Inilah Destinasi Wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Mengunjungi tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari rumah merupakan salah satu cara sebagian orang untuk mengistirahatkan pikirannya.
Curug Ngumpet. (Foto: Tagar/reddoorz)

Jakarta – Refreshing sangatlah diperlukan di tengah penatnya aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Setiap orang tentunya mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mengistirahatkan dirinya, salah satunya adalah dengan berwisata.

Mengunjungi tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari rumah merupakan salah satu cara sebagian orang untuk mengistirahatkan pikirannya. Sukabumi merupakan salah satu destinasi bagi masyarakat Jabodetabek yang hendak berlibur karena memiliki berbagai macam destinasi wisatanya.

Salah satu destinasi wisata yang terkenal dari daerah Sukabumi adalah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Taman nasional ini sendiri berlokasi di selatan pulau jawa atau lebih tepatnya di Jl. Raya Cipanas, Malasari, Kabandungan, Sukabumi Regency.

Area seluas 400 Km2 ini menyuguhkan ekosistem berupa hutan hujan dataran rendah, hutan pegunungan rendah, dan hutan pegunungan tinggi. Mayoritas objek wisata yang ditawarkan oleh Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah wisata alam yang tersebar hampir di seluruh wilayahnya. Berikut merupakan tempat-tempat wisata yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.


1. Air Terjun atau Curug

Air terjun menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat baik kalangan muda maupun tua. Di dalam kawasan Taman Nasional ini sendiri terdapat banyak pilihan air terjun yang bisa kalian kunjungi, seperti.

  1. Curug Citamanja dan Curug Cipamulan yang berada di Desa Cikaray, kecamatan Cikidang.
  2. Curug Piit atau Curug Cihanjawar, Curug Walet dan Curug Cikudapaeh yang terletak di sekitar perkebunan teh Nirmala Desa Wisata Malasari
  3. Curug Citangkolo yang terdapat di Desa Mahakarjaya, Kecamatan Kabandungan.
  4. Curug Cibelang atau Curug Cilensing yang terdapat di sekitar kampung Leuwimajang.
  5. Curug Ciarnisah yang terletak di sekitar Kampung Cibedug.
  6. Di Gunung Salak sendiri terdapat banyak pilihan curug diantaranya Curug Cangkuang (Cidahu), Curug Pilung (Grijaya), Curug Cibadak (Cijeruk), Curug Citiis (Ciapus), Curug Nangka (Taman Sari), Curug Ciputri (Tenjolaya), Curug Cihurang, Curug Cigamea, Curug Ngumpet dan Curug Seribu (Pamijahan), Curug Cibeurem (Jayanegara).


2. Puncak Gunung

Seperti namanya, di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak tentunya memiliki destinasi wisata untuk pendakian. Namun jalur pendakian ini belum ditata secara khusus dan relatif lebat yang menarik untuk para pecinta alam.

Beberapa pilihan puncak yang bisa dikunjungi di area taman nasional ini adalah.

  1. Gunung Salak Puncak 2 (2.190 Mdpl)
  2. Gunung Salak Puncak 1 (2.211 Mdpl)
  3. Gunung Halimun Utara (1.929 Mdpl)
  4. Gunung Sanggabuana (1.919 Mdpl)
  5. Gunung Halimun Selatan (1.758 Mdpl)
  6. Gunung Botol (1.720 Mdpl)
  7. Gunung Kendeng Selatan (1.680 Mdpl)
  8. Camping Ground atau Bumi Perkemahan

Meskipun dikelilingi oleh kawasan wisata alam, Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga menyediakan wisata buatan atau tempat peristirahatan pengunjung. Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang ingin berlibur dengan jumlah orang yang banyak maupun sedikit.

Lokasi perkemahan ini juga tersebar seperti di Citalahab, Cikalet, Wates, Cangkuang, Sukamantri, dan Gunung Bunder. Tempat perkemahan itu tentunya menyuguhkan pemandangan dan fasilitas yang berbeda-beda satu sama lainnya.


3. Candi Cibedung

Objek wisata yang satu ini merupakan wisata buatan yang mempunyai nilai sejarah karena sudah berusia sangat tua. Candi Cibedung sendiri diperkirakan merupakan peninggalan kerajaan Jawa Barat yang sudah berusia ratusan tahun.

Letak Candi Ciberung sendiri sekitar 10 KM sebelah Barat Desa Citorek atau dapat ditempuh dalam waktu 3 jam jalan kaki. Umumnya pengunjung yang datang untuk berwisata menyaksikan peninggalan leluhur namun juga yang datang untuk berziarah di Candi ini.


4. Perkebunan

Dengan luas yang mencapai 400 KM2 tentunya taman wisata ini juga menyuguhkan perkebunan yang menjadi salah satu penghasilan masyarakatnya. Perkebunan yang terdapat di kawasan wisata ini merupakan perkebunan teh karena daerah Sukabumi sendiri juga terkenal dengan produksi tehnya.

Diketahui jika perkebunan teh ini sudah sebelum diresmikan sebagai taman wisata yang luasnya mencapai 997 Ha. Letak perkebunan teh di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah di daerah Jayanegara, Cianten, Pasir Madang, dan Parakan Salak.

Diatas merupakan beberapa destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Untuk tiket masuk ke kawasan wisata ini seharga Rp 5.000 per WNI dan Rp 150.000 per WNA untuk kendaraan dikenakan Rp 5.000 per motor dan Rp 10.000 per mobil. Selain biaya itu pengunjung juga dikenakan biaya memasuki destinasi wisatanya yang berbeda-beda harganya.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
5 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Lampung
Bandar Lampung kini menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan sebagai tempat wisata atau melepas rasa penat. Berikut rekomendasi wisatanya.
5 Destinasi Wisata dari Lokasi Syuting Drama Korea
Tak jarang berbagai tempat wisata ini dijadikan lokasi syuting untuk drama Korea. Berikut rekomendasikan 5 destinasi wisata drama Korea.
Wajib Dikunjungi! 5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Malang
Malang Raya adalah salah satu kota wisata di Indonesia dari berbagai kota lainnya. Berikut ada 5 rekomendasi destinasi wisata di Malang Raya.
0
Inilah Destinasi Wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Mengunjungi tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari rumah merupakan salah satu cara sebagian orang untuk mengistirahatkan pikirannya.