Italia dan Jerman Berebut Unggulan di Kualifikasi PD 2022

Italia bersaing dengan Jerman dan Belanda untuk menjadi unggulan di undian kualifikasi Piala Dunia 2022. Penentuannya di laga UEFA Nations League.
Italia bersaing dengan Jerman dan Belanda menjadi unggulan di undian kualifikasi Piala Dunia 2022. Tampak pemain Italia merayakan gol di laga uji coba melawan Estonia, Kamis, 12 November 2020 dini hari WIB. (Foto: Tagar/Twitter/azzurri)

Jakarta - Tim nasional Italia bersaing dengan Jerman dan Belanda untuk menjadi unggulan di undian kualifikasi Piala Dunia 2022. Penentuannya di laga UEFA National League saat Italia menghadapi Polandia dan Bosnia-Herzegovina. 

Sebuah ironi memang bila juara dunia 4 kali seperti Italia dan Jerman harus berebut tempat untuk menjadi salah satu unggulan di undian kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Selain 2 raksasa sepak bola Eropa itu, ada Belanda yang pernah menjadi juara EURO 1988, Denmark yang memenangi EURO 1992, Swiss, dan Polandia. Ada 6 tim yang merebut satu slot terakhir menjadi tim unggulan. 

Penampilan yang bagus. Semua pemain menjalankan instruksi [asisten pelatih Alberigo] Evani yang menjadi pengganti saya

Lalu 6 timnas yang sudah berstatus unggulan? Ternyata dihuni tim-tim seperti Spanyol, Prancis dan juara bertahan Nations League, Portugal. Namun tim-tim yang nirjuara turnamen besar seperti Belgia dan Kroasia ternyata turut menjadi unggulan di undian kualifikasi. Selain itu ada Inggris yang hanya sekali meraih sukses saat menjadi juara di Piala Dunia 1966.  

Menjadi tim unggulan memang menguntungkan. Paling tidak, mereka akan bertemu lawan-lawan ringan di babak kualifikasi. Ini bisa lebih memudahkan langkah tim lolos ke putaran final di Qatar.

Namun demi mendapatkan status itu, Italia harus bersaing ketat dengan Jerman dan Belanda demi merebut satu slot unggulan. Dan harapan itu diapungkan pada 2 laga Nations League. 

Menariknya, Gli Azzurri tidak hanya bersaing dengan Belanda dan Polandia mendapatkan slot unggulan tetapi mereka berada di grup sama di Nations League. 

Italia Hadapi Polandia dan Bosnia

Tim asuhan Roberto Mancini ini akan menjamu Polandia di Stadion MAPEI, Senin, 16 November 2020 dini hari WIB. Selanjutnya, Italia bertemu tuan rumah Bosnia-Herzegovina, Kamis, 19 November 2020 dini hari WIB. 

Ini menjadi 2 laga penting yang harus dimenangkan Italia. Pasalnya mereka baru mendapat jaminan menjadi unggulan bila memenangkan salah satu dari laga itu atau bermain imbang pada semua laga tersebut. 

Italia memiliki modal bagus melakoni laga di Nations League setelah menghajar Estonia 4-0. Di laga itu, pelatih Mancini yang tak bisa mendampingi tim karena terpapar Covid-19 melakukan eksperimen. 

Mantan pelatih Manchester City ini menurunkan semua pemain cadangan dan bintang muda seperti Sandro Tonali dan Alessandro Bastoni. Performa mereka yang selama ini jarang mendapat kesempatan bermain pun memuaskan Mancini. 

Baca juga: 

Gagal Kalahkan Belanda, Kiper Italia Punya Target Baru

Tak Ada Immobile, Italia Tak Berdaya Bobol Gawang Polandia

"Penampilan yang bagus. Semua pemain menjalankan instruksi [asisten pelatih Alberigo] Evani yang menjadi pengganti saya. Tentu saya berterima kasih kepada dia," demikian tulis Mancini yang diunggah di akun Instagram saat menanggapi kemenangan Italia. 

Menurut La Gazzetta dello Sport, Mancini kemungkinan kembali absen mendampingi tim. Pasalnya dia belum sembuh dari Covid-19 dan hampir setiap hari menjalani tes swab. Meski hasil tes terakhir dinyatakan negatif, namun Mancini ingin memastikan dengan kembali menjalani tes berikutnya. []

Berita terkait
Menangkan Azzurri di Uji Coba, Grifo: Saya 100 Persen Italia
Tim eksperimen Italia menunjukkan permainan terbaik saat mengalahkan Estonia di pertandingan uji coba. Di laga itu, Vincenzo Grifo mencetak brace.
Jadwal Laga Uji Coba: Wajah Baru Italia, Belanda Vs Spanyol
Italia tampil dengan wajah baru saat uji coba lawan Estonia. Kapten Spanyol Sergio Ramos bakal samai rekor kiper Gianluigi Buffon bila dimainkan.
Mancini Tak Masalah Italia Disebut Tak Konsisten
Pelatih Roberto Mancini tak mempermasalahkan tim Italia tak konsisten meski menang besar atas Liechtenstein di kualifikasi EURO 2020.
0
Firli Bahuri Minta Pegawai KPK Komitmen Perangi Korupsi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meninta semua pegawai yang baru dilantik untuk memerangi tindakan korupsi di negeri ini.