Penggunaan Darurat Vaksin Pfizer-BioNTech Diizinkan WHO

Organisasi Kesehatan Dunia PBB (World Health Organization/WHO), 31 Desember 2020, izinkan penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech
Seorang pekerja kesehatan menyiapkan satu dosis vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNtech di pusat vaksinasi di Kotamadya Tel Aviv-Yafo dan Tel Aviv Sourasky Medical Center, Tel Aviv, Israel, 31 Desember 2020 (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia PBB (World Health Organization/WHO), Kamis, 31 Desember 2020, mengizinkan penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech. Izin itu membuka jalan bagi negara-negara di seluruh dunia untuk segera mengimpor dan mendistribusi vaksin tersebut.

Inggris menggunakan vaksin produksi Amerika-Jerman itu pada 8 Desember 2020. Negara-negara lain, yaitu Amerika, Kanada, dan Uni Eropa, mengikuti langkah Inggris.

Vaksin Pfizer/BioNTech adalah yang pertama mendapat "validasi darurat" dari WHO sejak virus corona pertama kali muncul di China pada 31 Desember 2019. Menurut WHO, memasukkan vaksin itu ke dalam daftar penggunaan darurat, membuka jalan bagi pihak berwenang di berbagai negara untuk menyetujui impor dan distribusi vaksin tersebut.

WHO bertemu dengan pakar-pakarnya dan pakar-pakar dari seluruh dunia untuk mengkaji data "keamanan, kemanjuran, dan kualitas" vaksin Pfizer/BioNTech. Mereka menimbang manfaat dan risikonya.

“Hasil kajian menunjukkan bahwa vaksin tersebut memenuhi kriteria aman dan manjur yang ditetapkan WHO, dan bahwa manfaat vaksin ini dalam mengatasi Covid-19, bahwa manfaat vaksin ini dalam mengatasi Covid-19, menepis risiko yang mungkin ditimbulkannya.” (ka/pp)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Singapura Negara Asia Pertama Terima Vaksin Pfizer-BioNTech
Singapura jadi negara pertama di Asia yang menerima pengiriman vaksin virus corona Pfizer-BioNTech yang tiba di Singapura 21 Desember 2020
Amerika Serikat Pakai Vaksin Virus Corona Pfizer-BioNTech
Panel FDA setujui penggunaan vaksin virus corona (Covid-19) produksi raksasa farmasi dunia yaitu Pfizer (AS) dan BioNTech (Jerman)
Bahrain Negara Kedua di Dunia Pakai Vaksin Pfizer
Bahrain menjadi negara kedua di dunia yang berikan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin virus corona yang dibuat oleh Pfizer
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.