UNTUK INDONESIA

8 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Efektif

Ada beberapa cara untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah secara efekti, salah satunya dengan pengobatan alami berikut.
Ilustrasi mengecilkan pori-pori wajah secara alami. (Foto: Tagar/istimewa)

Jakarta – Kulit akan kehilangan elastisitasnya seiring dengan bertambahnya usia sehingga membuat kondisinya semakin parah. Hal ini memicu pori-pori besar pada wajah. Pori-pori atau titik-titik pada permukaan kulit sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka. Tiap folikel ini mengandung kelenjar minyak.

Umumnya pori-pori yang ada di wajah terutama bagian dahi dan hidung cenderung terlihat lebih besar. Pori-pori yang besar ini tidak dapat dihilangkan, tetapi ada beberapa cara untuk membuatnya terlihat lebih kecil, termasuk menjaga kulit tetap kenyal dan mencegah pori-pori tersumbat.

Salah satunya dengan pengobatan rumahan yang mudah didapatkan. Melansir dari laman stylecraze.com, berikut bahan alami untuk membantu mengecilkan pori-pori secara efektif :

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang dapat melembabkan wajah dan membantu mengecilkan pori-pori besar. Ini karena Gel lidah buaya akan membersihkan dan menutrisi kulit serta menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Gunakan gel lidah buaya setiap hari sekali untuk hasil yang maksimal.

Caranya:

1. Oleskan gel lidah buaya pada pori-pori dan pijat selama beberapa menit. Lebih disukai, gunakan gel lidah buaya segar untuk ini.

2. Biarkan gel lidah buaya menempel di kulit Anda selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air dingin.

2. Lemon

Jus lemon menjadi salah satu solusi paling efektif untuk komedo. Ini karena kandungan asam sitrat dalam lemon membantu menghilangkan kotoran kulit, sehingga membantu mengencangkan kulit dan membersihkan pori-pori. Tambahkan lebih banyak air pada jus lemon jika kamu memiliki kulit sensitif.

Caranya:

1. Encerkan jus lemon ke dalam air.

2. Oleskan ke wajah Anda menggunakan bola kapas.

3. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas dengan air.

3. Madu

Madu merupakan Pelembap alami wajah yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena mengandung banyak anti-oksidan dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya :

1.Siapkan 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah.

2.Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Scrub Gula

Gula adalah exfoliant yang biasa digunakan dalam perawatan kulit. Ini karena gula membantu menghilangkan penumpukan sel mati dan kotoran dari pori-pori dan mengurangi ukurannya. Kamu bisa menggunakan scrub ini dua kali seminggu untuk membantu mengecilkan pori-pori di wajah.

Caranya:

1. Campurkan madu dan jus lemon dengan gula merah.

2. Cuci muka dengan air biasa.

3. Sebelum gula mulai meleleh, pijat scrub dengan lembut di daerah yang terkena selama tiga sampai lima menit.

4. Bilas dengan air hangat

5. Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan zat asam, sifat asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel mampu berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda.

Caranya :

1.Campurkan 1 sdm cuka apel dan segelas air.

2.Lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

6. Putih telur

Putih telur mengencangkan kulit, yang membantu. Masker putih telur adalah cara alami yang paling efektif untuk mengecilkan pori-pori yang membesar karena membantu mengenangkan kulit. Putih telur juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Gunakan masker putih telur 2 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Caranya:

1. Ambil putih telur dan campur dengan oatmeal dan jus lemon. Buat pasta yang rata.

2. Oleskan pasta di wajah Anda dan biarkan selama 30 menit.

3. Bilas dengan air dingin.

7. Es Batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami kali ini adalah dengan menggunakan es batu. Es batu bisa digunakan sebagai cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen.

Caranya juga tergolong sangat mudah :

1.Ambil es batu dari freezer.

2.Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan atau handuk wajah.

3.Oleskan pada wajah Anda.

4.Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga kaya akan anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu untuk melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah yang efektif.

Caranya:

1.Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu.

2.Lalu gunakan sebagai masker wajah.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Waspadai, Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah membesar bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya. Sehingga penting untuk mengetahui faktornya agar bisa ditangani.
Penyebab dan Cara Mencegah Pori-pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah membesar sering dikeluhkan oleh wanita karena permasalahan ini bisa memperburuk penampilan. Berikut penyebab dan pencegahannya.
Enam Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Wajah
Banyak cara yang dapat mengatasi persoalan pori-pori di wajah. Berikut ulasannya.
0
8 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Efektif
Ada beberapa cara untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah secara efekti, salah satunya dengan pengobatan alami berikut.