UNTUK INDONESIA
Istri di Makassar Nikahkan Suaminya dengan Wanita Lain
Seorang istri di Makassar menyebarkan undangan di media sosial, dimana dia rela menikahkan suaminya dengan wanita lain. Begini kisahnya.
Suasana pernikahan Sulmankar yang berlangsung 26 Oktober lalu. (Foto: Facebook Sulmankan Sulmar)

Makassar - Jagat maya di Kota Makassar dihebohkan oleh sebuah pesan berantai yang menampilkan foto undangan pernikahan dimana seorang istri menikahkan suaminya dengan wanita lain atas restunya sendiri. Undangan pernikahan itu berlangsung pada 26 Oktober 2019 lalu.

Foto undangan tersebut ramai dan banyak dibagikan hingga hari ini, Senin 28 Oktober. Dari foto undangan yang beredar, diketahui sang istri yang mengundang tersebut bernama Kasmiati Sulmankar, seorang guru di salah satu SMA di Makassar.

“Dengan memohon Rahmat dan Ridha Allah Swt, kami mengundang bapak/ibu, sdr (i) utuk ikut serta menyaksikan dan mendoakan acara ijab qabul pernikahan suami kami yang tercinta,” tulis undangan dimana Hj Kasmiati Sulmankar S.Pd turut mengundang.

Saya tau ini berat, berat bagi adik, berat bagi suamimu, berat pula bagi adik madumu. Tapi ibadah memang berat, ibadah memang memerlukan perjuangan.

Dalam undangan pernikahan itu tercantum juga nama sang suami, yakni Drs Sulmankar MM, seorang Pengawas Dinas Pendidikan Pemprov Sulsel yang akan menikah dengan Masnidar. Pernikahan Sulmankar tersebut berlangsung di Grand Town Makassar, Jl Pengayoman.

Sepupu Sulmankar, Sudirman Hafied mengabarkan melalui media sosial, menuliskan ada alasan mulia di balik keinginan Kasmiati yang mengizinkan sang suami untuk berpoligami, dan juga bukan kali ini saja meminta suaminya untuk menikah tapi sudah sejak belasan tahun lalu Kasmiati meminta suaminya untuk menikah lagi.

Kata Sudirman Hafied, sekira lima tahun lalu, Kasmiati mengalami sakit stroke. Desakan untuk meminta sang suami berpoligami pun semakin kuat.

“Saya tau ini berat, berat bagi adik, berat bagi suamimu, berat pula bagi adik madumu. Tapi ibadah memang berat, ibadah memang memerlukan perjuangan. Kakak percaya kalian adalah pejuang-pejuan syariat. Kakak yakin Allah akan memberi pahala yang setimpal atas perjuangan kalian,” tulis Sudirman Hafied yang menyampaikan terima kasih, Senin 28 Oktober 2019.

Menurut Sudirman, keinginan Kasmiati yang meminta sang suami untuk menikah lagi karena alasan agama.

Kasmiati Sedang Dirawat

Saat pernikahan berlangsung pada Sabtu 26 Oktober lalu, Kasmiati yang merupakan istri pertama, sedang terbaring di rumah sakit.

Adik Kasmiati, Zulfa Kadari menyebutkan, kakaknya sedang di rumah sakit dan tidak berdaya setelah operasi.

“Mohon doanya supaya dia bisa kuat dalam menjalani sakitnya kodong,” tulis dia. []

Baca juga:

Berita terkait
Bos PSM Kembali Maju di Pilkada Makassar 2020
CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin kembali akan mencalonkan sebagai Wali kota Makassar pada pemilihan kepala daerah 2020 mendatang.
Rayakan Sumpah Pemuda Dengan Pakaian Adat di Makassar
Sejumlah civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti kegiatan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan pakaian adat.
Nadiem Mendikbud, Akademisi Makassar Sebut Terobosan
Terpilihnya Nadiem Makarim yang juga bos Gojek sebagai Mendikbud, menurut akademisi Makassar merupakan sebuah terobosan
0
Gigi Hadid Positif Hamil, Ibunda Buka Suara
Ibunda Gigi Hadid, Yolanda Hadid, membenarkan bahwa putrinya itu memang tengah hamil muda.