UNTUK INDONESIA
Jacksen Akui Persipura Kesulitan Taklukkan PSM
Pelatih Jacksen F. Tiago mengakui Persipura Jayapura mengalami kesulitan meski mengalahkan PSM Makassar 3-1 di Sidoarjo, Jumat 27 September 2019.
Persipura Jayapura mengalami kesulitan sebelum mengalahkan PSM Makassar 3-1 di pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat 27 September 2019. Tampak pemain Persipura merayakan gol di laga tersebut. (Foto: ANTARA/Umarul Faruq)

Jakarta - Persipura Jayapura akhirnya meraih kemenangan di laga 'kandang' Shopee Liga 1 2019. Menang menang 3-1, namun pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengakui timnya kesulitan menaklukkan PSM Makassar dalam duel di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat 27 September 2019.

Persipura harus bekerja keras sebelum meraih tiga poin. Bahkan mereka nyaris bermain imbang di pertandingan yang digelar di Sidoarjo karena Persipura belum bisa menggunakan Stadion Mandala, Jayapura

Jacksen menuturkan tak mudah mencetak tiga gol ke gawang PSM. Menurutnya ini laga yang berat karena tim Mutiara Hitam baru bisa mencetak gol kemenangan menjelang akhir laga. 

Sangat bersyukur kepada Tuhan karena kami bisa meraih tiga poin. Meski pemain harus bekerja keras, kami mampu memenuhi target. Kemenangan ini untuk masyarakat Papua

"Ini laga yang berat. Tak mudah mengalahkan PSM. Jadi saya merasa puas bisa memenangkannya," ujar Jacksen. 

Di laga itu, Persipura sesungguhnya mengawali dengan baik. Mereka berhasil unggul gol yang dicetak Gunansar Mandowen pada menit 15. Skor 1-0 bertahan sampai menjelang akhir pertandingan. 

Namun saat Persipura diperkirakan unggul tipis, pemain anyar PSM Ezra Walian sukses menjebol gawang lawan sekaligus menyamakan skor menjadi 1-1. Gol pemain naturalisasi yang sebelumnya bermain di Belanda ini tercipta di menit 83. 

Beruntung, Persipura merespon dengan cepat lewat brace Titus Bonai. Diawali gol pertamanya yang tercipta hanya satu menit setelah gol Ezra. Selanjutnya, dia memantapkan keunggulan Persipura di injury time. Laga pun ditutup dengan skor 3-1. 

"Sangat bersyukur kepada Tuhan karena kami bisa meraih tiga poin. Meski pemain harus bekerja keras, kami mampu memenuhi target. Kemenangan ini untuk masyarakat Papua," ujar Jacksen.

Penampilan Tim Lebih Baik

Menurut Jacksen penampilan tim juga lebih baik dibandingkan saat dikalahkan Persib Bandung 1-3 di Sidoarjo, Senin 23 September 2019. Di laga ini, Persipura sepenuhnya menguasai permainan dan PSM sangat jarang mengancam pertahanan mereka. 

"Kami bermain bagus dan menguasai permainan. PSM yang memiliki lini depan yang bagus dan agresif hampir tidak ada kesempatan mengancam pertahanan kami. Penampilan tim berbeda saat melawan Persib," ujarnya lagi.

Pelatih asal Brasil ini secara khusus memberi apresiasi kepada dua pilar, Muhammad Tahir dan Ibrahim Conteh, yang absen di laga sebelumnya. Mereka memberi kontribusi besar bagi kemenangan tim.

"Kami tidak boleh lupa hadirnya Tahir dan Conteh bisa membawa stabilitas permainan kita menjadi lebih baik lagi," katanya lagi. 

Kemenangan atas PSM menjadikan Persipura memperbaiki peringkat di klasemen sementara. Kini, mereka naik ke posisi enam dengan poin 30. Karena baru menyelesaikan 19 pertandingan, Persipura berpeluang naik peringkat. 

Sementara, PSM tertahan di peringkat sembilan dengan poin 17. Hanya mereka baru menuntaskan 18 pertandingan. []

Berita Terkait: 

Berita terkait
Liga 1: Persipura Jayapura 3 - 1 PSM Makassar
Laga lanjutan Liga 1 antara Persipura Jayapura dengan PSM Makassar di Sidoarjo berakhir dengan skor 3-1
Persipura, Bukan Lawan Mudah PSM Makassar
Persipura Jayapura menjadi lawan tak mudah PSM Makassar meski tim Mutiara Hitam menjamu mereka di Sidoarjo, Jumat 27 September 2019.
Persipura Tetap Optimistis Ladeni Persib di Sidoarjo
Persipura Jayapura optimistis meladeni Persib Bandung meski bermain di luar Jayapura. Mereka menjamu Persib di Sidoarjo, Senin, 23 September 2019.
0
Berkah Corona Bagi Produsen Jamu di Banyuwangi
Sejak munculnya virus corona, produsen jamu di Banyuwangi membuat penjualan mengalami peningkatan hingga 300 persen.