Ragam Aneka Minuman Sehat Penurun Kolesterol

Penyakit kolestrol adalah akibat dari pola makan dengan tinggi lemak yang menyebabkan meningkatnya low-density lipoprotein (LDL)
Ilustrasi minuman penurun kolesterol (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Kolesterol merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umum terjadi. Penyakit ini adalah akibat dari pola makan dengan tinggi lemak yang menyebabkan meningkatnya low-density lipoprotein (LDL) atau banyak dikenal sebagai kolesterol jahat.

Seseorang berisiko terkena kolesterol tinggi jika menjalani pola hidup yang tidak sehat. Seperti mengonsumsi minuman beralkohol, makanan berlemak secara berlebihan, dan merokok.

Namun, kadar kolesterol dapat dijaga dengan meningkatkan asupan serat, makanan nabati, mengurangi lemak jenuh, junk food, dan mengurangi lemak trans dalam makanan. 

Berikut adalah aneka minuman sehat yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang telah dirangkum.


1. Teh Hijau

Karena mengandung antioksidan yang tinggi, tak heran jika teh hijau ampuh untuk menurunkan kolesterol. Kandungan katekin dalam teh hijau juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.


2. Jus Apel

Tercatat, dalam jurnal University of Reading yang diterbitkan tahun 2015 mengungkap, konsumsi jus apel secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit jantung akibat pola makan yang tidak sehat. Serat larut dalam Apel juga mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat).


3. Jus Delima

Kandungan fitosterol dalam jus delima rupanya ampuh untuk menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan pengeluaran garam empedu. Berdasarkan penelitian, jus delima juga mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau


4. Jus Tomat

Buah tomat adalah buah yang mengandung likopen (zat yang membuatnya berwarna merah). Menurut ahli, mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25mg akan menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10%. Dalam jurnal Nutrition juga disebutkan juga bahwa dengan mengolah tomat menjadi jus, akan membuat kandungan likopen meningkat.


5. Susu Kedelai

Biasanya, kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung. Namun, susu kedelai ternyata juga ampuh untuk penurunan kolesterol. Studi terkini menyebut susu kedelai sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami kolesterol tinggi. Hal ini karena susu kedelai dapat menurunkan LDL dan menaikkan HDL dengan cukup cepat.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Atasi Kolesterol Naik Akibat Makan Daging Kurban
Daging yang dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan khawatir, berikut cara alami menurunkan kolesterol.
Cara Makan Daging Kambing dan Sapi Cegah Kolesterol
Dokter spesialis gizi Najmah Kuddah mengatakan daging sapi dan kambing tidak menyebabkan kolesterol naik, selagi itu dikonsumsi normal,
Cara Aman Makan Daging Kurban Agar Cegah Kolesterol
Ketika mengonsumsi daging saat Idul Adha terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar kolesterol tidak naik dan kesehatan tubuh terjaga.
0
Ragam Aneka Minuman Sehat Penurun Kolesterol
Penyakit kolestrol adalah akibat dari pola makan dengan tinggi lemak yang menyebabkan meningkatnya low-density lipoprotein (LDL)