UNTUK INDONESIA
Jelang Buka Puasa, Banjir Kepung Ratusan Rumah Abdya
Sejumlah desa di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh terendam banjir.
Seorang ibu-ibu sedang berada di depan rumah dalam kepungan banjir yang sedang naik di Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya, Aceh terendam banjir, Jumat, 22 Mei 2020. (Foto: Tagar/istimewa)

Aceh Barat Daya - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh sejak usai salat jumat hingga malam hari telah membuat sejumlah desa di Kecamatan Manggeng terendam banjir, Jumat, 22 Mei 2020.

Banjir mengepung perumahan warga terjadi beberapa saat menjelang berbuka puasa. Sumber air diprediksi berasal dari luapan air sungai dan luapan got yang tidak mampu menampung debit air hujan yang deras.

Muhammad Ali, warga Manggeng mengaku sempat terkejut saat mengetahui air mulai memasuki ke rumah, sementara saat itu Ia dan keluarga sedang menunggu waktu berbuka puasa. Air perlahan masuk dari pintu-pintu rumah.

Kami berdoa supaya cepat surut, apalagi sebentar lagi mau buka puasa dan lusa sudah lebaran.

"Kami biasa berbuka di lantai pakai tikar, semua makanan dan minuman berbuka di bawah dan untung cepat dinaikin ke meja," kata Ali, Jumat, 22 Mei 2020 di Aceh Barat Daya.

Menurutnya, banjir yang mengepung daerahnya kali ini begitu besar, sebab, rumahnya belum pernah mengalami banjir sebelumnya, namun kali ini ikut terkepung dan membereskan sejumlah benda berharga agar tidak basah.

"Kami berdoa supaya cepat surut, apalagi sebentar lagi mau buka puasa dan lusa sudah lebaran," ujarnya

Dihubungi Tagar, ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Yasri Gusman membenarkan sejumlah desa di Kecamatan Manggeng telah terendam banjir akibat luapan air sungai dan got. "Kedalaman air mulai 1 hingga 2 meter. Ia luapan air sungai," ujar Yasri.

Yasri mengatakan, untuk saat ini pihaknya belum bisa memberikan rincian data rumah yang terdampak, namun desa-desa yang terkepung banjir meliputi seputaran desa pasar Manggeng. "Kalau berada jumlah yang terdampak lagi kami data, kabar terakhir saat ini air sudah mulai surut," ujar Yasri.

Meski demikian, lanjut Yuri, masyarakat diimbaunya untuk tidak panik namun tetap waspada apalagi saat ini hujan belum sepenuhnya reda. "Belum ada yang megungsi, kami doakan cepat surut," katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun Tagar, selain Kecamatan Manggeng, sejumlah kecamatan lain termasuk sejumlah desa di Kecamatan Tangan-tangan juga terkepung banjir. Hingga pukul 19:51 WIB hujan masih mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya. []

Berita terkait
Sebagian Warga Aceh Mulai Salat Id Besok Pagi
Sebagian warga di Kabupaten Nagan Raya, Aceh mulai merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah besok pagi.
Polisi Ikut Buru Pasien Corona yang Kabur di Aceh
Polisi ikut memburu HM, 20 tahun, warga Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, yang dinyatakan reaktif positif mengidap corona.
Kapal Ferry Banda Aceh-Sabang Setop Beroperasi
Jasa penyeberangan, kapal Ferry ASDP Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya akan berhenti beroperasi untuk sementara waktu.
0
Jelang Buka Puasa, Banjir Kepung Ratusan Rumah Abdya
Sejumlah desa di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh terendam banjir.