UNTUK INDONESIA

Jangan Cuci Wajah dengan Sabun di Pagi Hari, Ini Manfaatnya

Pagi hari muka biasanya terlihat lesu dan berminyak. Tetapi tahukah bahwa tidak mencuci wajah dengan sabun justru memiliki manfaat?
Ilustrasi membasuh wajah menggunakan air. (Foto:Tagar/Freepik.com)

Jakarta - Mencuci wajah di pagi hari menjadi kebiasaan sebagian orang setelah bangun tidur. Sebab di pagi hari muka biasanya terlihat lesu dan berminyak. Tetapi tahukah bahwa tidak mencuci wajah dengan sabun justru memiliki manfaat? 

Dilansir dari sociolla salah satu situs kosmetik terpercaya, Arleen Lamba, M.D, pendiri Blus Med Skincare di Maryland, Amerika Serikat pernah mengatakan ketika tidur tubuh kita akan bekerja untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh, perbaikan sel tersebut termasuk kulit kita, dengan cara memproduksi minyak alami untuk menjaga kesehatan kulit, khususnya di area wajah.

Oleh sebab itu minyak yang timbul di pagi hari bukanlah minyak yang buruk, melainkan minyak alami untuk memperbaiki kulit. Sementara jika di pagi hari mencuci muka menggunakan facial wash yang mengandung bahan kimia, dapat menghilangkan kelembaban kulit wajah yang dihasilkan oleh minyak tersebut.

Terkhusus bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, juga disarankan mencuci muka dengan air saja, sebab di dalam kandungan facial wash sendiri mengandung Sodium Lauryl Sulfate yang bisa membuat kulit semakin kering.

Bahkan penggunaan facial wash yang terlalu sering dapat menimbulkan jerawat, produksi minyak berlebih, iritasi dan kemerahan. Karena akan menyebabkan wajah semakin berminyak, padahal sebum sendiri mempunyai fungsi menjaga kelembaban kulit bukan memperbanyak minyak.

Disarankan pula mencuci muka di waktu pagi menggunakan air hangat, karena air hangat diketahui bisa menenangkan serta menghaluskan kulit wajah kalian. Sedangkan air keran mengandung mineral seperti klorin dan magnesium yang bisa menghilangkan kelembaban pada kulit. Bagi kalian yang mempunyai jenis kulit kering, sebaiknya dilanjutkan dengan penggunaan pelembab.

Sementara itu mengenai boleh atau tidaknya penggunaan facial wash di pagi hari tetap disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. []

(Handini Nuramelia)

Baca juga: 

Berita terkait
Tips Kulit Wajah Glowing dan Awet Muda dengan Acai Berry
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 3 manfaat buah acai berry bagi kesehatan kulit wajah.
Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dari jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
8 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Efektif
Ada beberapa cara untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah secara efekti, salah satunya dengan pengobatan alami berikut.
0
Jangan Cuci Wajah dengan Sabun di Pagi Hari, Ini Manfaatnya
Pagi hari muka biasanya terlihat lesu dan berminyak. Tetapi tahukah bahwa tidak mencuci wajah dengan sabun justru memiliki manfaat?