UNTUK INDONESIA

8 Tips Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Insomnia

Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 8 pengobatan rumahan untuk mengatasi insomnia.
Ilustrasi Insomnia. (Foto: Frepik)

Jakarta - Sebagian orang entah itu wanita atau pria, tua atau muda, mengalami insomnia jangka pendek. Gangguan tidur yang umum ini dapat mengakibatkan rasa sulit tidur.

Insomnia yang terus-menerus bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang mendasarinya seperti maag, diabetes, asma, radang sendi, sakit kronis, penyakit tiroid, penyakit kardiovaskular, gangguan muskuloskeletal, penyakit ginjal, kelainan saraf, masalah pernapasan, dan perubahan hormonal yang berhubungan dengan menopause.

Meskipun jumlah waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang bervariasi, kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh jam setiap malam.

Jika pola tidur yang tidak teratur ini memengaruhi kualitas hidup, pengobatan rumahan mungkin dapat membantu.

Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 8 pengobatan rumahan untuk mengatasi insomnia:

Ilustrasi MeditasiIlustrasi Meditasi. (Foto: dainiksaveratimes.com)

1. Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kekebalan, dan mendorong untuk tidur nyenyak. Cara melakukannya cukup duduk dengan tenang, kemudian atur pernapasan menjadi lebih lambat. Amati napas, tubuh, pikiran, perasaan, dan sensasi saat melakukan ini.

Meditasi bisa dilakukan kapan saja dan sesering apa pun. Namun, jika tidak punya banyak waktu, disarankan untuk melakukannya selama 15 menit di pagi atau sore hari. Jika melalui meditasi justru membuat Anda menjadi semakin gelisah, lebih baik untuk hentikan.

2. Mengulang Mantra

Mantra dikatakan dapat membantu jadi lebih fokus dan menghasilkan perasaan rileks dengan menenangkan pikiran, yang mana ini bisa membantu mengurangi insomnia. Anda dapat memilih mantra dalam bahasa Sansekerta, Inggris, dan lain-lain.

Pilih mantra yang menurut Anda menyenangkan dan menenangkan. Ini harus berupa pernyataan yang sederhana dan positif. Mantra yang baik akan membuat Anda untuk terus fokus pada pengulangan suara. Ini memungkinkan Anda untuk rileks dan tidur.

3. Yoga

Yoga terbukti memiliki efek positif pada kualitas tidur. Yoga juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental. Pilih gaya yang lebih berfokus pada meditasi atau latihan pernapasan.

Upayakan untuk melakukan beberapa sesi setiap minggu, dan 20 menit latihan mandiri setiap hari. Melakukan kegiatan ini sebelum tidur dapat membantu Anda untuk rileks dan melepas lelah.

4. Olahraga

Olahraga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini dapat meningkatkan mood, menambah energi, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus melakukan olahraga ringan setidaknya selama 20 menit per hari.

Temukan waktu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan yang memiliki efek paling positif pada tidur Anda. Pertimbangkan kondisi tubuh dan lakukan olahraga yang sesuai.

5. Pijat

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia dengan meningkatkan kualitas tidur dan disfungsi siang hari. Jika pijat profesional bukanlah pilihan, Anda dapat melakukan pijat sendiri.

Meskipun pijat umumnya aman, tanyakan kepada dokter jika memiliki masalah kesehatan khusus yang dapat menghambat manfaatnya.

6. Magnesium

Magnesium adalah mineral alami yang dapat membantu otot rileks dan menghilangkan stres. Ini dianggap mendorong pola tidur yang sehat. Pria dapat mengonsumsi hingga 400 mg setiap hari. Sedangkan wanita dapat mengonsumsi hingga 300 mg setiap hari.

Namun, magnesium memiliki efek samping terhadap masalah perut dan usus. Jadi disarankan untuk konsultasikan dengan dokter untuk hasil terbaik. Selain itu, jangan konsumsi suplemen magnesium secara terus menerus, istirahatlah selama beberapa hari setiap dua minggu.

7. Minyak Lavender

Lavender digunakan untuk meningkatkan mood, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas tidur. Cara menggunakannya bisa dengan konsumsi 20-80 mg lavender per oral setiap hari.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan antara lain menambahkan minyak esensial lavender ke diffuser, menyemprotkannya di bantal, atau pun minum teh lavender.

8. Melatonin

Melatonin dapat membantu tidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Minum 1 hingga 5 mg saat 30 menit hingga dua jam sebelum tidur.

Perlu diperhatikan bahwa Anda harus menggunakan dosis efektif serendah mungkin, karena dosis yang lebih tinggi dapat menyebabkan efek samping seperti depresi, pusing, sakit kepala, keram perut, dan terjaga di malam hari.

Meskipun ada cara rumahan untuk mengatasi insomnia, tetap butuh untuk konsultasi ke dokter apabila gejala berlangsung lebih dari beberapa minggu atau bahkan memburuk. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Manfaat dan Risiko Menghilangkan Bulu dengan Laser
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dan risiko menghilangkan bulu dengan teknologi laser.
Manfaat Positif dan Negatif Jus Seledri untuk Kesehatan
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat positif dan negatif jus seledri untuk kesehatan tubuh.
Empat Jenis Vitamin Terbaik untuk Kesehatan Kulit
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 4 vitamin terbaik untuk kulit.
0
Juwita Bahar Pernah Diet Hingga Mengalami Koma
Juwita Bahar Pernah melakukan Diet untuk mendapat tubuh langsing idamannya hingga Mengalami Koma. Berikut kisah selengkapnya.