Jumlah Pasien Covid-19 di Sumatera Utara Bertambah

Jumlah pasien suspek Covid-19 di Sumatera Utara mengalami peningkatan.
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara dr Aris Yudhariansyah. (Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Jumlah pasien suspek Covid-19 yang dinyatakan positif berdasarkan pengambilan sampel swab atau polymerase chain reaction (PCR) di Sumatera Utara mengalami peningkatan. Sedangkan jumlah pasien yang sembuh, bertambah satu orang.

"Jumlah pasien positif berdasarkan PCR awalnya 111 orang, sekarang menjadi 114, berarti bertambah tiga orang. Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh sebelumnya 40 menjadi 41 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, dr Whiko Irwan di Medan, Rabu, 29 April 2020.

Kemudian, pasien dalam pengawasan atau PDP juga mengalami peningkatan. Dari 138 menjadi 140 orang, sedangkan pasien yang meninggal dunia tidak ada perubahan, yaitu 12 orang.

Maskermu menyelamatkanku dan maskerku menyelamatkanmu

"Kita patut bersyukur karena yang sembuh semakin meningkat. Kita harapkan PDP dan pasien lainnya yang dirawat di rumah sakit segera sembuh. Kita juga turut berduka kepada pasien yang meninggal dunia, semoga keluarga tetap diberikan kesabaran, dan kita juga berharap agar jumlah pasien yang meninggal dunia tidak bertambah," ungkap Whiko.

Menurut Whiko, masyarakat harus terus menerapkan imbauan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Di antaranya selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan jaga pola kesehatan.

"Kalau kita terus disiplin menjalankan imbauan dari pemerintah. Covid 19 ini dapat dicegah penularannya. Selain itu, masyarakat harus bergotong royong untuk mencegah penyebaran virus ini. Mulai sekarang, ayo kita gunakan masker dan terapkan social distancing. Maskermu menyelamatkanku dan maskerku menyelamatkanmu," tandas Whiko.[]

Berita terkait
Kriteria Warga Sumut yang Menerima BLT Rp 600 Ribu
Pemprov Sumatera Utara segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.
Perwira Polisi di Sumut Ditangkap Terlibat Narkoba
Wakil Kepala Polsek Pancur Batu di wilayah hukum Polda Sumatera Utara, ditangkap karena terlibat penyalahgunaan narkotika.
Pasien Positif Covid-19 Sembuh di Sumut 40 Orang
Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara yang dinyatakan sembuh kembali mengalami peningkatan.