UNTUK INDONESIA

Integritas dan Loyalitas Listyo Sigit di Polri Telah Teruji

Listyo Sigit Prabowo disebut secara integritas dan loyalitas telah teruji dan digadang sebagai sosok yang kuat menggantikan Idham Azis.
Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo disebut secara integritas dan loyalitas telah teruji dan digadang sebagai sosok yang kuat menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan pensisun dari jabatannya sebagai Kapolri pada Februari 2021 nanti.

Direktur Eksekutif Etos Indonesian Institute, Iskandarsyah menyampaikan bahwa Listyo secara integritas dan loyalitas telah teruji. Ia juga menyebut bahwa Listyo mempunyai track record yang bagus.

“Sejauh ini saya melihat Pak Sigit punya portfolio dan track record yang sangat bagus dan sangat baik. Secara integritas dan loyalitas beliau sudah teruji,” ujarnya ketika menghadiri diskusi virtual ‘Sustainable Polri’ yang diadakan oleh Jaringan Aktivis Muslim Indonesia (JAMMI) pada Rabu, 30 Desember 2020 lalu.

Banyak sekali yang membicarakan sosok Listyo Sigit Prabowo yang sudah lama bersama Pak Presiden.

Baca juga: Pencarian Korban Sriwijaya SJ 182 Diperluas, 53 Kapal Dikerahkan

Iskandarsyah menyampaikan bahwa nama Listyo mulai meroket ketika dirinya menjabat sebagai ajudan Presiden Joko Widodo sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta sampai menjadi Presiden Republik Indonesia.

“Banyak sekali yang membicarakan sosok Listyo Sigit Prabowo yang sudah lama bersama Pak Presiden. Mulai dari Solo, menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta, dan orang nomor satu di Republik Indonesia. Sebenarnya Pak Sigit yang lebih bertemu chemistrynya dengan Pak Presiden,” tuturnya.

Namun, ia juga menyampaikan hal tersebut menjadi hak perogratif Presiden Jokowi sebagai pemimpin negara dalam menetapkan siapa yang cocok menggantikan sosok Idham Azis menjadi Kapolri.

“Tetapi, kembali lagi sebenarnya ini hak perogratif Presiden Jokowi. Presiden nyaman dengan siapa? Chemistry cocok dengan siapa?” ujarnya.

Baca juga: Keluarga Tak Tahu Diego Jadi Co Pilot Sriwijaya Air

Menurutnya dari seluruh nama calon kapolri, memiliki kekuatan dan potensi yang baik dan unggul dalam memipin institusi polri kedepannya.

“Dalam hal ini saya melihat semua calon punya kekuatan dan punya potensi untuk memimpin institusi kepolisian,” tuturnya. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Berita terkait
Pesan Bermakna dari Foto Profil Kapten Pilot Sriwijaya Air
Kapten Afwan, merupakan pilot pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang mengalami kecelakaan. Berikut pesannya yang bermakna dan dikenang kawan-kawannya.
Kesaksian Warga Pulau Lancang saat Pesawat Sriwijaya Air Jatuh
Berikut kesaksian warga yang melihat pesawat Sriwijaya Air jatuh di laut pulau 1000.
Serpihan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang Hilang Kontak
Temuan serpihan pesawat dan barang di perairan Teluk Jakarta yang diduga dari pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak
0
Telkomsel Dukung Komunikasi Tim Evakuasi Sriwijaya Air SJ182
Telkomsel memastikan kelancaran komunikasi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat proses evakuasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.