UNTUK INDONESIA

BPBD: Pengungsi Korban Banjir Jakarta Sudah Pulang ke Rumah

BPBD DKI Jakarta menyebut seluruh warga yang mengungsi sebagai korban banjir telah kembali pulang ke rumah masing-masing.
Petugas BPBD mengevakuasi warga korban banjir di Jakarta. (Foto: Tagar/Anton Raharjo/Anadolu Agency via Getty Images)

Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut seluruh warga yang mengungsi sebagai korban banjir telah kembali pulang ke rumah masing-masing.

Kendati warga sudah pulang ke rumah masing-masing, Pemprov DKI Jakarta masih menyiagakan fasilitas tenda dan kebutuhan pangan bagi warga terdampak selagi pembersihan tempat tinggal berlangsung.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Sabdo Kurnianto, mengatakan bahwa penanganan genangan dan banjir hingga surut dalam waktu 1 hari.

"Hari Senin pukul 03.00  tadi dipastikan 100 persen sudah surut," ucap Sabdo dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 22 Februari 2021.

Ia ingin menyampaikan terima kasih, apresiasi, kepada seluruh jajaran lintas OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, TNI/Polri, PMI, organisasi kemasyarakatan yang terlibat langsung dalam upaya menyelamatkan dan mengurangi beban korban yang terdampak oleh hujan ekstrem pada hari Sabtu, 20 Februari 2021 lalu.

Seperti diketahui, pada Sabtu dini hari, Jabodetabek menerima curah hujan di atas 150 mm/hari. Untuk wilayah Jakarta, kategorinya ekstrem, yakni sampai 226 mm/hari.

Sabdo juga menuturkan bahwa BPBD Provinsi DKI Jakarta telah membuat rekap data penanganan kejadian banjir besar di Jakarta dari tahun ke tahun yang merujuk pada intensitas curah hujan tinggi/ekstrem, seperti yang terjadi pada tahun lalu dengan curah hujan 377mm/hari.

"Data yang ditampilkan adalah data yang merepresentasikan kejadian banjir besar di Jakarta," ucap Sabdo dilansir Antara.

Baca juga: Daftar Link Resmi Pantau Banjir Jakarta via Aplikasi

Diberitakan Tagar sebelumnya, untuk memantau kondisi terkini banjir di DKI Jakarta via internet, pemerintah telah menyiapkan tautan serta aplikasi. Pemprov DKI juga menyiapkan link url bagi warga yang ingin mengetahui data tahunan sebaran banjiri di Ibu Kota.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, menjelaskan sejak awal tahun 2021 ini, DKI Jakarta telah memiliki peta berbasis RT yang memungkinkan masyarakat memantau wilayah tergenang dan luasan area tergenang.

Informasi banjir Jakarta, termasuk penanganan kejadian banjir besar, dapat diakses dalam aplikasi Pantau Banjir atau situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/data-banjir-lintas-tahun.[]

Berita terkait
Alhamdulillah, Anies Baswedan Klaim Banjir Surut 100 Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan banjir yang melanda Ibu Kota telah surut 100 persen pada Senin, 22 Februari 2021 dini hari.
Daftar Link Resmi Pantau Banjir Jakarta via Aplikasi
Untuk memantau kondisi terkini banjir di DKI Jakarta bisa dilakukan via internet atau mengunduh aplikasi pantau banjir. Berikut link resminya.
Innalillahi Wainnalillahi Rojiun Jakarta Banjir Lagi, Salah Siapa?
Jakarta banjir lagi, salah siapa? Mending jadi Lurah tapi kerjanya benar, daripada Lurah mimpi jadi Presiden RI bermodal prestasi amburadul.
0
BPBD: Pengungsi Korban Banjir Jakarta Sudah Pulang ke Rumah
BPBD DKI Jakarta menyebut seluruh warga yang mengungsi sebagai korban banjir telah kembali pulang ke rumah masing-masing.