UNTUK INDONESIA
Juara Ligue 1 Prancis, PSG Bisa Cetak Treble
Ligue 1 Prancis resmi berakhir dan Paris Saint-Germain dinyatakan juara liga. PSG bisa raih treble bila final Piala Prancis dan Piala Liga digelar.
Kompetisi Ligue 1 Prancis resmi dinyatakan selesai karena pandemi Covid-19. Pimpinan klasemen Paris Saint-Germain tampil sebagai juara. Namun belum ada keputusan terkait final Piala Prancis dan Piala Liga. PSG lolos ke final dan berpeluang meraih treble bisa memenanginya. (Foto: psg.fr)

Jakarta - Kompetisi Ligue 1 Prancis resmi berakhir. Pimpinan klasemen Paris Saint-Germain dinyatakan sebagai juara liga. Namun PSG belum mendapat kepastian terkait final Piala Prancis dan Piala Liga. Bila final 2 turnamen itu tetap dilaksanakan, PSG berpeluang mencetak treble di kompetisi domestik. 

Ligue 1 berakhir sudah saat pemerintah Prancis menyatakan tidak akan ada pertandingan sepak bola maupun kegiatan olahraga lain sampai September 2020. Pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir di Prancis menjadi alasan even olahraga ditiadakan. Bahkan pemerintah menolak opsi menggelar pertandingan tanpa penonton. 

Perdana Menteri Edouard Philippe mengatakan 'liga olahraga profesional, khususnya sepak bola tidak bisa dilanjutkan lagi' karena pandemi. Pemerintah menghentikan kegiatan olahraga karena merasakan dampak luar biasa dari pandemi itu. Tidak kurang 24 ribu jiwa meninggal karena virus corona.

Lorient menjadi juara Ligue 2. Tentu ada yang akan mengajukan tuntutan atau banding. Tetapi keputusan kami sudah bulat

"Semua sudah jelas dengan adanya pengumuman itu. Kami harus mengambil keputusan terkait dengan kompetisi musim ini," kata Presiden LFP, operator liga, Nathalie Boy de la Tour seperti dikutip Fox Sports.

"Kami menyatakan musim 2019-20 berakhir," ujar dia. 

PSG yang bertengger di puncak klasemen dengan poin 68 pun dinyatakan juara meski kompetisi masih menyisakan 10 pertandingan lagi. Namun The Parisiens menyimpan satu pertandingan tunda. 

Mereka menjadi juara untuk ke-7 kali selama 8 musim terakhir. Mereka hanya gagal merengkuh trofi juara pada musim 2017. Saat itu, Monaco tampil sebagai juara dan PSG menduduki peringkat 2.

Di musim ini, PSG unggul 12 poin dari Marseille yang menjadi runner up. Keduanya lolos otomatis ke Liga Champions 2020-21. Sedangkan Rennes yang menduduki peringkat 3 menjalani babak kualifikasi. 

Lille dan Reims yang berada di posisi 4 dan 5 akan berlaga di Liga Europa. Selanjutnya Nice yang menduduki posisi 6 bertarung di babak play-offs

Operator liga, LFP, menyampaikan musim ini hanya ada 2 tim yang terdegradasi, Toulouse dan Amiens. Sedangkan play-offs untuk peringkat 18 melawan tim yang menduduki peringkat 3 di Ligue 2 ditiadakan. Dengan demikian, Lorient sebagai juara Ligue 2 dan runner up Lens yang akan promosi ke kasta tertinggi. 

"Kami memutuskan hanya ada 2 tim yang promosi dan degradasi. Lorient menjadi juara Ligue 2. Tentu ada yang akan mengajukan tuntutan atau banding. Tetapi keputusan kami sudah bulat," kata Didier Quillot, CEO LFP. 

PSG juaraParis Saint-Germain dinyatakan juara Ligue 1 Prancis setelah kompetisi resmi selesai karena pandemi Covid-19. PSG menjadi juara untuk ke-9 kalinya. (Foto: psg.fr)

Keputusan menyelesaikan kompetisi juga tidak terlepas dari permintaan UEFA agar LFP segera mengirimkan klub-klub yang akan berkompetisi di Eropa musim berikutnya. Menurut Quillot, LFP diberi batas waktu sampai 15 Mei 2020 untuk menetapkan mereka yang lolos ke kompetisi Eropa.

LFP sendiri baru memutuskan kompetisi yang dinyatakan selesai. Sedangkan belum ada kepastian mengenai Piala Liga dan Piala Prancis yang tinggal menyelesaikan laga final.

Final Piala Liga dan Piala Prancis Belum Pasti

PSG yang memenangi Ligue 1 untuk ke-9 kalinya juga melangkah ke final di 2 turnamen itu. Bila laga final tetap digelar dan tampil sebagai juara, maka PSG mencetak treble domestik. 

Bukan sekali saja PSG mencetak treble. Tim yang juga berjuluk Les Rouge et Bleu atau The Red and Blues ini pernah melakukannya pada musim 2014, 2015 dan 2018.  

Neymar dkk akan menghadapi Lyon di final Piala Liga. Sedangkan di Piala Prancis, mereka bertemu Saint-Etienne. Dan, PSG berambisi kembali meraih 3 trofi dalam satu musim. 

Tak hanya itu, PSG juga lolos ke perempat final Liga Champions. Bila menjadi juara untuk kali pertama dalam sejarah klub, ini merupakan pencapaian tertinggi PSG karena meraih semua trofi dalam satu musim.

Sebaliknya, bila Lyon dan Saint-Etienne yang menjadi juara, mereka akan mendapat jatah tiket ke Liga Europa. Hanya belum ada kepastian terkait 2 final tersebut. []

Berita terkait
Tak Ingin Dihargai Murah, PSG Gratiskan Mbappe
Paris Saint-Germain tak ingin pemainnya Kylian Mbappe dihargai murah. Namun PSG siap melepas Mbappe secara gratis saat kontraknya selesai.
Cegah Kabur ke Barca, PSG Bakal Naikkan Gaji Neymar
Paris Saint-Germain berupaya mempertahankan pemain depan Neymar yang diincar Barcelona. PSG pun berencana menaikkan gaji Neymar di kontrak barunya.
Lyon Vs PSG, ke Final dan Jaga Asa Raih Treble
Paris Saint Germain melaju ke final Piala Prancis setelah menaklukkan Lyon 5-1 di laga semifinal. Sukses itu menjaga asa PSG merah treble musim ini
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.