UNTUK INDONESIA
Jokowi Ajak Dua Staf Milenial Blusukan ke Subang
Presiden Jokowi mulai mengajak staf khusus dari kalangan milenial melihat bidang kerja mereka, kali ini Jokowi bawa Putri dan Taufan ke Subang
Presiden Jokowi dengan Putri dan Taufan ketika blusukan ke Mekaar di Kabupaten Subang, Jawa Barat, 29 November 2019 (Foto: cdn.setneg.go.id)

Subang – Setiap kunjungan kerja di dalam negeri dan ke luar negeri Presiden Joko Widoso (Jokowi) selalu membawa beberapa menteri yang terkait dengan kunjungan kerja. Kali ini Jokowi tidak membawa menteri, tapi mengajak dua milenial yang merupakan staf khusus presiden yaitu Andi Taufan Garuda Putra dan Putri Indahsari Tanjung. Jokowi mengajak dua milenial itu ke Kabupaten Subang, Jawa Barat, 29 November 2019.

Apa pula kaitan milenial itu dengan Pelabuhan Patimban?

Dalam keterangannya kepada wartawan di Pelabuhan Patimban, Subang, Jabar, Jokowi mengatakan kedua milenial itu tidak terkait dengan Patimban. Dia mengajak Taufan dan Putri untuk melihat program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) yang dijalankan oleh PT Permodalan Nasional Madani di Kabupaten Subang.

Peserta Mekaar itulah yang akan jadi bagian dari kegiatan Taufan dan Putri sebagai staf khusus peresiden karena, seperti dikatakan Jokowi, hampir 96% dan 5,8 juta nasabah Mekaar adalah perempuan.

Jokowi berharap Taufan dan Putri bisa melihat Mekaar dengan kacamata milenial apa yang bisa dilakukan agar kegiatan Mekaar lebih maju. Dengan blusukan tsb. Jokowi berharap dua milenial itu bisa memberikan sentuhan untuk desain dan kemasan produk Mekaar. Dalam bahasa Presiden Jokowi dia sebutkan: “Itu yang mau kita, mengangkat brand-nya seperti apa, itu yang mau kita kerjakan. Paling enggak lapangannya ini, anak muda ini biar tahu.”

Selain itu, menurut Jokowi, dua staf khusus milenial itu diharapkan bisa menjangkau masyarakat agar melek keuangan, khususnya dengan dukungan financial technology (fintech).

Dalam blusukan pertama dengan Jokowi penampilan dua staf khusus itu memang menunjukkan mereka sebagai milenial. Putri pakai batik warna cokelat dipadu dengan celana selutut dan memakai sepatu sneaker serta tas selempang. Taufan pakai batik biru dan membawa ransel.

Menurut Jokowi dia mengajak Putri dan Taufan karena memang cocok dengan bidang mereka, sedangkan ke depan akan mengajak staf khusus lain, “Ya, sesuai dengan bidangnya,” kata Jokowi kepada wartawan.

Jokowi mengangkat tujuh milenial yaitu: Andi Taufan Garuda Putra, Ayu Kartika Dewi, Adamas Belva Syah Devara, Gracia Billy Mambrasar, Putri Indahsari Tanjung, Angkie Yudistia, dan Aminuddin Ma’ruf. Mereka akan membantu Jokowi sesuai dengan bidang keahlian mereka.

Karena Mekaar terkait dengan koperasi, maka Jokowi juga mengajak Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung. []

Berita terkait
Bukan Milenial, Profil 8 Staf Khusus Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Maruf Amin juga punya staf khusus, ada 8 orang tapi bukan dari kalangan milenial. Siapa saja mereka? Berikut profilnya.
Tinjau Patimban, Jokowi Ajak Dua Stafsus Milenial
Presiden Jokowi meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Patimbang di Subang dengan mengajak dua staf khusus milenial.
Staf Khusus Presiden Jokowi Bicara Orang yang Meragukan Mereka
Aminuddin mengaku, penolakan itu bisa saja terjadi, apalagi 7 staf khusus presiden ini masuk dalam kalangan milenial.
0
Jejak Kasus Kriminal Eks Petinju Nasional di Padang
Mantan atlet tinju asal Kota Padang, Sumatera Barat, ternyata residivis kasus kriminal yang sudah berulang kali masuk penjara.