UNTUK INDONESIA

Jenis Makanan dan Minuman Bantu Redakan Stres

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan dan minuman pereda stres dan dapat ditambahkan ke diet anda:
Ilustrasi Stress. (Foto: Freepik)

Jakarta - Ada kalanya kita merasakan stress, stress sendiri merupakan reaksi sesorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan.

Stress sering kali dipicu oleh banyaknya tekanan, seperti tekanan batin dan masalah yang terjadi. Selain itu stress juga dapat dipicu oleh penyakit yang diderita.

Tetapi tahukah anda bahwa ada beberapa makanan yang bisa membantu meredakan stress? Jika anda merasa stress, wajar saja bila mencari kesenangan atau kelegaan. Menariknya makanan atau minuman tertentu mungkin mempunyai efek meredakan stress.

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan dan minuman pereda stres dan dapat ditambahkan ke diet anda:

IlustrasiIlustrasi menghilangkan stress. (Foto: roberthalf.com)

1. Matcha

Teh hijau ini populer di kalangan penggemar kesehatan karena kaya akan L-theanine, asam amino non-protein dengan sifat pereda stress.

Matcha merupakan sumber asam amino yang lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya, sebab terbuat dari daun teh hijau yang ditanam di tempat teduh. Proses ini meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine.

2. Ubi Jalar

Ubi Jalar merupakan makan sumber karbohidrat kaya nutrisi utuh yang dapat membantu menurunkan kadar hormone stress kortisol.

Ubi jalar merupakan makanan utuh yang menjadi pilihan karbohidrat yang sangat baik serta dikemas dengan nutrisi penting untuk respons stress, seperti vitamin C dan kalium.

3. Kimchi

Makanan asal Korea Selatan, Kimchi merupakan hidangan sayur fermentasi yang biasanya dibuat dengan kubis, sejenis lobak. Makanan ferementasi seperti kimchi dikemas dengan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik dan kaya vitamin, mineral, dan antioksidan.

Banyak penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen probiotik dan makanan kaya probiotik, seperti kimchi memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental. Hal ini mungkin karena interaksinya dengan bakteri usus anda, yang secara langsung memengaruhi suasana hati anda.

4. Kerang

Kerang yang termasuk kerang dan tiram mengandung asam amino tinggi seperti taurin, yang telah dipelajari untuk potensi sifat menungkatkan mood.Taurin dan asam amino lain dibutuhkan untuk menghasilkan neurotransmiter seperti dopamin yang penting untuk mengatur respon stress.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa taurin mungkin memiliki efek antidepresan. Keran juga mengandung vitamin B12, seng, tembaga, mangan, dan selenium yang semuanya dapat membantu meningkatkan mood.

5. Teh Chamomile

Chamomile merupakan ramuan obat yang sudah digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stress alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti untuk meningkatkan tidur nyenyak dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Selain itu, teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Mengonsumsi teh chamomile secara rutin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Blueberry

Blueberry dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk sebagai peningkat mood. Buah beri ini kaya akan antioksidan flavonoid yang memiliki efek anti-inflamasi dan pelindung saraf yang kuat.

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan kaya flavonoid seperti blueberry dapat melindungi dari depresi dan meningkatkan suasana hati. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Manfaat Menggunakan Tangga Bagi Kesehatan
Menaiki tangga dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar, termasuk pengurangan stres dan kemungkinan mengobati insomnia.
Delapan Manfaat Mandi di Malam Hari
Terdapat beberapa manfaat dari mandi malam, seperti dirangkum Tagar berikut ini.
Pernah Tersentak Saat Tidur? Ini Penjelasannya
Pernah mengalami sentakan atau kaget saat sedang tidur? Kebanyakan orang pasti pernah mengalami hal ini.
0
Deretan 10 Gubernur Terpopuler di Media Online Selama 2020
Anies Baswedan menduduki posisi pertama sebagai gubernur paling banyak masuk berita media online sepanjang tahun 2020. Kedua, Ridwan Kamil.