Jalur Terdampak Banjir Telah Normal, KAI Jalankan 8 KA Jarak Jauh

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, memastikan pihaknya telah berhasil menormalkan kembali jalur kereta api yang terdampak banjir.
Perjalanan kereta jarak jauh dari PT KAI Persero Daop 1 Jakarta telah normal setelah jalur terdampak banjir diperbaiki. (Foto: Tagar/KAI Daop 1 Jakarta)

Jakarta - Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, memastikan pihaknya telah berhasil menormalkan kembali jalur kereta api yang terdampak banjir di kawasan antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 s.d Km 53+600. Kini, jalur perjalanan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen telah normal kembali pada Selasa sore, 23 Februari 2021.

"Upaya perbaikan jalur yang dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta untuk menormalkan kembali jalur terdampak banjir di telah selesai dilakukan," kata Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Selasa, 23 Februari 2021.

"Setelah melalui proses ujicoba pada Selasa siang (23/2) jalur rel yang sempat rusak terdampak banjir telah dapat dilalui untuk perjalanan Kereta Api (KA). Dengan kondisi tersebut maka Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali beroperasi untuk melayani pemberangkatan KA Jarak Jauh (JJ) mulai selasa sore," ujar dia.

Saat ini, ada 8 perjalanan KA Jarak jauh yang akan diberangkatkan mulai Selasa sore hingga malam. Ada pun kereta tersebut berasal dari berbagai kelas mulai dari ekonomi dan eksekutif.

Dengan dioperasikannya kembali perjalanan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, maka tiket KA keberangkatan Jakarta telah dapat dilakukan pemesanan melalui jalur online aplikasi KAI access atau agen penjualan tiket retail yang telah bekerjasama.

Penjualan tiket online dapat dilakukan hingga 1 jam sebelum jadwal keberangkatan, sementara untuk pembelian tiket di Stasiun hanya dapat dilakukan untuk tiket goshow 3 Jam sebelum keberangkatan.

Untuk protokol kesehatan pada perjalanan KAJJ calon pengguna yang akan berangkat wajib membawa berkas hasil tes kesehatan terkait Covid 19 melalui pemeriksaan PCR Swab, Genose atau Rapid Antigen dengan masa berlaku 3x24 jam.

Kereta Api

Perjalanan kereta jarak jauh dari PT KAI Persero Daop 1 Jakarta telah normal setelah jalur terdampak banjir diperbaiki. (Foto: Tagar/KAI Daop 1 Jakarta)

Sebelumnya, dampak banjir yang menggenangi jalur rel kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 s.d Km 53+600 mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA karena lapisan batu balas tergerus arus air yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel yg menggantung.

PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu.

Melalui percepatan penanganan dengan mengedepankan keselamatan dan keamanan jalur KA antara Lemah Abang - Kedung Gedeh ditargetkan dapat kembali melayani perjalanan KA hari ini utuk perjalanan KA Sore dan Malam hari.

Berikut Tagar rangkumkan jadwal perjalanan 8 Kereta Api pasca-banjir pada Selasa sore hingga malam, 23 Februari 2021:

Stasiun Gambir

  1. KA 76A Bima (Gambir-Surabaya Gubeng) keberangkatan pukul 17.00 WIB
  2. KA 72A Gajayana (Gambir-Malang) keberangkatan pukul 18.10 WIB
  3. KA 42 Argo Parahyangan (Gambir-Kiaracondong) keberangkatan pukul 18.40 WIB
  4. KA 8A Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan pukul 20.00 WIB
  5. KA 4 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 20.30 WIB

Stasiun Pasar Senen

  1. KA 106 Jayabaya (Pasar Senen-Malang) keberangkatan pukul 16.45 WIB
  2. KA 254 Jayakarta (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) keberangkatan pukul 17.10 WIB
  3. KA Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) keberangkatan pukul 20.35 WIB
Berita terkait
Kata Wagub Ahmad Riza Patria Soal Data Banjir Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah pihaknya menyembunyikan sebagian data banjir di Ibu Kota.
BPBD: Pengungsi Korban Banjir Jakarta Sudah Pulang ke Rumah
BPBD DKI Jakarta menyebut seluruh warga yang mengungsi sebagai korban banjir telah kembali pulang ke rumah masing-masing.
Alhamdulillah, Anies Baswedan Klaim Banjir Surut 100 Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan banjir yang melanda Ibu Kota telah surut 100 persen pada Senin, 22 Februari 2021 dini hari.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.