Ikan Asap Probolinggo, Kuliner Favorit Pantura
Ikan asap salah satu kuliner favorit yang dicari, saat melalui jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
Ikan asap salah satu kuliner favorit yang dicari, saat melalui jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (Foto: Antara)

Jakarta - Ikan asap salah satu kuliner favorit yang dicari, saat melalui jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Ikan asap cukup laris manis diburu warga yang melintas di jalur pantura sejak awal Ramadhan ini," kata pedagang ikan asap Siti Maimunah dikutip Antara di Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Senin 13 Mei 2019.

Jumlah pembeli ikan asap di bulan puasa naik sampai 50 persen, dibandingkan hari biasa.

"Biasanya omzet ikan asap pada hari biasa sekitar Rp 500 ribu, namun kini omzet meningkat menjadi Rp 1 juta," ucapnya.

Jalur pantura yang berada di Dusun Parsean, salah satu jalur pemudik arah Bali-Surabaya atau sebaliknya. Sehingga memberi keuntungan bagi para pedagang ikan asap yang menjajakan dagangan.

"Untuk ikan asap yang laris dibeli adalah jenis ikan asap Cakalang, karena sangat enak diolah dalam bentuk lalapan sambal," katanya.

Siti mengatakan, selama Ramadan mampu membawa uang sekitar Rp 1 juta setiap hari. Meningkat tajam dibanding hari biasa, yang mendapat penghasilan sekitar Rp 500 ribu per hari.

"Alhamdulillah mulai awal Ramadan, jualan ikan asap laris manis dibeli pelanggan dan paling diminati ikan asap Cakalang yang selalu terjual habis hampir setiap hari," ujarnya.

Untuk satu tusuk ikan asap, harganya bervariasi mulai Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu per ekor, tergantung jenis ikan dan ukuran ikan asap.

"Ikan asap merupakan olahan ikan segar yang dimasak dengan cara diasap dan ikan asap bisa dikatakan matang, jika warnanya sudah berubah menjadi kuning keemasan," katanya menjelaskan.

Teknik pengasapan, salah satu kemampuan khas warga Pendalungan Probolinggo dalam mengolah makanan ikan.

Menurutnya, ikan asap selama Ramadan tidak hanya laris dibeli oleh warga sekitar, namun juga diburu para pemudik yang kebetulan melintas di jalur Pantura Probolinggo.

"Setiap Ramadhan para pedagang buka mulai pukul 14:00 WIB hingga 17:00 WIB, tetapi ada juga yang sampai malam," ujarnya.

Sementara salah seorang pembeli, Malinda mengaku membeli ikan asap di jalur Pantura Probolinggo sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

"Saya membeli 6 tusuk ikan asap Cakalang dan Patin untuk keluarga," katanya.

Menurutnya harga ikan asap murah dan bisa diolah menjadi berbagai masakan, namun mengolahnya dengan sambal karena rasanya enak. []

Baca juga

Berita terkait
0
Lima Wisata Hutan Instagramable di Indonesia
Indonesia dikenal oleh dunia akan keindahan serta pemandangn alam yang begitu memukau. Demikian pula dengan ratusan hutan yang ada di Indonesia.