Indonesia
Jadwal dan Kelelahan Persebaya Jelang Lawan PSM
Persebaya Surabaya menjalani jadwal pertandingan Liga 1 yang padat saat menghadapi tuan rumah PSM Makassar, Rabu, 17 Juli 2019.
Persebaya Surabaya menjalani jadwal pertandingan Liga 1 yang padat saat menghadapi tuan rumah PSM Makassar, Rabu, 17 Juli 2019. Persebaya saat latihan menjelang laga melawan PSM yang digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - Persebaya Surabaya melakoni jadwal kompetisi Shopee Liga 1 yang terhitung padat. Usai melakoni laga tandang melawan PSS Sleman, mereka sudah harus terbang ke Makassar untuk menghadapi tuan rumah PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Rabu, 17 Juli 2019. 

Persebaya menelan kekalahan 1-2 dari PSS, Sabtu, 13 Juli 2019. Hanya berselang empat hari, tim Bajul Ijo sudah harus menghadapi PSM. Pemain pun mengalami kelelahan karena dalam satu bulan ini, mereka bertanding setiap empat hari sekali. 

Namun, kondisi kelelahan memang tidak ingin dijadikan alasan oleh pelatih Persebaya Djadjang Nurjaman untuk tidak maksimal dalam laga di Makassar. Dirinya tegaskan Persebaya harus bisa meraih poin di pertandingan tandang. Bila gagal, posisi Persebaya akan melorot mengingat persaingan di papan atas dan tengah di klasemen yang kian ketat. 

Ini akan menjadi laga yang tidak mudah karena PSM adalah salah satu tim yang sulit dikalahkan di kandang sendiri. Kami tidak terbebani di laga ini

Djajang memanfaatkan waktu yang cukup sempit untuk mempersiapkan tim di laga tandang ini. Bahkan dia tegaskan tim sudah melupakan kekalahan di Sleman. Menurutnya Persebaya sudah fokus menghadapi PSM yang sulit dikalahkan bila bermain di kandang sendiri. 

"Kami termotivasi untuk bangkit dan melupakan kekalahan. Kami juga tidak boleh menyerah dengan keadaan. Kini, kami sepenuhnya fokus mempersiapkan diri menghadapi PSM," kata Djadjang. 

"Ini akan menjadi laga yang tidak mudah karena PSM adalah salah satu tim yang sulit dikalahkan di kandang sendiri. Kami tidak terbebani di laga ini," ujar eks pelatih Persib Bandung yang akrab disapa Djanur ini. 

Persoalannya, Djanur tidak bisa menurunkan skuat terbaik karena absennya bek Hansamu Yama dan kapten Ruben Sanadi. Namun striker Amido Balde yang tidak bisa dimainkan saat melawan PSS berpeluang tampil karena sudah pulih dari sakitnya. 

Hansamu sendiri masih dalam proses pemulihan akibat cedera punggung yang dialaminya. Bek tim nasional ini sudah absen di tiga pertandingan sebelumnya. Sementara Ruben terpaksa absen karena mengalami cedera bagian dada di pertandingan melawan PSS. 

"Kami tidak boleh menyerah meski menghadapi lawan yang cukup superior. Bagaimana pun kami harus fight karena kami datang untuk bawa pulang poin," kata dia. 

Persebaya belum bisa memperbaiki posisinya setelah mengalami kekalahan dari PSS di laga terakhir. Saat ini, mereka menduduki peringkat empat dengan poin 12. Bila mengalami kekalahan, posisi Persebaya bakal digeser PSM. Meski saat ini menduduki peringkat 10, namun PSM hanya terpaut dua poin dari Persebaya. 

PSM juga baru melakoni lima pertandingan. Sebaliknya Persebaya sudah menyelesaikan delapan pertandingan liga. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Daftar 100 Universitas Terbaik Indonesia 2019
Kemenristekdikti telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019. Lihat 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia