UNTUK INDONESIA

Jokowi Banggakan UU Cipta Kerja saat Berpidato di HUT NasDem

Saat menghadiri acara peringatan HUT ke-9 Partai NasDem, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membanggakan UU CIpta Kerja memang diperlukan.
Saat menghadiri acara peringatan HUT ke-9 Partai NasDem, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membanggakan UU CIpta Kerja memang diperlukan. (foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Partai Nasional Demokrat (NasDem) secara virtual.

Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung beberapa hal, mulai dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja), penanganan pandemi Covid-19, hingga harapannya untuk Partai NasDem.

Itulah semangat dari penerbitan UU Cipta Kerja, yang sekaligus dimaksudkan untuk mempercepat industrialisasi di dalam negeri.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-9 kepada keluarga besar partai NasDem dan sekaligus selamat menjadi partai besar yang disegani,” kata Jokowi secara virtual, dilihat Tagar, Rabu, 11 November 2020.

Baca juga: NasDem Gelar Konvensi untuk Pilpres 2024, Non Kader Boleh Ikut

Jokowi mengatakan, seluruh rakyat Indonesia pasti ingat dengan semangat dasar dari Partai NasDem, yaitu restorasi Indonesia, semangat pemulihan dari semua masalah, dan semangat perbaikan untuk mencapai Indonesia maju.

“Semangat itulah yang ada dalam pemerintah sekarang ini. Semangat itulah yang melandasi kerja kita selama ini, termasuk dalam menghadapi banyak tantangan akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia sekarang ini,” ucapnya.

Ia mengulas masalah yang terjadi selama delapan bulan terakhir selama Indonesia dihantam pandemi Covid-19. Menurutnya, hal demikian bukan hanya mengakibatkan muncul masalah kesehatan di seluruh dunia, tetapi juga mengakibatkan permasalahan ekonomi dunia menjadi rumit.

Jokowi juga menyinggung soal angka pengangguran meningkat menjadi 6,9 juta dan pertumbuhan ekonomi RI di kuartal ke-2 tahun 2020 menjadi minus 5,32 persen. 

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut, kondisi seperti ini menjadi pukulan berat terhadap perekonomian nasional yang membutuhkan kerja-kerja yang tidak biasa dan cara kerja yang luar biasa untuk segera pulih dari keterpurukan.

“Tetapi alhamdulillah memasuki kuartal ke-3 2020, perekonomian kita sudah mulai ke arah pulih dan bangkit. Pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal ke-3 tumbuh minus 3,49 persen year on year. Artinya, sudah mengalami peningkatan, pertumbuhan ekonomi 1,83 persen di kuartal ketiga dibandingkan kuartal ke-2,” tutur eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca juga: HUT NasDem, Surya Paloh Dorong Terciptanya Iklim Politik Sehat

Meski begitu, ia tekankan pemerintah tidak boleh jemawa. Justru, kata dia, pemerintah harus bekerja keras untuk membuka lapangan kerja, dan meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mampu bersaing di pasar global secara besar-besaran.

Jokowi menilai, kepercayaan masyarakat internasional terhadap Indonesia dan kemunduran negara akibat Covid-19 harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk mengejar ketertinggalan yang terjadi selama ini. 

Baginya, UMKM juga wajib untuk diberdayakan semaksimal mungkin, begitu juga dengan peluang kerja harus diciptakan sebanyak mungkin.

“Itulah semangat dari penerbitan UU Cipta Kerja, yang sekaligus dimaksudkan untuk mempercepat industrialisasi di dalam negeri, serta memperkuat sektor strategis terutama pangan, kesehatan, dan energi,” ucap Jokowi.

Dijelaskannya, setiap ada perubahan dan restorasi, apalagi restorasi besar-besaran seringkali menimbulkan kekhawatiran dan salah pengertian, apalagi jika tidak terkomunikasi secara baik dalam waktu yang memadai.

“Tetapi kita harus juga maklum bahwa persaingan membutuhkan kecepatan. Momentum yang sempit dalam persaingan global harus direspons dengan cepat,” tuturnya.

Dalam acara itu Jokowi juga mengajak seluruh keluarga Partai NasDem untuk mengawal restorasi yang sedang pemerintah lakukan.

“Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Sekali lagi selamat ulang tahun yang ke-9 Partai NasDem. Mari kita bersama melakukan lompatan untuk mencapai Indonesia maju yang kita cita-citakan,” kata Jokowi. []

Berita terkait
Jokowi akan Hadir dan Beri Sambutan HUT ke-9 Partai Nasdem
Presiden Jokowi akan hadir dan memberi sambutan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Nasdem pada Rabu 11 November 2020.
NasDem Luruskan Maksud Erick Thohir Soal Komisaris Titipan
Irma Suryani Chaniago meluruskan ucapan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkait komisaris di banyak BUMN merupakan titipan.
13 Tersangka Pembakaran Mobil NasDem ada Anak di Bawah Umur
13 orang tersangka demonstran yang berakhir anarkis di Kota Makassar, tiga tersangka masih di bawah umur
0
Jokowi Banggakan UU Cipta Kerja saat Berpidato di HUT NasDem
Saat menghadiri acara peringatan HUT ke-9 Partai NasDem, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membanggakan UU CIpta Kerja memang diperlukan.