Benarkah Harus Minum Air 8 Gelas Sehari?

Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan cukup air adalah dengan memperhatikan tanda-tanda umum.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Anda tidak perlu menghitung apakah sudah meminum air delapan gelas sehari, karena sebenarnya mungkin Anda tidak tahu berapa banyak air yang Anda minum setiap hari, dan ni bukan sesuatu yang biasanya dilacak orang dengan cermat.

Jika Anda tidak memantau asupan air dengan cermat atau hidup dengan kebiasaan "minum air delapan gelas sehari", itu bukan juga menjadi ancaman bagi yang mengerikan. Faktanya, Healthline (penyedia informasi kesehatan yang berkantor pusat di San Francisco, AS) mengklaim bahwa "benar-benar tidak ada sains" di balik aturan delapan gelas air sehari, karena orang yang berbeda harus mengonsumsi air dalam jumlah yang berbeda secara teratur.

Sebagai pedoman yang lebih tepat, National Academies of Science, Engineering, and Medicine merekomendasikan bahwa pria mendapatkan total 3,7 liter per hari dan wanita mendapatkan 2,7 liter. Itu 125 ons, atau sekitar 15 setengah cangkir, untuk pria dan 91 ons, atau sekitar 11 cangkir, untuk wanita.



Anda harus minum saat Anda haus, bukan untuk memenuhi jumlah cangkir atau ons yang berubah-ubah.



Meskipun ini adalah pedoman yang baik, Anda tidak perlu mulai mengukur gelas air setiap kali Anda minum. Sembilan puluh hingga 125 ons mungkin tampak seperti banyak air, tetapi Anda mungkin air yang anda minum sudah mencapai jumlah itu . Naluri haus Anda sangat dapat diandalkan, kata Neal Schultz, MD, dokter kulit New York City dan pencipta BeautyRx.

Menurut Dr. Schultz, daripada menghitung cangkir, Anda harus memercayai rasa haus Anda, memastikan Anda minum untuk memuaskannya dan membiarkan tubuh Anda beristirahat.

"Anda harus minum saat Anda haus, bukan untuk memenuhi jumlah cangkir atau ons yang berubah-ubah," saran Dr. Schultz.

Dilansir dari Boldsky, cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan cukup air adalah dengan memperhatikan tanda-tanda umum. Selama Anda tidak merasa terlalu haus atau terlalu haus, dan urine Anda tetap berwarna kuning muda, Anda mungkin mendapatkan cukup cairan. (Tentu saja, pastikan juga Anda sering buang air kecil; lebih jarang pergi ke kamar mandi berarti Anda mengalami dehidrasi) Waspadai juga tanda-tanda dehidrasi lain yang tidak terlalu kentara.

Pertimbangan lain yang membantu adalah kenyataan bahwa "asupan air" tidak selalu berarti jumlah pasti air yang Anda minum. Cairan apa pun yang Anda minum, baik itu kopi, teh, susu, dan lain-lain, berkontribusi pada asupan harian Anda karena minuman tersebut terutama terdiri dari air. 

Memilih air putih daripada minum minuman manis seperti soda atau latte masih merupakan pilihan yang lebih sehat, tetapi itu karena kandungan gula dan kalori, bukan hidrasi. Dr. Schultz menambahkan, mitos kesehatan tentang kopi yang membuat Anda dehidrasi sebenarnya salah.

The Mayo Clinic juga melaporkan bahwa sekitar 20 persen asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya dari minuman. Meskipun kedengarannya berlawanan dengan intuisi, makanan sebenarnya juga dapat menghidrasi Anda: Makanan yang Anda makan setiap hari, seperti buah-buahan, sayuran, dan sup, mengandung cukup banyak air. []

Berita terkait
5 Khasiat Mujarab Minum Air Putih Saat Bangun Tidur
Di masa pandemi Covid-19, minum air putih efektif meningkatkan kebugaran tubuh juga meninggatkan imunitas.
Singapura Ubah Limbah Jadi Air Bersih Bisa Diminum
Singapura mengubah limbah menjadi air bersih sehingga orang dapat meminumnya sekaligus mengurangi polusi laut
Manfaat Minum Rebusan Serai Dicampur Air Lemon Tiap Malam
Minum rebusan daun serai dan air lemon hangat pada malam hari memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan berat badan dan mencegah stres.
0
Benarkah Harus Minum Air 8 Gelas Sehari?
Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan cukup air adalah dengan memperhatikan tanda-tanda umum.