UNTUK INDONESIA
Ini Keistimewaan KA Priority Yogyakarta-Jakarta
KA Priority Yogyakarta-Jakarta dan sebaliknya, resmi beroperasi. Banyak keistimewaan yang diberikan kepada penumpang.
Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono mengenalkan sejumlah fasilitas KA Priority pada 12 Desember 2019 atau sehari sebelum KA wisata tersebut dioperasionalkan. (Foto: Tagar/Hidayat).

Yogyakarta - Kereta Api Priority Yogyakarta - Pasar Senen Jakarta mulai dioperasikan Jumat, 13 Desember 2019. Namanya Kereta Api Fajar Utama Priority, jadwal keberangkatannya dari Stasiun Yogyakarta pukul 07.00 WIB tiba Pasar Senen pukul 15.11 WIB.

Banyak keistimewaan dari kereta api ini. Penumpang dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti makanan, minuman gratis, hiburan Audio Video On Demand (AVOD) di setiap kursi penumpang serta layanan WiFi on Train.

Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono menjelaskan setiap hari ada dua perjalanan, yakni kereta api Fajar Utama YK di pagi hari dan Senja Utama YK di malam hari. "Setiap satu rangkaian kereta api ada satu gerbong kereta Priority. Satu gerbong itu hanya memuat 30 penumpang," katanya dalam keterangan tertulisnya pada Kamis 12 Desember 2019.

Sedangkan Kereta Api Senja Utama YK Priority diberangkatkan pukul 19.05 WIB dan tiba di Pasar Senen pukul 03.01 WIB. Sebaliknya, keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen ke Yogyakarta, Kereta Api Fajar Utama YK Priority Yogyakarta pukul 07.20 WIB dan tiba pukul 15.29 WIB. Kereta Api Senja Utama YK diberangkatkan dari Pasar Senen pada pukul 18.55 WIB dan tiba di Yogyakarta pada pukul 03.07 WIB.

Satu gerbong itu hanya memuat 30 penumpang.

Totok mengatakan, kereta api lebih tepat disebut Kereta Wisata kelas Priority. Kereta ini berhenti di Stasiun Wates, Kutoarjo, Purwokerto dan Cirebon serta Stasiun Jatinegara (khusus untuk pemberangkatan dari Stasiun Yogyakarta).

Dia mmengatakan mengatakan tentu ada pertimbangan menjalankan KA Fajar Utama YK Priority dan KA Senja Utama YK Priority ini. Pertama memberikan alternatif baru kepada masyarakat dalam memilih kelas kereta. "Karena selama ini dalam rangkaian kereta api tersebut yang tersedia adalah Kelas ekonomi premium, dan kelas eksekutif," ujarnya.

Menurut dia ada tarif promo Fajar Utama YK Priority dan KA Senja Utama YK Priority mulai dari Rp 600.000. Tarif promo ini berlaku mulai tanggal 13 Desember hingga 6 Januari 2020. Selain itu, khusus bagi pelanggan kelas Priority yang berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta diberikan layanan ruang tunggu di Anggrek Lounge. Sekaligus dapat menikmati hidangan menu all you can eat secara gratis

Syarat untuk mendapatkan fasilitas tersebut juga mudah. "Hanya dengan menunjukkan boarding pass dan kartu identitas resmi (KTP, kartu pelajar, SIM atau paspor), bisa makan gratis sepuasnya," ucapnya.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Eko Budiyanto mengatakan tiket kereta wisata kelas Priority dapat dibeli di loket resmi yang telah disediakan. Baik melalui KAI Access maupun jalur distribusi tiket ingin lain.

Dia mengatakan pengoperasian kereta kelas Priority pada Kereta Api Fajar Utama YK dan Senja Utama YK merupakan wujud komitmen Manajemen PT Kereta Api Indonesia dan Kereta Api Pariwisata. "Ini untuk memberikan inovasi dan layanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya pelanggan Kereta Api," ungkapnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Dunia Kereta Api Dikenalkan ke Anak-anak Cirebon
PT KAI Daop 3 Cirebon mengajak 300 anak kurang mampu Cirebon bersenang-senang dalam Edu Train.
KAI Amankan Jalur Kereta Jember Jelang Natal
PT KAI melakukan pengamanan jalur kereta Jember menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.
Kereta MRT, Wisata Murah dan Nyaman Keliling Jakarta
Gedung-gedung tinggi nan megah Jakarta bisa dirasakan dengan mata tenang dan takjub saat menikmati perjalanan menggunakan MRT.
0
Patuhi Jokowi, 3 BUMN Gerak Cepat di Tengah Pandemi
Mematuhi perintah Jokowi untuk memperkuat ketahanan pangan saat pandemi Covid-19, 3 BUMN Pangan menginisiasi program intensifikasi budi daya padi.