UNTUK INDONESIA
Jokowi Beri Rp 2,4 Juta untuk UMKM Terpukul Pandemi
Presiden Joko Widodo mengupayakan bantuan bagi sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp 2,4 juta yang terpukul pandemi COvid-19.
Presiden Jokowi saat membagikan Rp 2,4 Juta kepada sektor UMKM yang terpukul pandemi Covid-19 di Istana Negara Jakarta, Senin, 13 Juli 2020. (foto: Twitter/@Jokowi).

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengupayakan bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Jokowi menilai, wabah virus corona tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan saja, melainkan juga memengaruhi sektor perekonomian.

Untuk itu Jokowi merasa perlu perhatian pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terpukul pandemi Covid-19, dengan memberi bantuan modal kerja darurat sebesar Rp 2,4 Juta.

Jokowi: Bantuan modal kerja ini memang isinya tidak banyak, Rp 2,4 juta. Tolong diterima.

Bantuan modal kerja darurat ini diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada sejumlah pedagang kecil yang hadir di halaman tengah Istana Merdeka pada Senin, 13 Juli 2020.

Baca juga: Tekan Covid-19, Jokowi - Ma'ruf Amin Libatkan Ulama

"Saya tahu dengan kondisi pandemi covid ini usaha Bapak, Ibu sekalian tidak seperti keadaan normal yang lalu. Ada yang omzet-nya jatuh lebih dari 50 persen, ada yang keuntungannya biasanya 200 menjadi hanya 50. Saya tahu, saya tahu," kata Jokowi.

Ia mengingatkan saat pandemi Covid-19, kondisi serupa juga terjadi global, alias bukan Indonesia saja yang terpukul.

"Kejadian pandemi Covid ini terjadi di 215 negara, kena semua. Kesehatannya kena, ekonominya juga kena. Yang kena itu tidak hanya yang kecil, yang kecil kena, yang sedang kena, usaha besar juga kena semuanya," ucapnya.

Kemudian Jokowi meminta agar kondisi ini tetap dihadapi dengan penuh semangat dan kerja keras. Sehingga, bantuan modal kerja ini diharapkan dapat membuat UMKM kembali bergerak dan kemudian dapat berkembang menyesuaikan dengan kondisi terkini.

Baca juga: Pangkas Anggaran, Jokowi Ingin Bubarkan 18 Lembaga

"Saya tahu kondisi ini sangat berat, tetapi saya juga ingin Bapak atau Ibu tetap bekerja keras dalam berusaha di bidang masing-masing. Tidak usah turun semangatnya, harus tambah semangatnya. Kondisi ini memang harus kita hadapi," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014 tersebut.

Jokowi menyerahkan bantuan modal kerja darurat sebesar Rp2,4 juta untuk masing-masing penerima. Dalam beberapa waktu ke depan, dia berjanji, bantuan serupa itu juga akan diserahkan kepada lebih banyak lagi pelaku usaha kecil untuk membantu perekonomiannya.

"Bantuan modal kerja ini memang isinya tidak banyak, Rp 2,4 juta. Tolong diterima, digunakan semuanya untuk tambahan modal kerja Bapak atau Ibu semua. Ini kita mulai dan kita harapkan jutaan pedagang kecil yang akan kita berikan ini. Ini adalah yang pertama kali," ujar Jokowi. []

Berita terkait
Jokowi Ingin Perwira Baru Polisi Lincah dan Inovatif
Jokowi ingin generasi baru di kepolisian lincah dan inovatif dalam menghadapi perubahan dengan karakter kebangsaan
Jokowi Siapkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan
Presiden Jokowi menyatakan pemerintah kini tengah menyiapkan penerapan sanksi bagi masyarakat yang enggan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
3 Arahan Jokowi Percepat Tangani Pandemi Covid-19
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan terbaru tentang percepatan penanganan pandemi Covid-19 yang disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy.
0
Jokowi Beri Rp 2,4 Juta untuk UMKM Terpukul Pandemi
Presiden Joko Widodo mengupayakan bantuan bagi sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp 2,4 juta yang terpukul pandemi COvid-19.