pekanbaru, Lakukan Lima Tips Ini
Jika Jakarta diselimuti polusi akibat kendaraan bermotor dan kemarau panjang, lain lagi dengan Pekanbaru yang sedang diserang kabut asap.
Suasana gedung bertingkat yang terlihat samar karena polusi udara di Jakarta, Kamis, 5 September 2019. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Jika Jakarta diselimuti polusi akibat kendaraan bermotor dan kemarau panjang, lain lagi dengan Pekanbaru dan sejumlah kota di Pantai Timur Sumatera yang diselimuti kabut asap hasil kebakaran lahan dan hutan (karlahuta) sejak sepekan lalu.

Polusi udara dapat mengganggu kesehatan bahkan emosi warga kota, selain itu kabut asap dapat mengganggu jarak pandang dan membahayakan pengendara.

Berikut ini lima tips sederhana untuk tetap sehat meski polusi udara sedang melanda.

1. Gunakan Masker

Polusi asap memiliki sifat yang mudah masuk dan gampang menyerang saluran pernafasan manusia. Apalagi polusi udara yang dihasilkan knalpot kendaraan bermotor menghasilkan partikel polutan halus, yaitu PM 2.5. Polutan tersebut dapat masuk ke dalam tubuh dan dapat memicu kanker

Oleh karena itu, cara untuk meminimalisir dampak dari polusi udara, ada baiknya untuk mengenakan masker. 

MaskerIlustrasi - Memakai masker untuk mengantisipasi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). (Foto: Antara/Syifa Yulinnas)

2. Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Kebiasaan minum teh hijau sebelum tidur ternyata baik untuk kesehatan paru. Hal itu disebabkan kandungan antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas dan polutan yang terperangkap di dalam tubuh.

Alasan utama meminum teh sebelum tidur karena tubuh cenderung mudah menyerap kandungan minuman saat tidur.

Teh HijauTeh Hijau | Ilustrasi. (Foto: Healthy Woman)

3. Olahraga Dalam Ruangan

Olahraga merupakan salah satu sarana terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Dengan berolah raga, kamu dapat mengeluarkan keringat dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Polusi udara di luar rumah tidak menjadi halangan untuk tetap berolahraga. Tetaplah lakukan push up, sit up, dan gerakan-gerakan senam ringan di dalam rumah. Jangan lupa gunakan jaket agar panas yang dihasilkan dapat maksimal.

Olahraga perengangan ototOlahraga perengangan otot. (Foto: pixabay)

4. Konsumsi Sayur dan Buah

Polusi udara tidak selalu menyerang saluran pernafasan. Polusi udara acapkali menjadi biang kerok penyakit lain seperti gangguan pencernaan dan pengelihatan. Oleh karena itu, cara paling mudah dan murah untuk menjaga organ mata dan pencernaan adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Disarankan juga untuk mengonsumsi sayuran hijau, karena sayur hijau mengandung banyak vitamin C yang baik untuk mata.

5. Kelola Stres dan Jenuh

Ternyata, polusi udara dapat mempengaruhi stres dan jenuh. Padahal kedua hal tersebut dapat mempengaruhi produktivitas kerja dan hubungan sosial kamu dalam pergaluan.

atau kamu dapat maksimal.Kelola stres kamu agar tidak jenuh. Cobalah berlibur ke luar kota atau berkumpul dengan keluarga untuk melepas penat. Kalau perlu, ambillah cuti agar me time atau family time kamu dapat maksimal.

Keluarga HarmonisIlustrasi - keluarga harmonis (Foto: mommyasia.id)

Berita terkait
Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia
Salah satu organ yang harus dijaga khususnya bagi orang lanjut usia adalah otak. Karena otak menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.
Empat Tips Sehat Agar Selalu Awet Muda
Faktor bertambahnya umur bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak bisa tampil segar dan awet muda.
Menjaga Kesehatan Bagi yang Suka Begadang
Ada kalanya kegiatan melek sampai pagi harus kita lakukan karena suatu pekerjaan.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.