Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menerima penghargaan sebagai PR of The Year dalam acara Indonesia Corporate Branding PR Award 2020.
Acara yang diselenggarakan oleh Iconomics Research and Consulting tersebut, Founder dan CEO Iconomics, Bram S Putro, menyebutkan aacara penghargaan ini digelar sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras para Public Relation (PR) di perusahaan maupun lembaga yang dipimpinnya.
"Sore ini, Indonesia Corporate Branding PR Awards 2020 bukanlah perayaan atau selebrasi, tapi acara ini sebagai bentuk pengakuan kerja keras dari kerja PR perusahaan maupun lembaga dalam membangun reputasi, citra dan kontribusinya bagi perusahaan, lingkungan sekitar maupun bangsa Indonesia," kata Bram melalui keterangannya, Jumat 15 Mei 2020.
Seberapa jauh Anda berkontribusi secara social dan enviromental.
Direktur Riset Iconomics Alex Mulya menambahkan, kriteria penilaian berdasarkan 9 aspek penilaian (3 pilar) citra perusahaan yakni commercial, organizational, dan social pillar. Jika dihadapkan pada situasi dan kondisi saat ini, maka PR memiliki peran penting dalam menciptakan berita yang positif untuk mengimbangi berita yang negatif.
"Paling relevan saat wabah adalah social pillar, seberapa jauh Anda berkontribusi secara social dan enviromental," ujar Alex.
Lebih lanjut, Ketua Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Agung Laksana mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 telah berdampak luas dan multidimensional. Sebab itu, diperlukan peran PR untuk lebih inovatif, kreatif dalam menyediakan konten-konten bagi audiensnya.
"Membangun reputasi dan visibilitas sebuah organisasi dan brand melalui PR membutuhkan dedikasi dan strategi jangka panjang, pada akhirnya para praktisi PR adalah maraton bukan sprint. Di era the new normal saat ini PR harus tetap optimis," kata dia. []