UNTUK INDONESIA
Kabupaten Cirebon Dijadikan Role Model Program Dilan
Dari 214 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia Kabupaten Cirebon, Jabar, difokuskan jadi role model penerapan program Dilan
Deputi Pelayanan Publik KemenPAN -RB, Diah Natalisa (kiri) dan Sekda Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno (Foto: Tagar/Charles)

Cirebon - Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) mengimbau kepada setiap pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk mengimplementasikan sistem atau program Dilan (Digital Melayani). Hal itu yang disampaikan oleh Deputi Pelayanan Publik KemenPAN -RB, Diah Natalisa, saat audiensi dengan Sekda Kabupaten Cirebon beserta jajaran dalam kunjungan kerja, 12 Agustus 2020, di Ruang Paseban, Kantor Bupati Cirebon, Jawa Barat.

"Selama ini pelayanan kita lebih banyak bersifat manual. Banyak sekali menggunakan dokumen-dokumen, kertas-kertas yang menciptakan gulungan yang begitu banyaknya berkas yang kita kumpulkan. Sekarang arahnya ke paperless," ujar Diah.

Diah juga menyampaikan bahwa Kabupaten Cirebon jadi role model bagi daerah lain dalam pelayanan dasar publik. Untuk itu KemenPAN-RB meminta secara periodik minimal setahun dua kali sebagai penyelenggara pemerintah harus melaksanakan SKN (Survei Kepuasan Masyarakat).

Hal ini sangat penting untuk menciptakan pelayanan prima dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar masyarakat merasa puas, terhadap pelayanan publik. "Dari 214 kabupaten kota di seluruh Indonesia yang kami fokuskan, Kabupaten Cirebon masuk dalam wilayah 1 Jawa Barat. Kami melakukan evaluasi terbatas dalam pelayanan publik agar menjadi menjadi role model,” kata Diah.

Sementara itu dalam sambutannya Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, mengatakan dengan adanya program ini membuat seluruh pelayanan lebih efektif dan efisien. “Pengurus transformasi digital kabupaten Cirebon sudah disusun dan akan ditetapkan oleh pak Bupati (Cirebon), sebagai motor penggerak transformasi layanan digital yang diharapkan oleh Presiden Republik Indonesia. Karena lebih mudah melayani masyarakat dibanding harus tatap muka," kata Rahmat.

Terlebih lagi di era digital, diharapkannya dapat mempercepat pembentukan tim transformasi digital. "Mudah-mudahan kabupaten Cirebon bisa leih baik dan mengungguli daerah lainnya terutama di wilayah Cirebon", ujar Rahmat.

Kemudian Kabupaten Cirebon kedepannya akan lebih sedikit menggunakan kertas dari setiap proses pelayanan bagi masyarakat. "Nantinya Kominfo akan membimbing pemkab kabupaten Cirebon juga akan menggunakan layanan E-Goverment yang akan diintegrasikan dengan layanan uang dengan barang," tutur Rahmat. []

Berita terkait
Kabupaten Cirebon Segera Buka Sekolah di Zona Hijau
Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di sejumlah SD di Kabupaten Cirebon, Jabar, ditargetkan mulai bulan Agustus ini
0
Kabupaten Cirebon Dijadikan Role Model Program Dilan
Dari 214 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia Kabupaten Cirebon, Jabar, difokuskan jadi role model penerapan program Dilan