Tak Perlu Banyak Uang, Ini Destinasi Wisata Gratis di Jakarta

Mengunjungi tempat wisata atau hanya bepergian sejenak salah satu cara yang umum dilakukan untuk melepas stres ini tempat wisata gratis di Jakarta.
Munumen Nasional (Monas) yang menjadi ikon Jakarta dan Indonesia. (Foto:Tagar/goodnewsfromindonesia)

Jakarta – Refreshing sangatlah diperlukan untuk mengistirahatkan tubuh dan juga pikiran disela-sela aktivitas yang padat. Bagi sebagian orang mereka harus melakukan refreshing minimal sekali dalam satu minggu atau bahkan lebih.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melepas penat dan beristirahat dari pekerjaan sehari-hari. Berlibur adalah salah satu cara yang umum dilakukan masyarakat untuk menghilangkan beban pekerjaan sejenak.

Mengunjungi tempat wisata atau hanya bepergian sejenak adalah salah satu cara yang umum dilakukan untuk melepas stres. Namun masih banyak orang yang khawatir jika pergi ke suatu tempat untuk berlibur akan menghabiskan banyak uang.

Faktanya kalian bisa berlibur ketempat wisata dengan murah dan menyenangkan loh meskipun berada di kota Jakarta. Kalian hanya perlu mempersiapkan ongkos untuk bisa berlibur ke beberapa tempat wisata yang berada di Kota Jakarta. Berikut ini adalah 7 tempat wisata di Jakarta yang bisa anda kunjungi tanpa membayar tiket masuk atau gratis.


1. Kota Tua Jakarta

Kota TuaKota Tua Jakarta. (Foto:Tagar/unsplash/Visual Karsa)


Destinasi wisata yang pertama ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat dan selalu ramai di kunjungi wisatawan pada hari libur. Kota Tua merupakan sebuah kawasan yang berisi bangunan-bangunan lawas dan mempunyai sejarahnya masing-masing.

Lokasi kota tua ini berada di Mangga Besar, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat. Akses menuju Kota Tua sangatlah mudah kalian bisa pergi ke Kota Tua dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Halte dan stasiun berada didekat Kota tua yang memudahkan pengunjung supaya tidak berjalan terlalu jauh ke lokasi Kota Tua.


2. Monumen Nasional (Monas)

Wisata Gratis di JakartaMunumen Nasional (Monas) yang menjadi ikon Jakarta dan Indonesia. (Foto:Tagar/goodnewsfromindonesia)


Monumen Nasional atau Monas adalah salah satu ikon dari kota Jakarta dan Negara Indonesia. Kawasan Monas juga sering didatangi oleh wisatawan karena tempatnya yang terbuka dan sangat cukup untuk melepas penat sehari-hari.

Lokasi Monas berada di pusat kota Jakarta yang berada di Gambir, Jakarta Pusat. Akses ke Monas juga sangat mudah karena berada di pusat kota yang jalannya luas dan juga dekat dari stasiun serta halte bus transjakarta.


3. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan NasionalPerpustakaan Nasional. (Foto:Tagar/goodnewsfromindonesia)


Seperti namanyaa Perpustakaan Nasional adalah tempat perkumpulan arsip-arsip dan buku-buku yang bisa dibaca oleh masyarakat umum. Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang gemar membaca dan membutuhkan informasi tanpa harus membayar.

Lokasi dari Perpustakaan Nasional ini berada di sebrang Monumen Nasional yaitu Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Gambir, Jakarta Pusat. Akses menuju ke Perpustakaan Nasional ini sama dengan menuju ke Monas yang membedakan hanya lokasinya saja yang bersebrangan.


4. Taman Suropati

Taman SuropatiTaman Suropati. (Foto:Tagar/travelspromo)


Jika anda menginginkan suasana yang baru di tengan kota Jakarta yang ramai anda bisa mengunjungi Taman Suropati untuk menghilangkan stress. Taman ini memiliki keunggulan yaitu susana yang teduh dari pepohonan rindang dan area yang bersih didukung oleh fasilitas yang memadai.

Lokasi dari Taman Suropati ini berada di Jalan Taman Suropati Nomor 5, Menteng, Jakarta Pusat. Akses menuju ke Taman Suropati sangat mudah karena lokasinya yang berada di tengah kota. Selain itu, taman ini dekat dari halte dan stasiun KRL.


5. Taman Situ Lembang

Taman Situ LembangTaman Situ Lembang. (Foto:Tagar/travelcoffeehot)


Destinasi wisata gratis selanjutnya adalah Taman Situ Lembang, taman ini menawarkan tempat yang nyaman dan terdapat beberapa wahana yang bisa dinikmati kalangan tua maupun muda. Di taman ini kalian bisa hanya sekedar berjalan-jalan atau duduk di pinggir danau bahkan kalian bisa memancing di Situ Lembang tersebut.

Lokasi dari Taman Situ Lembang ini berada di Jalan Lembang Terusan Nomor D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Akses dari taman juga mudah seperti taman suropati karena lokasinya yang berdekatan, ada halte bus transjakarta dan stasiun KRL yang berada di dekat taman ini.


6. Museum Tengah Kebun

Museum Tengah KebunMuseum Tengah Kebun. (Foto:Tagar/destimap)


Desninasi wisata gratis ke enam ini cukup unik karena menawarkan nuansa baru untuk sebuh museum yang berada di tengah kota. Selain tema dan lokasinya, benda-benda yang dipamerkan juga memiliki keunikannya tersendiri. Museum ini bisa menjadi destinasi wisata baru bagi kalian untuk menghilangkan stress.

Lokasi dari Museum Tengah Kebun ini berada di Jalan Kemang Timur Nomor 66, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Akses menuju taman ini cukup sulit karena berada cukup jauh dari stasiun KRL dan tidak begitu dekat dengan Halte Bus Transjakarta.


7. Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah KapukPantai Indah Kapuk. (Foto:Tagar/tripzilla)


Destinasi wisata gratis yang terakhir ini belum lama dibuka namun sudah banyak masyarakat yang mengunjunginya. Wisata di kawasan Pantai Indah Kapuk ini berupa pantai dan pulau-pulau reklamasi yang menawarkan fasilitas cukup lengkap.

Alamat dari Pantai Indah Kapuk ini berada di sebuah kompleks perumahan di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Akses menuju Pantai Indah Kapuk saat ini masih terbatas karena minimnya angkutan umum namun kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jalanan yang bagus di sini.

Itulah 7 destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi secara gratis di kota Jakarta. Namun, masih ada banyak tempat menarik lainnya di Jakarta yang bisa kalian kunjungi secara gratis.

(Dimas Rafika)


Berita terkait
Belitung Siap Mewujudkan Pariwisata Aman dari Covid-19
Capaian vaksinasi dapat menjadi sebuah citra bagi orang lain yang ingin berkunjung ke Pulau Belitung.
Kawasan Wisata Aceh Timur Diterjang Ombak dan Angin Kencang
Kawasan wisata Pantai Pelangi di Desa Matang Rayeuk PP, Kecamatan Idi Timur, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, rusak parah diterjang ombak
5 Destinasi Wisata dari Lokasi Syuting Drama Korea
Tak jarang berbagai tempat wisata ini dijadikan lokasi syuting untuk drama Korea. Berikut rekomendasikan 5 destinasi wisata drama Korea.
0
Tak Perlu Banyak Uang, Ini Destinasi Wisata Gratis di Jakarta
Mengunjungi tempat wisata atau hanya bepergian sejenak salah satu cara yang umum dilakukan untuk melepas stres ini tempat wisata gratis di Jakarta.