UNTUK INDONESIA
Hiu Paus Terdampar di Pantai Glagah Kulon Progo
Hiu paus merupakan salah satu satwa yang dilindungi oleh pemerintah karena jumlahnya yang mulai berkurang atau terancam punah.
Seekor hiu paus terdampar di Pantai Glagah, Kulon Progo, DIY. (Foto: SRI Wilayah V Pantai Glagah/Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Seekor hiu paus terdampar di Kawasan Pantai Glagah, Kulon Progo, Minggu, 23 Februari 2020. Terdamparnya hewan yang memiliki nama latin Rhincodon Typus ini, pertama kali diketahui warga saat sedang memancing di laut.

Koordinator SAR Linmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Pantai Glagah, Kulon Progo, DIY, Aris Widiatmoko mengatakan setelah mendapat laporan dari warga, pihaknya langsung mendatangi lokasi terdamparnya hiu paus tersebut. Aris menjelaskan, saat ditemukan, hewan mamalia tersebut masih dalam kondisi hidup.

"Hiu tersebut sepertinya kembali sendiri ke laut. Saat anggota datang ke lokasi, posisinya sudah mulai ke selatan (laut lepas)," ucap Aris.

Adanya hius paus terdampar, pihaknya langsung berkoodinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY untuk melakukan evakuasi.

Hiu tersebut sepertinya kembali sendiri ke laut. Saat anggota datang ke lokasi, posisinya sudah mulai ke selatan (laut lepas).

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA DIY, Untung Suripto mengatakan hiu paus yang terdampar merupakan salah satu hewan yang dilindungi pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/KEPMENKP/2013.

Untung menjelaskan, ada beberapa penyebab hiu paus terdampar ke pinggir pantai. Selain karena gelombang besar, polusi juga bisa menjadi penyebab hiu paus mencari makan sampai jauh ke dekat pantai.

Faktor lainnya, imbuh Untung, juga karena gangguan dari aktivitas manusia seperti sonar kapal atau percobaan bom/nuklir di laut, sehingga navigasi hiu paus terganggu.

"Makanan dari hiu paus adalah plankton dan ikan atau udang kecil. Setiap tahun ada kejadian seperti ini, namun tempatnya tidak selalu sama," ujar Untung.

Dia mengimbau kepada nelayan, apabila menemukan hewan seperti hiu paus ini terdampar di pinggir pantai agar bisa membantu menghalau kembali ke lautan. Hal ini dilakukan agar hewan ini terhindar dari kepunahan. []

Berita terkait
Kronologi Dua Anak Hanyut di Underpass Kulon Progo
Dua anak meninggal di underpass yang tergenang air air sedalam 4 meter di Kulon Progo. Kejadian ini awalnya hanya iseng saat merayakan ulang tahun.
Preman Santang dan Apresiasi bagi Polres Kulon Progo
Polres Kulon Progo banjir apresiasi dari masyarakat atas keberhasilannya menangkap pelaku penganiayaan yang dilakukan kelompok preman Santang.
Polres Kulon Progo Buru Kelompok Preman Santang
Polres Kulon Progo buru satu dari empat pelaku penganiyaan brutal di Nanggulan. Satu pelaku berinisial CAK merupakan kelompok preman Santang.
0
Dinkes Kota Tangerang Bantah Warga Kena Corona
Dikabarkan salah satu warganya terkena virus corna, Dinkes Kota Tangerang membantah, warga itu hanya lakukan pemeriksaan biasa