Makassar - PSM Makassar melakoni laga terakhir pekan pertama Liga 1 2019. PSM yang tampil di kandang sendiri menghadapi tim promosi, Semen Padang, berharap bisa meraih kemenangan pertama di pertandingan yang disiarkan Indosiar mulai pukul 20.30 WIB.

PSM sedikit diuntungkan dengan jadwal di pekan awal liga. Tim Juku Eja menjadi tuan rumah di dua laga pertama yang diharapkan bisa mendulang poin maksimal. Pelatih Darije Kalezic optimistis tim mampu memenuhi target yang diawali dengan laga melawan Semen Padang di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Senin 20 Mei 2019. 

Pemain juga menunjukkan kesiapannya. Keberhasilan PSM melaju ke semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC memotivasi pemain juga melanjutkannya di kompetisi domestik. Apalagi semua bisa diturunkan kecuali striker Ferdinand Sinaga yang masih dalam proses pemulihan. 

"Target kami adalah mengamankan dua pertandingan pertama. Kami harus bisa meraih poin penuh. Tim mendukung untuk memenuhi target itu karena pemain dalam kondisi bugar kecuali Ferdinand yang dalam proses pemulihan. Ini membuat saya senang dan optimistis bisa mengalahkan Semen Padang," kata Kalezic. 

Kalezic tidak akan mengubah formasi pemain. Duet bek tengah Abdul Rahman dan Aaron Evans tetap menjadi pilihan pertama. Sedangkan bek kiri dan kanan yang diisi Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat. 

Bila tim menunjukkan performa terbaik, kami bisa meraih tiga poin pertama. Namun kami tak meremehkan mereka

Namun Kalezic kemungkinan menurunkan bek senior Zulkifli Syukur menggantikan Beny. Menurutnya Zulkifli menunjukkan perkembangan bagus sehingga bisa diberi kesempatan menjadi starter.

"Saya masih akan melihat perkembangan terakhir Zulkifli. Saat melawan Lao Toyota, dia sudah tampil 70 menit. Saya puas dengan penampilannya," ujarnya.

Lini tengah akan menjadi kekuatan penting PSM karena dihuni gelandang terbaik, Wiljan Pluim, Rizky Pellu dan Marc Klok. Sedangkan dua pemain sayap M Rahmad dan Zulham Zamrun akan menopang pergerakan striker jangkung Eero Markkanen.

"Bila tim menunjukkan performa terbaik, kami bisa meraih tiga poin pertama. Namun kami tak meremehkan mereka," tukasnya. 

Sementara, pelatih SP Syafriyanto Rusli mengakui bila PSM memiliki keunggulan di lini tengah. Pasalnya, sektor itu dihuni deretan gelandang berkualitas. Ini yang akan diantisipasi SP bagaimana mengimbangi lini tersebut. 

"Kekuatan mereka terletak di lini tengah meski kami tak mengabaikan yang lain. Saya sudah merancang taktik untuk meredam mereka. Saya berharap apa yang dipersiapkan berjalan sesuai harapan," ujar Syafriyanto. []

Baca juga: