Jelang Pilkada, Panwascam Wae Rii Manggarai Lantik 60 PTPS

Panwascam Wae Rii Kabupaten Manggarai NTT melantik dan mengambil sumpah 60 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).
Panwascam Wae Rii Manggarai saat lantik 60 PTPS di Aula MCC Ruteng, Minggu 15 November 2020. (Foto: Tagar/Pepi Kurniawan)

Ruteng - Guna menyukseskan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Manggarai pada 9 Desember 2020 mendatang, Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Wae Rii melantik dan mengambil sumpah 60 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Kegiatan pelantikan dilaksanakan di MCC Ruteng, Minggu 15 November 2020 mulai pukul 11.00 Wita.

Pengawas TPS sebagai kaki-kaki Bawaslu, dan juga sebagai garda terdepan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia melakukan supervisi dalam rangka kegiatan pelantikan pengawas TPS di Kecamatan Wae Rii.

Dalam Sambutannya Ketua Bawaslu RI Abhan yang dibaca oleh ketua Bawaslu Manggarai mengatakan, Pengawas TPS  mempunyai  tugas yang mulia  dalam pengawasan pemilihan.

Pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu dalam melaksanakan tugas pengawasan. Keberadaan PTPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara.

Tahapan ini, katanya, adalah tahapan puncak yang harus diawasi secara ketat oleh penyelenggara.

"Pengawas TPS sebagai kaki-kaki Bawaslu, dan juga sebagai garda terdepan, karena itu  Pengawas TPS harus paham tugas dan kewenangannya," ungkap Marselina.

Marselina juga memastikan seluruh PTPS di Kabupaten Manggarai yang dilantik siap menjalankan tugas secara profesional demi mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Sementara Ketua Panwaslu Kecamatan Wae Rii Herry Arso mengatakan, sebagai pengawas harus mengerti tugas dan paham aturan di TPS. Selanjutnya kata dia, semua hal berkaitan dengan tugas wewenang pengawas di TPS nanti akan dituangkan dalam pembekalan dan bimbingan teknis.

"Di Wae Rii ada 60 pengawas TPS Pilkada siap jalankan tugas pengawasan, dengan kontrak tugas selama sebulan penuh mulai 16 November hingga 16 Desember mendatang" katanya.

Setelah pelantikan langsung diadakan pembekalan singkat oleh ketua Bawaslu Manggarai, ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Wae Rii untuk Pengawas TPS, agar mereka memiliki pemahaman untuk segera melaksanakan tugasnya di lapangan. []

Berita terkait
Kemendagri: Harusnya Pemda Manggarai Barat Sediakan PT-PCR
Kemendagri mengatakan, hingga kini Kabupaten Manggarai Barat masih dikategorikan zona kuning, tetapi harusnya sediakan mesin PT-PCR.
Melihat Visi Misi Cakada Kabupaten Manggarai NTT
KPUD Kabupaten Manggarai selenggarakan debat kandidat calon kepala daerah (Cakada) Manggarai di Aula MCC Ruteng. Ini visi misi kedua pasangan calon
Satu Pasien Covid-19 di Manggarai Kabur dari Karantina
Satu pasien positif Covid-19 di Manggarai kabur dari tempat karantina pasien, namun pasien tersebut membantah kalau dia kabur. Ini penjelasannya.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.