IA - ITB: Program Bantuan Penanggulangan Pandemi Covid-19

Gembong Primadjaja terpilih menjadi Ketua IA-ITB periode 2021-2025. Programnya adalah penanggulangan Covid-19, seperti penyediaan oksigen.
Program Penanggulangan Covid-19 IA ITB. (Foto: Tagar/IA ITB)

Jakarta – Gembong Primadjaja baru saja terpilih menjadi Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) periode 2021-2025. Gembong Primadjaja berhasil memperoleh suara sebanyak 5.798 dari 18.478 pemilih melalui voting secara daring pada situs ivoting.iaitb.or.id.

Usai terpilih sebagai ketua IA-ITB, Gembong mengajak pada tujuh kandidat calon ketua IA-ITB untuk sama-sama membangun IA-ITB. Dalam rangka membantu penanggulangan korban Covid-19, Gembong bersama jajaran pengurus IA-ITB periode 2021-2025 menjalankan program untuk membantu para alumni ITB maupun masyarakat umum.

“Kita telah menyiapkan tabung oksigen dan berbagai obat-obatan untuk orang yang terpapar Covid-19 terutama bagi para alumni, karena saat ini oksigen maupun obat-obatan sulit dicari,” ujar Gembong Primadjaja saat konferensi pers PP IA-ITB 8 Juli 2021.

Gembong juga mengatakan bahwa dalam rangka mensukseskan program tersebut, IA-ITB membentuk satgas Covid-19 yang bernama Satgas IA-ITB. “Satgas ini sudah berjalan dan baru berjalan di Jakarta dan Jawa Barat, dan sesegera mungkin dengan jawa timur, Jawa Tengah dan daerah-daerah lain,” ujarnya.

Ia juga mengutamakan fokusnya saat ini yaitu memperbanyak pasokan tabung oksigen yang saat ini banyak dibutuhkan, melihat lonjakan kasus positif yang tinggi agar bisa segera didistribusikan bagi yang membutuhkan.


Kita telah menyiapkan tabung oksigen dan berbagai obat-obatan untuk orang yang terpapar Covid-19.


Gembong juga mengatakan bahwa ada anggota pengurus IA-ITB saat ini yang bekerja memproduksi obat-obatan yaitu Sahat M.Sihombing dari PT. Indofarma. “Sehingga kami upayakan melalui sekjen IA-ITB Arya Sinulingga dapat mendapatkan obat tersbeut tanpa melalui distributor jadi langsung dari pabriknya,” ujarnya.

Ia berharap gerakan ini dapat semakin luas dan dapat memberi manfaat tidak hanya untuk para alumni ITB saja tapi bisa membantu masyarakat umum.

Demi meratanya program ini, IA-ITB juga berkolaborasi dengan pengda IA-ITB (pengurus daerah) agar program dapat berjalan dengan baik dan cepat.

Dalam bantuan penanggulangan bencana memang saat ini masih untuk para alumni ITB saja, dan masih belum mampu menjangkau masyarakat luas. Akan tetapi, IA-ITB bercita-cita dapat segera membantu masyarakat luas tidak hanya alumni saja.

Saat ini IA-ITB sedang berfokus pada program bantuan oksigen dan obat-obatan dan juga membantu pemerintah untuk mensukseskan vaksinasi. “Kalau vaksinasi ini kami berikan tidak hanya untuk para alumni saja, tapi juga masyarakat di lingkungan kampus. Dengan vaksin yang kita dapat dari menkes,” ujar Gembong.

Pengurus IA-ITB Audist Subekti, mengatakan bahwa IA-ITB saat ini memiliki hotline yang dapat dihubungi untuk memberi layanan konsultasi dan informasi terkait isoman, dan informasi terkait rumah sakit, dan ambulance bagi penderita covid-19.

IA-ITB juga bekerja sama dengan 14 dokter yang siap membantu dan melayani pasien Covid-19 dengan membagi tiga sesi. “Kita akan lihat traffiknya kalau banyak permintaan kita akan menambah dokter, tim IA-ITB juga cukup solid dan semuanya berkoordinasi jalankan program ini,” ujar Subekti.

Arya Sinulingga selaku Sekjen IA-ITB mengatakan bahwa mereka ingin menjadi pemberi masukan yang kuat bagi pemerintah melalui solusi dan masukan yang baik.

“Kami tidak hanya sekadar mengkritik, tetapi kami juga berikan solusi terbaik dari kami para ikatan alumni ITB, untuk dapat dilakukan pemerintah,” ujar Arya Sinulingga. Ia juga memeohon bantuan kepada seluruh rekan alumni ITB agar bisa mensukseskan program ini, dan dapat membawa nama baik almamater. []


(Selfiana)


Baca Juga


Berita terkait
Karang Taruna Muara Gembong Tanam 600 Ribu Batang Mangrove
Karang Taruna Muara Gembong mengerakkan masyarakat tanam 600 ribu batang mangrove di ujung Sungai Citarum, sebagai bentuk peduli lingkungan.
MenkopUKM Minta IA ITB Bantu Percepat Transformasi digital UMKM
Ketua Umum IA ITB Gembong Primadjaja, bertemu dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membahas Transformasi Digital di Masa Pandemi.
Bertemu Wagub DKI Riza Patria, Gembong Paparkan Program Kerja IA-ITB
Gembong Primadjaya, Ketua Ikatan Alumni ITB memaparkan sejumlah program kerja IA ITB kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria.
0
Anda Tak Perlu Bingung Lagi Atas Perkelahian Anak
Pertengkaran antara kakak dan adik dalam sebuah keluarga adalah hal wajar. Salah satu tips melerai pertengkaran adalah dengan tidak Memihak.