Banyak yang Tak Tahu, Ini Khasiat Kunyit untuk Kesehatan

Sejak zaman dulu kunyit sudah dikenal sebagai salah satu tanaman rimpang yang kaya akan manfaat. berikut khasiat kunyit bagi kesehatan.
Ilustrasi – Air kunyit. (Foto: Tagar/Pexels/Ksenia Chernaya)

Jakarta – Sejak zaman dulu kunyit sudah dikenal sebagai salah satu tanaman rimpang yang kaya akan manfaat. Rimpang kunyit mengandung senyawa kurkuminioid yang terdiri atas kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, dan zat-zat lainnya. 

Dari kandungan-kandungan yang terkandung itulah tamanan satu ini mampu menghasilkan bermacam manfaat. Salah satu manfaat yang terkenal dari tanaman rempah ini adalah sebagai obat-obatan.

Tanaman ini telah dikenal dan digunakan sejak lama sebagai bakan baku obat tradisional. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin yang berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh. 

Selain berguna untuk meringankan gejala kram dan sindrom pramenstruasi (PMS) bagi wanita, kunyit memiliki bermacam manfaat lain yang dapat dirasakan. Berikut 5 khasiat kunyit bagi kesehatan tubuh.


1. Meringankan gangguan pencernaan

Kunyit mengandung kandungan senyawa yang dapat mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan seperti mengurangi gas dalam perut, meredakan rasa nyeri dari Irritable Bowel Syndrom (IBS), hingga meringankan diare. 

Kurkumin pada kunyit akan bekerja dengan merangsang empedu tersebut bekerja untuk lebih optimal sehingga pencernaan dapat berjalan lebih lancar.


2. Mencegah penyakit jantung

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti oksidan yang dapat memerangi radikal bebas. Selain itu, kurkumin sebagai bahan utama yang aktif dalam rimpang ini juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah hingga memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker di leher dan kepala.


3. Meningkatkan imunitas tubuh

Mengonsumsi kunyit dipercaya dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh seseorang. Dalam penelitian di jurnal PLOS ONE (Public Library of Science), kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.


4. Meredakan rasa gatal dan alergi

Selain dapat mengatasi masalah kulit karena mengandung senyawa anti-inflamasi yang kuat dan akti-bakteri, kurkumin dalam kunyit juga memiliki sifat antihistamin alami yang dapat mengurangi reaksi alergi serta mampu membatasi pelepasan histamin dalam darah. 

Tanaman satu ini bisa digunakan sebagai obat tradisional dari bermacam gangguan kulit, seperti gatal, alergi, eksim, penuaan dini, jerawat, dan psoriasis.

5. Membantu mencegah dan mengontrol gula darah

Memiliki peranan sebagai anti kanker, anti bakteri dan anti inflamasi, kunyit ternyata juga mampu membantu mencegah dan mengontrol produksi insulin dan mengurangi risiko resistensi insulin yang merupakan salah satu faktor penyebab diabetes tipe 2.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
6 Manfaat Mint untuk Kesehatan Tubuh
Daun mint juga aman dikonsumsi secara berkepanjangan dan tidak memiliki efek samping serius yang dapat dialami oleh orang yang mengonsumsinya.
4 Manfaat Mengurangi Konsumsi Daging untuk Kesehatan Tubuh
Banyak orang yang tidak mengkonsumsi daging dan lebih memilih menjadi vegetarian
Ragam Manfaat Moringa atau Daun Kelor untuk Kesehatan Kulit
Moringa atau daun kelor sering dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit
0
Banyak yang Tak Tahu, Ini Khasiat Kunyit untuk Kesehatan
Sejak zaman dulu kunyit sudah dikenal sebagai salah satu tanaman rimpang yang kaya akan manfaat. berikut khasiat kunyit bagi kesehatan.