Hujan Es Hebohkan Masyarakat di Maros

Hujan yang disertai dengan bulir es membuat heboh masyarakat di Maros, khususnya di dekat Bandara Lama. Ini penjelasan BMKG.
Ilustrasi hujan es. (Foto: Tagar/Ilustrasi hujan es)

Maros - Hujan yang disertai dengan bulir es membuat heboh masyarakat di Maros, khususnya di dekat Bandara Lama, Kecamatan, Mandai, Senin, 9 November 2020. Bahkan masyarakat mengabadikan momen ini dan membagikannya di media sosial.

Salah seorang warga di lokasi kejadian, Nurhani, mengatakan, kejadian hujan es terjadi secara tiba-tiba, saat itu hukan turun belum terlalu deras, tapi saat hujan diamati ternyata ada bulir-bulir putih seperti es yang keluar dari kulkas.

Hujan es atau hail terjadi akibat adanya pertumbuhan awan comulonimbus (cb) yang cukup tinggi.

"Ini kejadian yang pertama bagi saya. Baru kali ini saya lihat hujan yang disertai es," kata Nurhani.

Nurhani menambahkan, hujan es ini juga disertai dengan angin kencang. Sehingga saat kejadian hujan es berlangsung kondisi cuaca lebih dingin dan terasa menakutkan dari biasanya.

Dikonfirmasi terpisah, Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Nur Asia Utami mengatakan, fenomena hujan es yang terjadi di Maros merupakan hal yang biasa dan bukan merupakan fenomena yang harus dikhawatirkan.

"Hujan es atau hail terjadi akibat adanya pertumbuhan awan comulonimbus (cb) yang cukup tinggi, dikarenakan konvektifitas atau kelabilan massa udara yang cukup tinggi," ujar Nur Asia. []

Berita terkait
BMKG Prediksi Hujan dan Petir 4 Kabupaten di Aceh
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi akan terjadi hujan dan petir di 4 kabupaten di Aceh.
Pradi Supriatna Merakyat, Rela Kehujanan Demi Bertemu Warga
Pradi Supriatna hadiri milad paguyuban Pesat dengan mengendarai motor di saat hujan.
Awal November Mati Lampu, PLN: Akibat Hujan Deras Disertai Petir
SRM General Affairs PLN mengakui mati lampu pada awal November di wilayah Jakarta dan Bekasi akibat hujan deras disertai petir mengganggu sutet.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.