Tak Ada Immobile, Italia Tak Berdaya Bobol Gawang Polandia

Italia tak berdaya membobol gawang Polandia di laga UEFA Nations League. Tanpa Ciro Immobile, Italia kesulitan mencetak gol di laga itu.
Italia ditahan Polandia 0-0 di pertandingan UEFA Nations League di Stadion Gdansk, Senin, 12 Oktober 2020 dini hari WIB. Tampak kapten Italia Leonardo Bonucci (kiri) membayangi striker Polandia Robert Lewandowski (kanan) di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/EURO2020)

Jakarta - Italia tak berdaya membobol gawang Polandia di pertandingan UEFA Nations League. Italia yang tak menurunkan striker andalan Ciro Immobile hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan tuan rumah Polandia di pertandingan Liga A Grup 1 di Stadion Energa Gdansk, Senin, 12 Oktober 2020 dini hari WIB. 

Italia mempertahankan rekor tak terkalahkan. Bahkan juara dunia 4 kali ini tidak pernah kalah selama 17 pertandingan sebelumnya.

Namun, mereka masih menghadapi problem di lini depan. Italia tetap kesulitan mencetak gol. Tim asuhan Roberto Mancini ini sepertinya hanya hebat di laga uji coba seperti saat membantai Moldova 6-0. Sebaliknya, mereka kemudian melempem di pertandingan resmi. 

Terlepas dari hasil yang mengecewakan, penampilan tim sesungguhnya sudah bagus

Para pemain yang mencetak gol di laga uji coba itu tak ada yang menjadi starter. Bahkan pencetak 2 gol Stephan El Shaarawy tak masuk skuat. Sedangkan Francesco Caputo dan Domenico Berardi hanya dimainkan selama 7 menit terakhir  

Minimnya produktivitas gol di ajang sepak bola menjadikan Italia hanya mampu mencetak 2 gol di ajang Nations League. Mereka ditahan Bosnia-Herzegovina 1-1 dan kemudian menang 1-0 atas Belanda. 

Meski demikian, Gli Azzurri bisa bertengger di puncak klasemen Grup 1. Mereka mengantongi poin 5. Unggul satu poin dari Belanda dan Polandia. 

Mancini Pilih Belotti Ketimbang Immobile

Di pertandingan itu, Mancini memilih membangkucadangkan Immobile. Penyerang Lazio yang musim lalu menjadi top skor Serie A Italia dan Eropa ini memang belum menunjukkan ketajamannya. Musim ini di kompetisi domestik, Immobile baru sekali membobol gawang lawan.

Sebaliknya, Mancini menurunkan striker Andrea Belotti sebagai ujung tombak tunggal. Dia ditopang Federico Chiesa dan Lorenzo Pellegrini di sayap. 

"Menurut saya keputusan ini sudah tepat. Belotti bermain bagus. Kami menjalani 3 pertandingan dan menurunkan 3 striker," kata Mancini saat memberi alasan menurunkan Belotti seperti dikutip Football Italia.  

Di sektor belakang, bek Giorgio Chiellini kembali absen karena lutut kanannya bermasalah. Tandem dia di Juventus Leonardo Bonucci pun diduetkan dengan Francesco Acerbi. 

Sementara, Polandia kembali mengandalkan striker Robert Lewandowski. Sedangkan striker Napoli Arkadiusz Milik duduk di bangku cadangan bersama Krzysztof Piatek, eks AC Milan yang kini bermain di Hertha Berlin. 

Tampil di kandang lawan, Italia mampu menunjukkan dominasi sepanjang babak pertama. Bahkan di menit-menit awal, Chiesa nyaris mencetak gol setelah menerima umpan silang Belotti. Namun peluang bagus itu gagal dikonversi menjadi gol. 

Polandia sempat mengancam pertahanan Italia lewat Lewandowski. Hanya sepakan striker Bayern Munich ini bisa diblok Emerson. Begitu pula tendangan menyilang Jakup Moder secara gemilang digagalkan kiper Gianluigi Donnarumma. 

Sundulan Emerson yang menerima umpan silang Chiesa menjadi peluang terakhir Italia di babak pertama. Peluang itu pun gagal membuahkan gol. 

Lemahnya lini depan dan tidak ada kreativitas di tengah menjadikan Italia mandul. Situasi sama terjadi di babak ke-2. Meski menciptakan banyak peluang, namun tidak ada yang membuahkan gol. 

Emerson paling tidak mendapat 3 peluang bagus di babak ke-2 ini. Namun gelandang Chelsea ini gagal memanfaatkannya. Termasuk saat mendapat umpan panjang dari Marco Verratti. Peluang itu tak bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Italia sesungguhnya berpeluang mendapat hadiah penalti setelah Emerson dijatuhkan Tomasz Kedziora di area terlarang. Namun wasit membiarkan insiden itu. Pemain Italia juga tidak mengajukan protes meski bisa mendesak wasit memakai VAR untuk meninjau insiden itu. Sampai akhir pertandingan skor tetap 0-0 untuk ke-2 tim. 

"Terlepas dari hasil yang mengecewakan, penampilan tim sesungguhnya sudah bagus," kata Mancini usai pertandingan. "Tim bermain menyerang dan kami menciptakan peluang. Kami seharusnya mencetak minimal satu atau 2 gol di babak pertama. Meski demikian, saya tak masalah bila pemain gagal memanfaatkan peluang," ujar dia lagi. 

Usai laga ini, Italia menghadapi Belanda, 15 Oktober 2020. Di laga pertama, Italia menang atas rivalnya. []

Berita terkait
Italia Vs Moldova, Rekor Caputo dan Sinar El Shaarawy
Italia mencetak kemenangan besar atas Moldova di laga uji coba. Striker Francesco Caputo menjadi pemain tertua ke-2 yang mencetak gol bagi Italia.
Lawan Polandia dan Belanda, Italia Target Perbaiki Ranking
Italia menargetkan naik peringkat FIFA saat jalani uji coba dan laga di Nations League. Pelatih Roberto Mancini berharap Italia naik ke posisi 8.
Taklukkan Belanda, Barella Bawa Italia ke Puncak
Italia meraih kemenangan pertama di UEFA Nations League setelah menaklukkan Belanda. Kemenangan lewat gol Nicolo Barella membawa Italia ke puncak.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.