Ini Pertanda Kamu Sedang Mengalami Overthinking

Seiring kesehatan mental yang menurun, maka kecenderungan tersebut pun menjadi semakin parah. Seperti spiral kekacauan yang tak terkendali.
Overthinking (Foto: Tagar/Freepik/Wayhomestudio)

Jakarta - Sering kali kita tidak menyadari bahwa sedang overthinking, sebenarnya perilaku ini merupakan hal yang lazim dirasakan oleh orang pada waktu ke waktu. Overthinking berkaitan dengan masalah psikologis, misalnya ganggunan kecemasan atau depresi. 

Sulit menentukan mana yang muncul lebih dulu, gejala berpikir berlebihannya atau gangguan psikologisnya itu sendiri. Overthinking atau berfikir berlebihan, dalam jangka panjang dapat membuat kesehatan mental terganggu. 

Seiring kesehatan mental yang menurun, maka kecenderungan tersebut pun menjadi semakin parah. Seperti spiral kekacauan yang tak terkendali.

Inilah tanda-tanda jika sedang mengalami overthinking.


Tidak Bisa Fokus

Terlalu banyak berpikir berbeda dengan memecahkan masalah. Saat overthinking, anda tidak mengalami masalah, tetapi anda malah larut dalam masalah tersebut. Misalnya saat ada peristiwa kecelakaan beberapa waktu lalu, orang yang overthinking akan berpikir macam-macam seakan akan mengalami kecelakaan juga.

Orang yang tidak overthinking tidak akan berfikir seperti itu, justru lebih santai dan waspada. Overthinking hanya menimbulkan emosi yang tidak nyaman dan tidak mencari solusi, berbeda dengan saat memecahkan masalah di mana kita fokus pada solusi dan hal-hal yang bisa kita kontrol.


Susah Tidur

Overthinking akan membuat seseorang kesulitan tidur, karena otak yang tidak berhenti bekerja memikirkan berbagai skenario buruk yang belum tentu terjadi berputar tanpa henti di pikiran. Kesulitan tidur akan membuat seseorang menjadi lebih cemas akan lelah di keesokan harinya, yang pada akhirnya membuat semakin sulit tidur.


Kesulitan Menentukan Pilihan

Seseorang yang overthinking akan kesulitan dalam menentukan keputusan dalam banyak hal. Misalnya saja kesulitan menentukan baju saat ingin berpergian di esok hari. Anda cenderung melakukan riset yang terlalu panjang dan rumit untuk permasalahan yang seharusnya tidak butuh waktu lama.


Sering Mengulangi Kesalahan

Orang yang overthinking sering kali larut dalam pikiran tentang kesalahan-kesalahannya di masa lalu, kekurangan yang dimiliki, dan masalah yang sedang dihadapinya. Kalau sering memikirkan hal tersebut berulang-ulang, kesehatan mental anda akan memburuk, dan semakin sering melakukannya.


Ragu Terhadap Pilihan Anda Sendiri

Orang yang overthinking sering meragukan pilihan yang sudah diambilnya, dan selalu berpikir seandainya dia memilih sesuatu yang berbeda. Mengambil keputusan yang salah adalah hal yang wajar terjadi pada siapa pun, tetapi alih-alih menyalahkan diri sendiri terus menerus, lebih baik mengambil pelajaran untuk diterapkan di masa depan.


Cara Mengatasi Overthinking:

Sebenarnya terjebak dalam overthinking mudah terjadi namun anda tidak menyadarinya. Ada cara mengatasi perilaku teresbut dengan menjadwalkan waktu untuk mencemaskan sesuatu dapat menurunkan kecenderungan perilaku ini.

Misalnya sebelumnya overthinking sepanjang hari, ubah menjadi 15 menit saja. Perlahan-lahan anda dapat menggantinya dengan refleksikan diri dengan kegitan yang produktif dan fokus memecahkan masalah. Dengan cara itu anda mendapatkan banyak energy positif dan waktu yang produktif.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Menjaga Keuangan Bisnis Anda Tetap Sehat
Lihat beberapa cara pemilik bisnis mencatat keuangan mereka melalui perencanaan yang cerdas dan kepemimpinan yang sungguh-sungguh.
Cara Sehat untuk Menambah Berat Badan
Kekurangan berat badan juga bisa menjadi masalah.
5 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan
Senyawa asam sitrat pada lemon mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
0
Ini Pertanda Kamu Sedang Mengalami Overthinking
Seiring kesehatan mental yang menurun, maka kecenderungan tersebut pun menjadi semakin parah. Seperti spiral kekacauan yang tak terkendali.