UNTUK INDONESIA
HSN di Kudus, Ratusan Santri Al Muayyad Khataman Alquran
Rangkaian kegiatan peringatan HSN di Kudus, ratusan santri Pondok Pesantren Al Muayyad Al Maliki menggelar khataman Alquran
Ratusan santri di Pondok Pesantren Al Muayyad Al Maliki Kudus gelar khataman Alquran dalam rangka peringati Hari Santri Nasional (HSN) 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Kudus - Lantunan ayat-ayat suci Alquran menggema merdu di Pondok Pesantren Al Muayyad Al Maliki, Kudus, Rabu, 21 Oktober 2020. Ratusan santri pondok tersebut secara serentak mengkhatamkan Alquran guna memperingati Hari Santri Nasional (HSN).

Pengurus Pesantren Al Muayyad Al Maliki, Syaifuddin Nadjib menuturkan kegiatan khataman Alquran menjadi bagian rangkaian peringatan HSN tahun 2020 yang digelar pondoknya. Tak kurang ada seratus santri yang mengikuti khataman.

"Kegiatan khataman ini kami mengikuti instruksi dari PBNU dan Kemenag Kudus. Ini kegiatan serentak yang diikuti 99.999 santri di pondok-pondok pesantren se-Jawa Tengah," ujarnya saat ditemui Tagar di kantor Kemenag Kudus.

Menurut Syaifuddin mengatakan kegiatan khataman Alquran digelar mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Pandemi Covid-19 membuat pihaknya tidak bisa mengikutsertakan semua santri dalam kegiatan membaca kitab suci tersebut.

"Total santri di pondok kami ada 250 santri. Hari ini yang ikut khataman sekitar 100 santri saja," ujar dia.

Kegiatan khataman ini kami mengikuti instruksi dari PBNU dan Kemenag Kudus.

Usai mengkhatamkan Alquran, malam harinya, pukul 19.00 WIB para santri mengikuti kegiatan istigasah dan nonton bareng. Dalam istigasah ini, doa agar pandemi corona segera reda dan tetap terjaganya keutuhan NKRI dipanjatkan para santri.

Setelah itu, para santri diajak menonton Film Cahaya di Kampung Surga. Film Cahaya di Kampung Surga ini dinilai Syaifuddin sangat detail dalam menggambarkan kehidupan para santri di pondok pesantren.

"Kegiatan nonton bareng ini menjadi inisiatif dari pondok kami dalam peringatan HSN ini. Tujuannya untuk menginspirasi para santri agar tetap semangat dalam menimba ilmu dan menggapai cita-citanya," katanya.

Baca juga: 

Dan di puncak peringatan HSN besok, Kamis, 22 Oktober 2020 digelar dengan upacara bendera di halaman pondok.

HSN tahun ini diperingati dengan sederhana dan terbatas. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diperingati dengan begitu meriah. Meski begitu peringatan kali ini tetap memberikan kesan bermakna di hati para santri, sebagaimana tagline HSN tahun 2020, Santri Sehat Indonesia Kuat. []

Berita terkait
NU Tak Mengundang Menag Fachrul Razi Peringatan HSN
Pengurus Wilayah NU Jatim tidak akan mengundang Fachrul Razi di puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada Minggu 28 Oktober 2019 nanti.
Jadwal dan Rangkaian Acara Hari Santri Nasional di Kudus
Peringatan HSN di Kudus, Jawa Tengah, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. tahun ini tanpa karnal. Berikut jadwal dan rangkaian acaranya.
Hari Santri 2020 Bertemakan Santri Sehat Indonesia Kuat
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauihid Sa’adi merilis Hari Santri 2020 Bertemakan Santri Sehat Indonesia Kuat
0
IHSG Turun Tipis 0,09 Persen, 3 Saham Ini Dilego Asing
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Kamis, 22 Oktober 2020 terkoreksi tipis 0,09 persen di posisi 5.091,82 poin.