UNTUK INDONESIA
Menjaga Kesehatan Bagi yang Suka Begadang
Ada kalanya kegiatan melek sampai pagi harus kita lakukan karena suatu pekerjaan.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Aktivitas bergadang sebernarnya tidak baik bagi kesehatan tubuh. Tapi, ada kalanya kegiatan melek sampai pagi harus kita lakukan karena suatu pekerjaan. Misalnya, petugas keamanan yang berjaga malam, dokter, perawat, orang meronda, dan sebagainya.

Begadang juga sering dilakukan bagi orang-orang yang senang kongko-kongko di suatu tempat untuk menghabiskan malam.

Bagi orang-orang yang kerap melakukan rutinitas malam sangat dianjurkan untuk makan buah-buahan dan perbanyak minum air putih agar stamina selalu prima.

Berikut Tagar merangkum cara menjaga kesehatan yang sering melek.

1. Kurangi Minum Kopi

Kurangi minum kopi selama bekerja pada malam hari. Boleh konsumsi kopi tapi jangan berlebihan.  Terlalu banyak minum kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi. Kandungan kafein dalam kopi juga tidak baik apabila terlalu banyak masuk dalam tubuh.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Agar selalu tetap fit saat bekerja di malam hari, sebaiknya memperbanyak asupan air putih. Karena air putih mengandung mineral alamiah yang tidak bisa digantikan jadi penting untuk dikonsumsi.

Dampaknya akan langsung terasa untuk menjaga fokus dan semangat saat bekerja malam. Sebaliknya, jika tidak mencukupi kebutuhan air putih, bisa jadi akan mengalami masalah dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh.

3. Konsumsi Sayur dan Buah

Dengan memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan, tubuh akan mendapatkan banyak vitamin dan antioksidan yang bisa membuat badan selalu tetap sehat.

Jika perlu, tambahkanlan mengkonsumsi suplemen seperti vitamin C atau ekstrak minyak hati yang bisa membantu sistem kekebalan tetap kuat dalam mencegah berbagai macam penyakit. Sehingga saat bekerja pada malam hari akan selalu tetap sehat dan fit. 

4. Tidur Delapan Jam

Selepas melakukan rutinitas pekerjaan pada malam hari, agar tubuh selalu tetap prima sebaiknya tidurlah selama delapan jam. Hal itu akan berdampak memulihkan stamina dan kekuatan otak sehingga akan tetap menjaga daya tahan tubuh.

5. Berolahraga

Setelah lelah bekerja sepanjang malam, olahraga merupakan hal yang harus di perhatikan agar tubuh selalu tetap fit.

Dimulai pada pagi hari, sebaiknya olahraga dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu selama 30 menit.

Tak perlu olahraga yang berat, berjalan santai atau bersepeda sudah cukup untuk membuat badan tetap sehat. []

Berita terkait
Pekerja Kantoran Tewas Setelah Minum Soda
Seorang laki-laki pekerja kantoran berusia 30 tahun di Kota Suzhou, China tewas setelah menenggak minuman bersoda setiap hari.
Infografis: Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan
Berikut manfaat air putih yang dapat menyehatkan tubuh dan takarannya ketika dikonsumsi sehari-hari.
Mau Langsing, Diet Metode Air Putih Saja
Bagaimana cara melakukan diet dengan metode air putih?
0
Terduga Teroris Gunungkidul Sering Latihan Menembak
Warga mengaku lega setelah terduga teroris Gunungkidul ditangkap. Warga sudah lama curiga karena terduga sering latihan menembak dan lempar pisau.