UNTUK INDONESIA
Pasien Positif Covid-19 Sembuh di Sumut 40 Orang
Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara yang dinyatakan sembuh kembali mengalami peningkatan.
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara dr Aris Yudhariansyah.(Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara yang dinyatakan sembuh kembali mengalami peningkatan. Awalnya 33 orang, naik menjadi 35 dan data terbaru, jumlah itu menjadi 40 orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah mengatakan itu kepada awak media di Medan, Selasa, 28 April 2020.

"Sesuai data yang kita terima dari gugus tugas di kabupaten dan kota, maupun dari rumah sakit yang ditunjuk, awalnya jumlah pasien yang positif Covid-19 dinyatakan sembuh ada 33 orang, kini menjadi 40 orang. Ini suatu kebaikan," kata Aris.

Tambahan lima pasien yang sembuh itu awalnya positif Covid-19 hasil tes swab. Mereka sebelumnya dirawat di RS Colombia, RS Martha Friska di Medan, dan RSUD dr Djasamen Saragih Pematangsiantar.

"Mereka dinyatakan sembuh dikarenakan imunitas tubuh mereka meningkat dan mampu melawan virus, angka kesembuhan kita saat ini sudah cukup baik. Angka kesembuhan ini cukup baik dari angka penderitaannya. Tingkat kesembuhan ini kemungkinan akan terus meningkat. Kita optimis sehingga prediksi Ketua Gugus Tugas Nasional itu benar dan Juli 2020 wabah Covid-19 ini selesai," ungkap Aris.

Gunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Kemudian terapkan social distancing

Selain itu, menurut Aris, kebanyakan masyarakat sudah mulai mengerti dengan situasi dan kondisi wabah corona. Sehingga mereka banyak yang ikuti aturan atau imbauan dari pemerintah. Selain itu, tim medis juga mulai lebih berani, lebih sigap untuk menangani pasien Covid-19.

"Berbeda dengan awal dulu, masyarakat panik, tenaga kesehatan kaku karena belum biasa. Tapi sekarang sepertinya sudah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik dan angka pasien yang sembuh bisa meningkat dan masyarakat bisa mencegah penularan virus ini," ungkap Aris.

Pasien yang dinyatakan positif berdasarkan PCR sampai saat ini mencapai 112 orang, sebelumnya hanya 110 orang. Sedangkan pasien dalam pengawasan atau PDP dari 153 menjadi 138 orang.

"Ada penambahan pasien positif berdasarkan PCR. Lalu PDP berkurang 15 orang, sedangkan untuk pasien yang meninggal belum ada perubahan, yaitu 12 orang. Kita berharap agar pasien yang meninggal tidak bertambah," katanya.

Dia mengimbau masyarakat terus mematuhi aturan yang diterapkan oleh pemerintah. Covid-19 dapat dicegah dengan disiplin kuat dan mematuhi peraturan serta semangat gotong royong.

"Gunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Kemudian terapkan social distancing," ungkap Aris.[]

Berita terkait
Jadwal Puasa Ramadan untuk Wilayah Tabagsel Sumut
Anjuran dari MUI daerah Tabagsel, Sumut, untuk menunaikan salat berjemaah di masjid.
Pasien Sembuh Covid-19 di Sumut Bertambah 8 Orang
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 selain mencatat 8 pasien sembuh, juga ada tambahan 6 pasien kasus baru Covid-19 di Sumut.
Begini Menu Berbuka Puasa Orang Pinggiran di Sumut
Memasuki hari kedua menjalankan ibadah puasa, satu keluarga sederhana di Kabupaten Deli Serdang, menyantap menu berbuka seadanya.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.