UNTUK INDONESIA

Alhamdulillah, Anies Baswedan Klaim Banjir Surut 100 Persen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan banjir yang melanda Ibu Kota telah surut 100 persen pada Senin, 22 Februari 2021 dini hari.
Seorang warga mengevakuasi barang-barang yang terendam banjir di kawasan Kemang, Jakarta. (Foto: Tagar/ADEK BERRY/AFP via Getty Images)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan banjir yang melanda Ibu Kota, telah surut 100 persen pada Senin, 22 Februari 2021 dini hari. Kata Anies, petugas berhasil mengalirkan air yang meluap menggunakan pompa setelah diguyur hujan lebat sejak Sabtu, 20 Februari 2021 dini hari.

"Alhamdulillah atas izin Allah, pada hari Minggu, satu hari kemudian 99,9 persen surut, ini terjadi lewat kerja keras seluruh jajaran untuk melakukan pemompaan di tempat-tempat yang terdampak, kemudian hari Senin dini hari jam tiga pagi tadi dipastikan 100 persen sudah surut," kata Anies, Senin, 22 Februari 2021.

Anies Baswedan juga mengklaim dengan surutnya banjir, seluruh kegiatan perekonomian dan pemerintahan di Jakarta dapat berjalan tanpa gangguan.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih pada seluruh jajaran yang bekerja ekstra keras untuk memastikan bahwa semua dampak dari curah hujan ekstrem tersebut bisa dikendalikan," kata Anies.

Lebih lanjut, dia menyebut Pemprov DKI bakal terus siaga menyusul prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca ekstrim di Jakarta dan sekitarnya sampai 24 Februari 2021.

Anies menyebut, jajarannya juga akan meningkatkan kinerja demi mengurangi dampak cuaca ekstrim.

"Inshaallah di pekan-pekan ke depan kita akan tingkatkan kinerjanya, sehingga curah hujan yang turun di kawasan Jabodetabek, khususnya Jakarta bisa menjadi rahmat dan kita kurangi sesedikit mungkin dampaknya bila ada curah hujan yang ekstrem," kata Anies seperti dikutip Antara.

Baca juga: Daftar Link Resmi Pantau Banjir Jakarta via Aplikasi

Diberitakan Tagar sebelumnya, untuk memantau kondisi terkini banjir di DKI Jakarta via internet, pemerintah telah menyiapkan tautan serta aplikasi. Pemprov DKI juga menyiapkan link url bagi warga yang ingin mengetahui data tahunan sebaran banjiri di Ibu Kota.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, menjelaskan sejak awal tahun 2021 ini, DKI Jakarta telah memiliki peta berbasis RT yang memungkinkan masyarakat memantau wilayah tergenang dan luasan area tergenang.

Informasi banjir Jakarta, termasuk penanganan kejadian banjir besar, dapat diakses dalam aplikasi Pantau Banjir atau situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/data-banjir-lintas-tahun.[]

Berita terkait
Daftar Link Resmi Pantau Banjir Jakarta via Aplikasi
Untuk memantau kondisi terkini banjir di DKI Jakarta bisa dilakukan via internet atau mengunduh aplikasi pantau banjir. Berikut link resminya.
Innalillahi Wainnalillahi Rojiun Jakarta Banjir Lagi, Salah Siapa?
Jakarta banjir lagi, salah siapa? Mending jadi Lurah tapi kerjanya benar, daripada Lurah mimpi jadi Presiden RI bermodal prestasi amburadul.
Sawah Tergenang Banjir, Pemkab Kudus Kerahkan 8 Pompa Penyedot
Untuk mengatasi air yang menggenangi sawah akibat banjir, pemda Kudus menerjunkan 8 pompa penyedot air.
0
Alhamdulillah, Anies Baswedan Klaim Banjir Surut 100 Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan banjir yang melanda Ibu Kota telah surut 100 persen pada Senin, 22 Februari 2021 dini hari.