UNTUK INDONESIA
17 Agustus Naik Kereta Api Gratis di Jember
PT. KAI Daerah Operasional 9 Jember, Jawa Timur memberlakukan tarif Rp 0 kepada masyarakat yang melakukan perjalanan pada Sabtu, 17 Agustus 2019.
Salah satu KA lokal sedang berhenti di stasiun Daop 9 Jember (Foto: Tagar/Rizki Restiawan)

Jember - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 9 Jember, Jawa Timur memberlakukan tarif Rp 0 atau gratis kepada masyarakat yang melakukan perjalanan pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

"Ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, sekaligus sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api ketika bepergian maupun beraktifitas sehari-hari," ucap Manajer Humas PT. KAI Daop 9 Jember, Luqman Arif, Kamis, 15 Agustus 2019.

Menurut Luqman, pemberlakukan tiket dengan tarif Rp 0 tersebut hanya untuk KA lokal saja. Meski gratis, masyarakat yang akan naik kereta api (KA) lokal tetap harus memiliki tiket untuk dapat melakukan perjalanan.

KA lokal di Daop 9 Jember yang beroperasi Rp 0 yaitu KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi.

"Masyarakat bisa mendapatkan tiket KA lokal secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan pada hari keberangkatan. Namun harus mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA," ucap dia.

Namun, untuk masyarakat yang sudah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA.

Dia mengatakan KA lokal di Daop 9 jember yang beroperasi Rp 0 yaitu KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi pulang pergi (PP). Dimana dalam sehari melayani empat kali perjalanan.

"Terdiri dari 2 kali berangkat, dari Stasiun Jember pada pukul 05.15 dan 15.30 WIB. Lalu berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pada pukul 10.00 dan 20.30 WIB," katanya.

Sedangkan rangkaian KA Pandanwangi tersebut terdiri dari 6 kereta kelas ekonomi, dengan total kursi berjumlah 636 unit. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, KA lokal berkapasitas angkut sekitar 150 persen dari jumlah tempat duduk.

"Semoga masyarakat dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin dan menjadikan KA sebagai moda transportasi umum andalan bagi masyarakat," ujarnya. []

Baca juga:





Berita terkait
Daop 6 Yogyakarta Kenalkan Kereta Api ke Anak-anak
Daop 6 Yogyakarta mengundang anak-anak ke stasiun. Mereka dikenalkan seluk beluk kereta api.
PT INKA Kirim 26 Kereta Api ke Bangladesh
PT INKA mengirim rangkaian gerbong kereta api ke Bangladesh. Sebelumnya, BUMN ini mengirimkan 50 kereta tipe BG.
PT INKA Kirim 26 Kereta Api ke Bangladesh
PT INKA mengirim rangkaian gerbong kereta api ke Bangladesh. Sebelumnya, BUMN ini mengirimkan 50 kereta tipe BG.
0
Indosat Klaim PHK 677 Karyawan Langkah yang Fair
Indosat Ooredoo mengklaim kebutuhan pasar menjadi dasar utama perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 677 karyawan.