Jokowi Ingatkan Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Januari 2021

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan, pada pertengahan Januari 2021 ini, pemerintah akan melakukan vaksinasi massal corona Covid-19.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka Kongres XXXVII Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Selasa, 24 November 2020. (Tagar/YouTube GMKI)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan, pada pertengahan Januari 2021 ini, pemerintah akan melakukan vaksinasi massal kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mencapai herd immunity, agar warga tak gampang terserang virus corona jenis baru (Covid-19). 

Seperti diketahui, Indonesia telah mengimpor vaksin Sinovac, Novavax, AstraZeneca, dan BioNTech-Pfizer.

Oleh karena itu pemerintah akan terus bekerja keras mengendalikan kasus Covid-19.

"Vaksinasi juga akan segera dilakukan di pertengahan Januari 2021 ini untuk mencapai herd immunity, kekebalan komunal, sehingga penyebaran Covid-19 bisa kita hentikan," kata Jokowi dalam video yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, dilihat Tagar, Jumat, 1 Januari 2021.

Baca juga: Jokowi: Tahun 2020 Menjadi Krisis Terberat Dalam Sejarah Dunia

Presiden Jokowi pun optimis, tahun 2021 ini Indonesia mampu bangkit dan melakukan banyak inovasi pemulihan perekonomian. Untuk sisi ekonomi saja, menurutnya setahap demi setahap sudah terasa membaik.

"Mulai terasa di kuartal ke-3 dan ke-4 tahun 2020. Investasi baru mulai muncul, yang akan menggerakkan ekonomi masyarakat dan industri masa depan, sehingga peluang kerja akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat akan lebih baik," katanya.

Namun, ia mengingatkan, persoalan wabah menular ini belum selesai. Ditekankan presiden, ada satu syarat terpenting yang harus dikerjakan bersama demi mencapai pemulihan kesehatan dengan cara vaksinasi massal. 

Baca juga: Jokowi: Indonesia Akan Bangkit dan Berinovasi di 2021

"Kita harus berhasil mengatasi pandemi covid. Kita harus mampu menghentikan wabah ini dengan segera. Memang sesuatu yang tidak mudah. Oleh karena itu pemerintah akan terus bekerja keras mengendalikan kasus Covid-19," ujarnya.

Dia pun meminta masyarakat masih harus tetap berdisiplin mengatasi penyebaran kasus Covid-19, untuk menaati protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan, untuk membendung meluasnya wabah.

"Jangan lengah, jangan menganggap remeh. Dengan kesehatan masyarakat yang pulih, kepercayaan dunia meningkat, maka pemulihan ekonomi akan terjadi di tahun 2021," ujar Jokowi. []

Berita terkait
Penggunaan Darurat Vaksin Pfizer-BioNTech Diizinkan WHO
Organisasi Kesehatan Dunia PBB (World Health Organization/WHO), 31 Desember 2020, izinkan penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech
Penjelasan Menkes soal Vaksin Covid-19 untuk Lansia
Menteri Kesehatan menjelaskan bahwa pemberian vaksin kepada masyarakat terdapat beberapa tahap, dan hal tersebut berlaku untuk usia lanjut.
Vaksin Covid-19 Segera Didistribusikan ke 34 Provinsi
Pemerintah segera mendistribusikan vaksin Covid-19 ke 34 provinsi di Tanah Air. Upaya vaksinasi segera dilaksankan.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.