UNTUK INDONESIA
Jokowi Salut dengan Solidaritas Masyarakat dan Ormas
Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah selama ini merasa sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas yang dilakukan ormas saat Covid-19.
Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020 (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah selama ini merasa sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas dan kepedulian sosial yang dilakukan oleh berbagai organisasi masyarakat Islam yang ada di Indonesia. 

Jokowi menyebut, pemerintah juga selama ini mendapatkan bantuan, serta dukungan dari berbagai kalangan. Menurutnya, banyak sekali inisiatif yang muncul dari masing-masing umat untuk membantu pemerintah melawan Covid-19. Terbukti dengan banyaknya pihak yang semangat memberikan sumbangan juga beramal bagi sesama.

“Termasuk pemanfaatan zakat, pemanfaatan infak, pemanfaatan shadaqah untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari Covid-19,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.

Baca juga: Presiden Jokowi Ruwet karena Menteri

Jokowi juga mengutarakan harapan berbagai aksi solidaritas yang dilakukan berbagai kalangan, bisa terus berlanjut. 

Tak hanya itu, dia juga berharap agar aksi solidaritas bisa meluas lebih besar lagi, sehingga menjadi sebuah gerakan besar dalam rangka meringankan beban bagi yang membutuhkan.

Diketahui, beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo membuka konser virtual penggalangan donasi penanggulangan wabah Covid-19 di Indonesia bertajuk 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona', pada Minggu malam, 17 Mei 2020.

Termasuk pemanfaatan zakat, pemanfaatan infak, pemanfaatan shadaqah untuk membantu saudara-saudara kita.

Gelaran musik yang disiarkan di sejumlah stasiun televisi itu berhasil meraup dana senilai lebih dari Rp 4 miliar, untuk membantu penanggulangan virus corona di Indonesia.

Baca juga: Pasar Ramai Jelang Lebaran, Jokowi: Jaga Jarak

Jokowi meminta masyarakat Indonesia agar terus meningkatkan kepedulian kepada sesama anak bangsa di lingkungan dan tempat tinggalnya masing-masing, serta bersatu padu mengalahkan pandemi Covid-19.

"Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang tangguh, bangsa yang kuat, dan itu sudah kita buktikan dari sekian banyak pengalaman sejarah. Kita tunjukkan pada dunia bahwa kita mampu hadapi pandemi Covid-19 ini," kata Jokowi dalam video yang diputar sebgai pembuka konser, dikutip Tagar pada Senin, 18 Mei 2020. []

Berita terkait
Jokowi Ingin Pembagian Bansos Tak Berbelit-bellit
Presiden Jokowi mengarahkan jajarannya untuk menyebarkan bansos dapat cepat sampai ke masyarakat.
Jokowi Tegaskan Belum Putuskan Pelonggaran PSBB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan dirinya belum memutuskan kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.
PKS Sebut PSBB Jokowi Dianggap Lelucon Masyarakat
Politikus PKS Sukamta menyebut terkait PSBB yang dikemukakan Presiden Jokowi dianggap lelucon oleh masyarakat di media sosial.
0
Jokowi Salut dengan Solidaritas Masyarakat dan Ormas
Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah selama ini merasa sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas yang dilakukan ormas saat Covid-19.